Marketing, SEO

(Basic) Kenali Fitur Google Ads untuk Digital Marketing

Organic Search (SEO) Vs Paid Search (Google Ads)

Saat ini penulis sedang mencari tahu tentang digital marketing agency di Bali melalui Google. Ketika menelusuri halaman, terdapat hal lain yang menjadi perhatian penulis. Anda pernah mengalami hal serupa? Benar, saat ini kita sedang melihat dua hasil pencarian di top page Google. Yang teratas adalah paid search (instrumen digital marketing Google Ads) dan dibawahnya terdapat organic search.

Organic search menampilkan daftar website yang memiliki penilaian SEO dengan level sangat baik dan yang paling relevan dengan kata kunci yang sering ditanyakan para pengguna Google. Website tersebut yang akan kita temukan pada halaman terdepan. Sementara paid search dapat dengan mudah dideteksi dengan tulisan ‘ads atau iklan’ yang berada di kiri atas.

Mulanya dikenal dengan Google Adwords. Namun, seiring berkembangnya jaman, di tahun 2018 nama fitur digital marketing ini menjadi Google Ads. Untuk menjalankan fungsinya sebagai instrumen pemasaran paid search di mesin pencarian google, terdapat keyword khusus  yang disisipkan dalam iklan tersebut. Maka dari itu, jika Anda memasukkan kata kunci terkait, Google Ads dengan tepat akan menampilkan iklan yang relevan di pencarian teratas di Google.

Membedah Google Ads untuk Digital Marketing

Elemen-elemen terpenting yang bisa Anda kaji dari paid search diantaranya: penggunaan keyword yang sesuai, ad copy yang mampu menggaet pembacanya, dan ketika diklik akan membawa mereka menuju landing page atau website.

Untuk mengatur Google Search Ads, Anda akan dimintai daftar keyword untuk membantu Google menentukan penggunaan keywords yang relevan untuk bisnis Anda. Nantinya, iklan akan dimunculkan pada saat pencarian dengan topik terkait. Harga keywords ditentukan dengan sistem pelelangan oleh Google (Bidding PPC). Sebab itu, pelelang dengan harga tertinggi bisa mendapat urutan teratas pada mesin pencarian.

Selanjutnya, Anda akan mendesign Ads atau copywriting iklan dengan struktur berikut:

Headline

Merupakan nyawa dari sebuah iklan, pada Google Ads, headline memiliki jumlah karakter yang terbatas. Penting untuk suatu headline agar padat menyampaikan produk apa yang menjadi prioritas bisnis tersebut sekaligus dengan bahasa yang memberikan magnet bagi pembaca agar mencari tahu lebih lanjut terkait produk atau layanan yang ditawarkan. Google Ads kini menawarkan 3 headline seperti yang dapat disimak pada gambar diatas.

Description

Singkatnya, description memberikan penjabaran mengenai keterangan lebih lanjut tentang produk yang ditampilkan di headline. Bahasa yang dipakai baiknya memberikan sense of urgency, informatif, dan padat karena dikemas dengan karakter yang terbatas pula.

Extension

Dengan extension, poin-poin informasi penting lainnya dapat ditangkap pembaca melalui Google ads. Beberapa extension pada Google Ads meliputi:

  • Call Extension: menampilkan kemudahan untuk mengakses nomer telepon yang dapat dihubungi sehingga untuk menelepon pun bisa sangat praktis hanya dengan mengklik call extension tersebut.
  • Sitelink Extension: menyediakan link lainnya yang dikaitkan dengan halaman pada website maupun landing page yang dapat dikunjungi pembaca
  • Callout Extension: sangat berguna dengan memberi tambahan ruang untuk meng-highlight fitur atau benefit produk yang ingin ditonjolkan karena pada description maupun headline, karakter huruf tidak mencukupi.

Structured snippets extension

Umumnya digunakan untuk memberikan askes informasi yang lebih detail tentang value jasa atau produk Anda.

Price Extension

Efektif ketika Anda ingin menunjukkan harga item yang sedang promo karena hal ini akan memberikan kemudahan bagi pembeli untuk membuat keputusan untuk membeli.

Localization Extension

Akan dihubungkan dengan akun Google My Business milik Anda sehingga calon kustomer dapat melihat lokasi Anda ataupun menunjukkan arah menuju toko maupun perusahaan Anda sehingga pelanggan dapat berkunjung ke tempat langsung.

Apa saja keuntungan google ads untuk digital marketing?

Secara garis besar dengan digital marketing Google Ads, tentu saja Anda mendapat fasilitas yang lebih mutakhar baik itu dalam hal menentukan dan membatasi target market Anda. Bahkan untuk membayar jasa iklan berbayar di Google pun ada di tangan Anda.

Capai Goals Pemasaran Anda

Format Google Ads tersedia dengan berbagai macam fitur yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan semisalnya Anda ingin menambahkan fitur, ‘Call’ agar pembeli dapat lebih leluasa menghubungi Anda. Campain dengan Google Ads banyak dipakai agar website Anda mendatangkan banyak kunjungan, ataupun mereka dapat melakukan aksi seperti menggencarkan kegiatan jual-beli, dll

Anda juga dapat menggunakan melakukan uji coba untuk melihat perbandingan trafik dengan berbagai keyword dan iklan untuk menemukan iklan seperti apa yang mendatangkan banyak leads dan interaksi lebih banyak.

Hanya Bayar Sesuai PPC (Pay-Per-Click)

Anda diberikan kebebasan untuk menentukan berapa yang ingin Anda habiskan untuk Google Ads. Biaya iklan tersebut akan disesuaikan dengan berapa orang yang benar-benar berinteraksi, mengklik, atau menonton video iklan Anda. Jadi, Anda tidak dipungut biaya jika iklan hanya tampil namun belum diklik si pembaca.

Performa Terukur secara Real-Time

Keuntungan yang menjadi pertimbangan baik mengapa Google Ads merupakan alat pemasaran yang efektif adalah karena kita dapat melihat performance dari iklan yang kita gencarkan dan mengukurnya dengan pasti saat itu juga. Sehingga kita bisa mengambil tindakan lebih cepat dan mengatur strategi selanjutnya.

Iklan Muncul Sesuai dengan Preferensi Devices Prospek Anda

Iklan Anda dapat ditampilkan dan diatur dengan mode tampilan apa yang paling responsive bagi iklan tersebut. Semisal yang menjadi pemikiran Anda adalah kebanyakan orang lebih sering menggunakan mobile device mereka untuk mengakses berbagai aplikasi dengan instan. Maka, Anda dapat memprioritaskan tampilan pada mode mobile.

Bagaimana cara kerjanya dan tolak ukur yang menentukan keberhasilan google ads?

Untuk memperkirakan ROI (Return-of-Investment) telah mencapai target digital marketing Anda, beberapa metriks yang dapat dijadikan acuan untuk membuat perhitungan diantaranya sebagai berikut:

Great Quality Score Untuk Landing Page Experience

Meskipun diberlakukan harga lelang untuk memunculkan iklan berdasarkan keywords yang dimenangkan (Bidding PPC), Google juga memiliki cara unik untuk mempertahankan experience penggunanya untuk mendapatkan info serelevan mungkin. Untuk itu, terdapat fitur Quality Score dimana Google akan benar-benar men-scan lalu memberikan penilaian, apakah iklan Anda sesuai atau relevan dengan isi landing page yang menjadi pendaratan user Google prospek Anda? Dapat dikatakan justru sistem penilaian Google inilah yang alhasil menentukan posisi Anda pada peringkat pencarian yang nilainya berkisar dari 1 hingga 10.

Metrik Dasar dan Kombinasi Penentu Keberhasilan Campaign

Google telah menyediakan fasilitas report dan metrik dasar sebagai tolak ukur seberapa jauh perkembangan iklan Anda dengan Google Ads. Perhatikan dengan cermat perkembangan 4 hal ini: impression (banyak iklan dilihat) ,clicks (banyak iklan diklik), conversion (melakukan action yang Anda serukan), dan spend(uang yang diinvestasikan untuk iklan). Setelahnya, Anda bisa memulai untuk memperhitungkan persentase keberhasilan campaign Anda dengan kombinasi 4 metrik dasar diatas dengan analisis:

  1. Click Through Rate (CTR): persentase jumlah impression menjadi clicks
  2. Conversion Rate: persentase clicks menjadi conversion
  3. Cost-Per-Click (CPC): total uang yang dihabiskan untuk setiap kali user mengklik iklan Anda; caranya adalah membagi spend dengan clicks.
  4. Cost-Per-Acquisition (CPA): total uang yang dihabiskan untuk setiap kali konversi; caranya adalah membagi spend dengan conversion.

Google Ads dengan Sun Media Yuk!

Satu lagi misteri pemasaran digital marketing dengan Google sudah terpecahkan untuk menjadi solusi tepat Anda di situasi persaingan pasar yang semakin ketat ini. Algoritma ads dengan Google dapat berubah sewaktu-waktu sehingga Anda harus dengan giat mengupdate amunisi Anda. Kehabisan ide untuk mengatur strategi digital marketing Anda?

Kami adalah Sunmedia Digital Agency terbaik di Bali. Fokus kami adalah membantu Anda mengejar ketertinggalan sales Anda dengan merencanakan strategi digital marketing terkini yang terpusat dengan ROI. Kontak kami segera untuk konsultasi awal, gratis! Hubungi +628113862388 / +623614749987. Jangan ragu mengirimkan kami kendala anda melalui [email protected]

 

External link:

https://support.google.com/google-ads/answer/6336021

 

 

 

Related Posts