Bisnis Online
blog

8 Cara Mudah Bisnis Online Untuk Pemula

Bingung mau bisnis apa? Pertanyaan ini kerap terlintas saat kita memikirkan sebuah usaha yang ingin dijalankan. Saat ini, berbagai referensi peluang usaha modal kecil bisa anda dapatkan secara mudah. Satu di antaranya adalah bisnis online. Bisnis ini banyak diminati karena memerlukan modal yang relatif rendah. Selain itu, anda pun bisa leluasa menjalankan bisnis online rumahan ini.

Artinya, anda tidak perlu membuka toko fisik untuk menjalankan sebuah usaha. Cukup dengan koneksi internet dan ponsel pintar anda sudah bisa megelola sebuah bisnis. Sebelum memulai bisnis online, anda harus menentukan produk apa yang ingin anda jual. Apakah produk itu diminati pasar? Setidaknya produk yang anda jual bisa menjadi solusi untuk target pasar anda.

Berikut adalah sejumlah strategi yang bisa anda jalankan dalam membangun sebuah bisnis:

  • Mencari Keunikan Produk

Produk unik yang kami maksud bukanlah produk langka atau produk yang dibuat terbatas. Keunikan sebenarnya bisa diciptakan. Namun, yang terpenting adalah anda harus memastikan produk yang anda jual haruslah berkualitas dan dibutuhkan masyarakat. Produk unik bisa dihasilkan dari hobi anda. Misalnya anda seorang penghobi musik, anda bisa menjual kaus band, alat musik tradisional, atau koleksi piringan hitam klasik.

Temukan keunikan dalam produk yang anda jual. Untuk kasus produk musik seperti di atas, anda bisa membuat paket yang berisi bermacam produk, misalnya anda menjual alat musik yang dijual sepaket dengan t-shirt band, dan sebuah piringan hitam The Beatles. Anda bisa mengemas produk tersebut dengan kotak kayu eksklusif agar lebih menarik.

Kendra Custom

Sepatu lukis produksi Kendra Custom ini menjadi contoh produk bisnis online yang unik. (Foto: Dok. Kendra Custom)

Produk yang unik biasanya bernilai jual tinggi. Maka dari itu banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk memiliki produk yang mereka anggap unik. Contoh lain yang bisa menjadi contoh usaha modal kecil untung besar adalah sepatu lukis. Harga sepasang sepatu berbahan kanvas umumnya berada dikisaran Rp. 500 ribu, namun setelah dilukis dengan motif yang menarik, harganya akan naik berkali lipat.

 

  • Memahami Produk Yang Dijual

Produk tidak harus berupa barang, menjual jasa pun bisa menjadi usaha yang menjanjikan di masa depan. Setelah anda menemukan nilai keunikan produk, anda juga harus memahami produk yang anda jual. Hal ini berguna pada saat menentukan target pasar dan merancang strategi pemasaran.

Misalnya anda seorang fotografer yang biasa melakukan wedding photography. Produk jasa fofografi mungkin memiliki banyak kompetitor, namun untuk dapat berkembang anda harus menjawab beberapa pertanyaan, antara lain apa kelebihan produk anda?, mengapa orang harus memilih produk anda? apa yang harus anda lakukan dalam menghadapi persaingan?

Pertanyaan semacam ini menuntut anda untuk memahami produk yang anda jual. Jangan melakukan bisnis hanya karena terpengaruh oleh tren yang berkembang, atau sekadar mengikuti teman. Jika pemikiran seperti itu terlintas di kepala anda, sebaiknya anda menghentikan bisnis anda. Karena bisnis yang hanya ikut-ikutan tidak akan bertahan lama.

Saung Perjuangan

Produk kopi cold brew buatan Saung Perjuangan Cirebon. (Foto: Dok. Saung Perjuangan Cirebon)

Mari kita amati kejadian yang dialami oleh bisnis yang sedang tren. Bisnis kedai kopi satu di antaranya. Jika diamati bisnis kedai kopi mulai booming di Indonesia setelah penayangan film Filosofi Kopi. Kisah dua sahabat yang merintis usaha di bidang kedai kopi ini pun sukses membuat anak muda ingin menjadi barista. Bisnis kedai kopi pun mulai menjamur.

Tak hanya di kota-kota besar, kedai kopi pun mulai menjamah pedesaan dan sudut-sudut perkampungan. Bisnis kopi memang sangat menguntungkan, namun banyak yang hanya ikut-ikutan tanpa mempelajari seluk beluk kopi dan strategi pemasaran. Akibatnya fatal, tak sedikit yang gulung tikar. Bahkan ada yang sampai membeli mesin espresso bernilai puluhan juta harus menanggung kerugian karena tidak bisa bertahan.

Untuk menghindari kerugian, anda harus benar-benar memahami bisnis yang anda jalankan. Jika anda membuka kedai kopi, setidaknya anda memahami alur kerja produksi kopi mulai dari petani, penyajian dari barista, sampai ke tangan konsumen.

  • Melakukan Riset Terhadap Kompetitor

Setelah anda memahami produk yang anda jual, langkah berikutnya adalah melakukan riset terhadap kompetitor. Ingat, saat anda memulai bisnis, ada ratusan bahkan jutaan orang lain yang sudah menjalankan bisnis yang serupa dengan anda. Riset terhadap kompetitor juga berfungsi untuk memahami selera pasar.

riset kompetitor

Melakukan riset terhadap kompetitor penting dilakukan dalam menjalankan bisnis online. (Ilustrasi: Abror Rizaldi)

Carilah referensi sebanyak-banyaknya tentang kompetitor anda, perhatikan yang mereka lakukan terhadap produknya. Anda bisa mengunjungi marketplace ternama seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada atau yang lainnya untuk menemukan kompetitor. Terapkanlah metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dari kompetitor anda. Melalui metode ini muncul sejumlah pertanyaan, yaitu produk apa yang dijual kompetitor?, kenapa produk mereka dicari orang?, apa yang menarik dari bisnis kompetitor anda?, konten apa yang mereka sajikan?

Setelah menjawab semua pertanyaan tersebut, anda bisa menerapkan strategi mereka dalam bisnis anda. Namun anda harus tetap melakukan pengembangan dan memodifikasi strategi kompetitor anda menjadi lebih baik untuk bisnis anda. Carilah minimal 5 kompetitor untuk memperkaya referensi bisnis anda.

  • Menjawab Masalah Yang Dihadapi Pasar

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh CBS Insight, sebanyak 42 persen perusahaan rintisan (start up) gagal berkembang karena tidak menjawab masalah yang dihadapi pasar. Anda harus memahami betul sifat konsumen. Ingat, konsumen akan membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan dan bisa menjadi solusi dari masalah mereka. Dalam hal ini anda dituntut untuk melakukan observasi pasar.

Mungkin ada jutaan masalah yang saat ini dihadapi konsumen, bukan berarti anda harus bisa menyelesaikan semua masalah mereka. Pilihlah beberapa masalah yang kemungkinan besar akan terpecahkan saat konsumen memilih produk anda. Tempat yang paling mudah dan efektif dalam melakukan observasi pasar adalah social media.

Tak bisa dipungkiri, media sosial (medsos) memiliki jumlah pengunjung dan pengguna yang banyak. Maka dari itu medsos menjadi pilihan terbaik untuk melakukan observasi pasar. Carilah medsos yang menyediakan aplikasi bisnis ada diminati oleh pelaku bisnis. Facebook misalnya, medsos besutan Mark Zuckerberg ini menyediakan fitur marketplace untuk para penggunanya.

Anda juga bisa bergabung di grup-grup bisnis Facebook. Cobalah untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi anggota grup bisnis tersebut. Biasanya grup bisnis yang menawarkan produk berbasis komoditas seperti buah-buahan, kertas, kopi, dan lainnya cukup ramai di Facebook. Jika diamati persaingan pasar terjadi antar penggunanya. Biasanya para pebisnis komoditas kerap merahasiakan harga produk mereka di grup karena grup tersebut juga diikuti oleh para kompetitor. Mereka menganggap kompetitor akan menurunkan harga produk mereka jika mengetahui harga pasaran. Hal ini memicu perang harga yang tidak sehat. Masalah semacam ini mungkin bisa anda pecahkan dan carikan solusinya.

Baca juga: 6 Tips Laris Manis Jualan di Instagram

  • Tentukan Target Pasar dan Promosikan Bisnis

Sebelum mempromosikan bisnis, anda harus menentukan target pasar. Karena target pasar akan menentukan efektifitas strategi promosi yang akan anda jalankan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebelum menentukan target pasar, anda harus melakukan riset terhadap kompetitor. Kelompokkan target pasar anda sesuai demografinya, misalnya jenis kelamin, pekerjaan, tempat tinggal, rentang usia, dan kegemaran mereka. Melalui data ini anda bisa menentukan strategi promosi yang tepat dan efektif.

xendit indonesia

Tentukan target pasar dan promosikan bisnis anda secara tepat dan efisien. (Foto: Dok. Xendit Indonesia)

Misalnya anda akan melakukan promosi di media sosial Facebook dan Instagram, anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk menggunakan fitur Facebook dan Instagram Ads. Biaya beriklan di Facebook berkisar dari USD 5 sampai USD 50 ribu per minggu. Jika dirupiahkan, anda harus menyediakan dana mulai dari Rp. 80 ribuan sampai Rp. 800 jutaan per minggunya.

Karena beriklan di medsos cukup mahal, anda harus menentukan target pasar yang tepat agar biaya yang anda keluarkan tidak sia-sia dan berbalas keuntungan berkali lipat.

  • Jalankan Strategi Digital Marketing

Hal ini penting dilakukan bagi anda yang ingin memenangkan persaingan digital. Syarat wajib untuk menerapkan strategi digital marketing adalah memiliki website. Menurut yang dilakukan oleh Verisign, sebanyak 56 persen orang tidak percaya kepada bisnis online yang tidak memiliki website. Situs web yang dikelola secara profesional ibarat kantor anda, dan marketplace atau toko online hanya sebagai lapaknya.

Jadi, apalah arti sebuah bisnis tanpa memiliki website yang profesional selain hanya kesia-siaan semata. Website termasuk dalam aset digital yang harus anda miliki dalam menjalankan bisnis online. Jika konsumen tidak percaya terhadap bisnis anda, otomatis mereka akan beralih ke bisnis lain.

Bisa jadi kompetitor anda sudah lebih dahulu menerapkan strategi digital marketing dan memiliki website yang profesional. Tak sampai di situ, kompetitor anda juga memiliki kompetitor lain yang berebut pasar dengan anda. Cara untuk meyakinkan calon konsumen terhadap bisnis anda yaitu membuat website resmi.

Baca Juga: Untung Berkali Lipat Lewat Jasa Digital Marketing

  • Mengoptimalkan Situs Web

Setelah anda memiliki website yang profesional, langkah berikutnya adalah mengoptimasi situs web anda agar masuk dalam daftar pencarian. Saat ini, mesin pencarian berbasis internet yang terbesar dan paling banyak digunakan adalah Google. Jadi anda harus menguasai strategi pemasaran yang membawa bisnis anda berada dalam daftar peringkat Google melalui cara sebagai berikut:

seo.com

Optimalkan website anda menggunakan teknik SEO. (Foto: Dok. Seo.com)

    • Menguasai Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah teknik yang digunakan untuk memenangkan daftar pencarian Google. Teknik ini biasanya digunakan oleh para web master atau pelaku digital marketing agar bisnis yang mereka jalankan berada di urutan teratas pencarian. Jika sebuah bisnis berada di halaman satu dan menempati urutan teratas pencarian Google, kemungkinan untuk diakses oleh calon konsumen potensial pun akan semakin besar.

Dalam bahasa sederhana SEO adalah usaha untuk memanipulasi Google agar menampilkan konten yang disajikan dalam daftar pencarian. Google memiliki sistem algoritma yang cukup rumit sehingga membuat para pelaku digital menerapkan berbagai cara dalam mengoptimasi website mereka agar tampil di urutan pertama. Maka dari itu, anda harus mengisi website dengan berbagai konten yang SEO-Friendly.

    • Sajikan Konten Yang Menjual

Lantas bagaimana cara membuat konten yang SEO-Friendly dan menjual? Menurut PanduanIM, konten yang menjual adalah konten yang bisa dipercaya dan diyakini oleh audiens. Jadi, setiap konten yang anda sajikan baik itu berupa artikel, visual, grafis, bahkan video harus memuat informasi yang bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan.

Jangan sekali-kali memuat informasi hoax hanya untuk menarik audiens untuk mengunjungi website anda. Audiens akan lebih pintar menilai konten yang berkualitas. Selain itu, menggunakan konten yang tidak jelas kebenarannya berpotensi dianggap sebagai spam oleh Google. Resikonya sangat besar, karena website anda tidak lagi ter-index di daftar pencarian.

Buatlah konten yang berisi informasi yang dibutuhkan audiens. Sebelum menentukan tema dalam membuat konten, ada baiknya anda melakukan riset terlebih dahulu. Temukanlah website yang memuat konten populer dan relevan dengan bisnis anda. Carilah referensi dari konten yang memuat informasi yang dibutuhkan orang banyak. Misalnya anda bergerak di bidang jasa arsitektur, anda bisa menyajikan konten tentang informasi tren arsitektur, referensi desain arsitektur, atau cara memilih jasa arsitektur yang benar.

Setelah membuat konten informatif, anda harus menyertakan teknik persuasif atau call-to-action untuk audiens anda. Usahakan konten yang anda sajikan memuat kalimat yang bisa mengajak atau megundang audiens untuk mengaksesnya. Misalnya anda menawarkan jasa arsitektur, anda bisa menyertakan kalimat yang mengundang orang menggunakan jasa anda seperti “Gratis konsultasi desain rumah mewah minimalis, hubungi kami sekarang!”

    • Menggunakan Keywords Bervolume Pencarian Tinggi
Keywords

Menggunakan keywords bervolume pencarian tinggi dalam konten

Bermain keywords sangat penting dilakukan dalam menerapkan strategi digital marketing. Anda bisa menggunakan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi agar konten yang anda sajikan berada di daftar teratas pencarian Google. Namun menggunakan keywords bervolume tinggi tidak semudah yang dibayangkan.

Hal ini karena kompetitor dan banyak orang yang menggunakan keywords tersebut. Belum lagi biaya yang anda keluarkan untuk membayar kata kunci tersebut saat beriklan tidaklah murah. Anda bisa menggunakan tools Google Keyword Planner atau Keyword Everywhere untuk mencari keywords populer.

Jika anda menyajikan informasi tentang peluang usaha, anda bisa menggunakan keywords populer seperti “peluang usaha rumahan, peluang usaha 2020” dan sebagainya. Kata kunci peluang usaha termasuk yang paling banyak dicari di Indonesia. Konten yang kami sajikan ini memuat kata kunci tentang bisnis online dan digital marketing. Usahakan kata kunci yang anda gunakan relevan dengan bidang usaha yang anda jalankan.

Contoh lainnya, jika anda bergerak di bidang jasa pemasaran digital dan menawarkan produk berupa jasa optimasi website profesional, anda bisa mencantumkan keyword seperti “jasa SEO Bali, jasa optimasi SEO” dan sebagainya sebagai kata kunci dalam konten anda.

  • Gunakan Digital Marketing Agency

Menjalankan strategi digital marketing memang membutuhkan tenaga, waktu, dan biaya yang tidak sedikit. Memanfaatkan jasa digital marketing agency tentu akan memudahkan. Anda hanya perlu memperhatikan sejumlah kriteria berikut jika ingin menggunakan jasa digital marketing agency . Antara lain:

    • Pilihlah yang Berpengalaman

Kriteria ini wajib diperhatikan sebelum anda memilih digital marketing agency. Pilihlah yang berpengalaman dan kredibel. Digital marketer yang berpengalaman tentu sering berhadapan dengan berbagai macam karakter klien. Mereka akan memahami betul segmentasi pasar, dan target konsumen yang ingin anda capai.

    • Memiliki Tim yang Profesional

Pada umumnya, digital marketing agency memiliki sejumlah personil yang tergabung dalam tim . Masing-masing personel memiliki tugas dan tanggungjawab yang berbeda. Bagi anda yang ingin menggunakan jasa mereka, pilihlah yang memiliki tim profesional.

Kriteria tim yang profesional bisa dilihat saat anda mengunjungi kantor sebuah agency. Di sana anda akan menemui tim yang terdiri dari spesialis SEO, pengembang website, graphic designer, dan content writer.

    • Berfokus Pada ROI (Return of Investment)

Penyedia jasa digital marketing tentunya memiliki beragam strategi untuk membantu klien nya. Bagi anda yang ingin menggunakan jasa digital marketing, pilihlah jasa digital marketing yang dapat dibuktikan melalui efektifitas kampanye dari produk yang mereka pasarkan.

Digital marketer yang andal juga tak segan untuk memberikan contoh marketing plan yang sesuai untuk kebutuhan kliennya. Bagi anda yang memiliki bisnis di Bali, Pilihlah jasa digital agency di Bali yang mengutamakan ROI (Return of Investment).

Artinya, agency tersebut akan mengutamakan konversi yang terjadi dari strategi promosi yang anda jalankan. Sehingga nilai investasi yang anda keluarkan untuk menyewa jasa mereka akan terbalas lewat keuntungan yang berkali lipat.

 

Editor: Abror Rizaldi

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *