blog

5 Ide Promosi Sambut Kemerdekaan RI

Momen hari kemerdekaan selalu dimeriahkan oleh kegiatan yang menarik. Tak hanya upacara bendera, lomba 17 Agustus-an seperti panjat pinang, lomba makan kerupuk, aneka permainan anak hingga bermacam festival digelar untuk mewarnai hari kemerdekaan. Tahun ini, Indonesia merayakan kemerdekaannya yang ke-74.

Momen ini pun kerap dimanfaatkan para pelaku usaha sebagai media strategi pemasaran. Hal ini terlihat dari beragam diskon yang ditawarkan di hari kemerdekaan. Anda pasti selalu menjumpai diskon spesial dari toko online seperti yang dilakukan oleh Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya. Anda bahkan bisa menemui promosi menarik di pusat perbelanjaan, café, dan restoran.

Sebagai seorang pelaku usaha, tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan hari kemerdekaan untuk meraih keuntungan. Berikut sejumlah ide promosi 17 Agustus-an yang telah kami rangkum:

Diskon

Diskon atau potongan harga menjadi satu di antara strategi pemasaran yang sering dilakukan oleh suatu produk atau jasa. Diskon juga berguna sebagai strategi promsi yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Misalnya anda memiliki usaha di bidang fashion, anda bisa menciptakan tema yang menarik dalam memberikan diskon seperti memberikan potongan harga sebesar 17 persen, atau 45 persen yang melambangkan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, tahun 1945.

Kode Voucher

Jika anda menjalankan bisnis secara digital, tentunya tidak asing dengan istilah kode voucher. Kode voucher biasanya diaplikasikan melalui website atau marketplace. Saat mendapatkan kode voucher, konsumen anda bisa mendapatkan diskon khusus atau gratis ongkos kirim. Buatlah kode voucher bertema hari kemerdekaan misalnya ‘Indonesia74’ dan lain sebagainya. Gunakanlah aturan kuota pembelian minimal untuk konsumen anda. Misalnya, diskon ini hanya bisa digunakan jika pembelian minimal Rp. 100.000.

Produk Spesial Kemerdekaan

Anda bisa menciptakan produk spesial yang hanya dirilis khusus pada hari kemerdekaan. Misalnya anda memiliki bisnis dibidang fashion, lakukanlah promosi dengan memadupadankan nuansa merah putih, batik, atau burung Garuda dalam desain produk. Hal ini bisa juga diaplikasikan pada bisnis kuliner. Misalnya anda memproduksi kudapan seperti kue atau roti, anda bisa membuat paket menarik dalam kemasan bernuansa merah putih.

Lomba di Social Media

Hari kemerdekaan identik dengan berbagai perlombaan. Lomba yang biasanya digelar antara lain lomba makan kerupuk, panjat pinang, dan aneka permainan anak. Sebagai pelaku bisnis digital, anda juga bisa mengadakan lomba sebagai promosi yang menarik minat konsumen. Manfaatkanlah platform social media untuk menggelar lomba.

Misalnya anda memasarkan produk di Instagram, anda bisa menggelar kontes foto bertema hari kemerdekaan. Mintalah audiens mengunggah foto bertema kemerdekaan menggunakan produk anda disertai caption menarik yang menceritakan aktivitas mereka. Foto yang paling menarik akan mendapatkan hadiah khusus, seperti diskon, cashback, atau produk gratis. Ciptakanlah tandapagar (#hashtag) unik yang membantu mempromosikan produk anda.

Promosi Ulang Tahun

Banyak orang yang lahir bertepatan dengan hari kemerdekaan. Mereka bisa saja menjadi konsumen potensial, bahkan pelanggan setia anda. Untuk itu, tidak ada salahnya anda memberi hadiah spesial bagi pelanggan yang berulang tahun bertepatan di hari kemerdekaan. Hadiah itu bisa berupa diskon khusus, promosi menarik, atau gratis produk. Cara ini akan membangun hubungan yang baik degan konsumen. Sehingga strategi promosi yang anda lakukan tidak sia-sia.

Itu lah beberapa strategi promosi menyambut Hari Kemerdekaan RI yang kami rangkum untuk anda. Semoga bisa menjadi referensi bagi bisnis anda. Selamat Hari Kemerdekaan RI ke-74. Semoga bisnis yang anda jalankan lebih berkembang dan sukses.

Merdeka!!!

 

Sumber: Hellobill.com, Mokapos.com

Related Posts