Jualan di Instagram
blog, Marketing, Social Media

6 Tips Laris Manis Jualan di Instagram

Ada beragam cara yang dilakukan para pelaku usaha dalam memasarkan produk nya. Saat ini, social media marketing menjadi strategi pemasaran yang paling banyak peminatnya. Instagram (IG) misalnya, platform besutan Facebook ini wajib digunakan oleh pelaku usaha. Jualan di Instagram dapat mendatangkan keuntungan yang besar jika dijalankan secara benar.

Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan penggunanya mengambil foto, video, menggunakan filter digital dan membagikannya ke jejaring social media lain. Fitur yang disediakan media sosial (medsos) ini memudahkan penggunanya untuk menjaring audiens, misalnya melalui Instastory, dan secara live di IG TV.

Tak heran banyak pebisnis yang sukses memasarkan barang daganganya lewat platform ini. Bahkan ada yang kaya mendadak sejak berjualan di IG. Kami telah merangkum sejumlah tips bagi anda yang ingin merintis usaha melalui Instagram sebagai berikut :

Tips Jualan di Instagram

Jualan di Instagram

  1. Buatlah Akun Khusus Untuk Jualan di Instagram

Ciptakan kesan profesional melalui akun anda. Jangan pernah menampilkan hal bersifat personal di akun ini. Anda sebaiknya menyisipkan kata kunci (keyword) yang biasa dicari orang lain dalam akun resmi anda.

Misalnya, anda adalah pengusaha produk kuliner yang berbasis di Denpasar Bali, maka nama akun resmi anda @makananenak_denpasar. Karena kata kunci tersebut paling banyak dicari, sehingga memungkinkan produk anda muncul dalam mesin pencarian.

  1. Jaring Banyak Follower

Followers

Langkah selanjutnya yang harus anda fikirkan adalah mencari follower, atau pengikut anda di Instagram. Anda harus membuat strategi agar follower akun anda sesuai target. Jika anda berjualan kuliner, maka jaringlah follower yang memiliki minat terhadap kuliner.

Cobalah mempromosikan akun anda kepada akun komunitas pegiat kuliner, wisata, dan komunitas lain yang menyukai kuliner. Semakin banyak follower maka semakin bagus, karena kemungkinan konsumen potensial anda berada di antara follower tersebut.

  1. Sajikan Foto Produk Yang Menarik

Jualan di Instagram

Karena IG memuat foto dan video, upayakan agar foto produk yang anda unggah semenarik mungkin. Platform ini sudah mnenyediakan fitur filtrasi digital, anda bisa memanfaatkan fitur ini agar tampilan akun anda lebih menarik.

Jangan lupa melengkapi foto anda dengan caption yang memuat informasi mengenai foto tersebut. Tuliskan deskripsi dari produk anda, misalnya jenis bahan baku produk, rasa, harga, dan lain sebagainya.

Pelajari perilaku pengguna IG, terutama tentang waktu terbaik mengunggah foto. Karena ada waktu tertentu yang paling banyak diakses pengguna medsos ini, misalnya pada pagi hari, jam istirahat kerja, dan sore hari menjelang jam pulang kantor.

  1. Jangan Gunakan Hashtag Berlebihan

Instagram Feed

Hashtag atau tanda pagar (#) sangat populer di kalangan pengguna medsos. Tanda pagar menjadi kata kunci yang akan memudahkan audiens menemukan produk anda. Buatlah hashtag yang sesuai dengan konten anda, misalnya anda mengunggah foto tentang kuliner, hashtag yang sesuai adalah yang berhubungan dengan makanan, misalnya #kulinerbali, #kulinerenak, #kulinermurah, dan sebagainya.

Hashtag dapat mendatangkan traffic ke akun Instagram bisnis anda. Usahakan untuk melakukan riset hashtag sebelum memasangnya pada konten yang anda unggah. Hashtag yang tepat mampu memunculkan konten jualan anda di Instagram pada laman explore. Sehingga lebih banyak audiens yang terpapar dengan konten yang anda sajikan.

Namun, jangan memberi tanda pagar berlebihan, karena akan dianggap sebagai spam oleh sistem. Gunakanlah yang relevan. Anda juga bisa memberi hashtag di Instastory. Karena Instastory juga mendapatkan perhatian oleh para pengguna Instagram.

  1. Unggah Ulasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan menjadi yang utama dalam sebuah bisnis. Jadi, jika anda mendapatkan ulasan atau testimonial dari pelanggan, ada baiknya anda mengunggahnya. Cara ini juga berguna untuk menjalin interaksi dengan para pelanggan.

Upayakan mendapat ulasan yang positif dan jangan ragu untuk ikut membagikan konten dari pelanggan anda di laman IG. Anda juga dapat menyebut akun pelanggan (tag) dalam konten yang anda unggah. Ulasan positif membuat audiens lebih percaya terhadap produk yang anda sajikan untuk jualan di Instagram.

  1. Gunakan Jasa Selebgram

Kepopuleran IG juga memberi pengaruh besar kepada penggunanya. Selebgram, atau selebriti Instagram mulai bermunculan. Biasanya konten yang mereka bagikan selalu mendapatkan perhatian dari para pengguna IG. Sehingga, menggunakan jasa mereka bisa menjadi strategi jualan di Instagram yang efektif dalam menjaring konsumen.

Menggunakan jasa Selebgram memang membutuhkan biaya yang tak sedikit, apalagi yang sudah punya reputasi dan popularitas. Namun jangan khawatir, anda bisa menggunakan Selebgram pemula untuk mempromosikan bisnis anda.

Tak sedikit yang bersedia mengunggah produk anda di IG walau hanya dibayar dengan produk (endorsement). Jalinlah komunikasi dan pertemanan dengan mereka, karena tak menutup kemungkinan suatu saat anda juga bisa menjadi Selebgram yang terkenal.

Baca Juga: Jangan Asal Endorse, Ikuti 12 Cara Ini Memilih Influencer di Bali

Menggunakan teknik yang telah dipaparkan tadi dapat membantu anda dalam memasarkan produk di Instagram. Faktanya, pengguna Instagram di Indonesia menduduki peringkat ke empat yang terbanyak di dunia. Peringkat ini pun semakin meningkat setiap tahun, karena pengguna IG tergolong aktif bersosial media.

IG lebih diminati oleh kalangan muda, yaitu di rentang usia 18 sampai 34 tahun. Banyak ulasan yang menyebutkan bahwa pengguna IG didominasi kaum perempuan. Melalui data ini, anda bisa mendesain produk anda sesuai selera pasar terbanyak.

Related Posts