Cara Kerja Facebook Ads
Marketing

Cara Kerja Facebook Ads – Panduan Belajar Digital Marketing

Apakah efektif untuk mem-boost penjualan suatu bisnis dengan beriklan di Facebook? Bagaimana sih cara kerja facebook ads sebagai tool digital marketing yang andal? Bagaimana yah cara beriklan dengan facebook ads agar hasilnya maksimal? Pelajari segala sesuatu yang harus Anda ketahui tentang cara kerja Facebook Ads bersama partner profesional Anda untuk urusan digital marketing terbaik di Bali, Sun Media.

Sebelum beralih ke topik utama kita kali ini, Sun Media punya informasi menarik nih untuk pembaca, berdasarkan data yang dikumpulkan napoleoncat.com di bulan Agustus 2021, Indonesia menduduki posisi ketiga sebagai pengguna Facebook terbanyak di SELURUH DUNIA setelah India. Indonesia sendiri memiliki lebih dari 187JT user. Dengan jumlah akun teregistrasi sebanyak itu, tentunya ini menjawab pertanyaan Anda mengenai keefektifan beriklan hanya dengan memanfaatkan Facebook dalam meningkatkan visibilitas usaha Anda di skala nasional bahkan membuat penjualan melalui Facebook ads. Anda juga bisa menargetkan pasar Internasional jika memang Anda rasa tepat. Apalagi, membuat akun di Fb gratis, sangat menggiurkan, kan?

Percayakan urusan pemasaran bisnis Anda di tangan Sun Media sebagai solusi digital marketing terbaik di Bali sekarang. Kirimkan inquiry Anda terkait service kami di [email protected].

Nah, khusus untuk para pemilik bisnis yang ingin mencoba fitur Facebook Ads, sudahkah mengenal fitur tersebut dan mengetahui kelebihannya sebagai alat digital marketing untuk menguasai pasar Anda?

Pengertian Facebook Ads

Singkatnya, Facebook Ads merupakan wadah campaign iklan digital melalui platform media sosial Facebook. Sehingga, pengguna yang tertarget pastinya merupakan audiens Facebook. Cara kerja Facebook Ads adalah dengan menampilan iklan melalui format seperti: single post ads, carousel post ads, video, dan format koleksi yang dapat menampilkan item grup atau katalog dalam mode fullscreen di tampilan hp. Iklan Anda nantinya akan muncul saat audiens sedang men-scroll ke bawah maupun dari sidebar halaman FB itu sendiri. Berikut FB Ads dengan tampilan desktop view.

Panduan Belajar Digital Marketing Terbaik di Bali

Mengapa Anda Memerlukan Facebook Ads

Meski Anda telah memiliki jumlah pengikut yang banyak secara organik di fanpage bisnis Anda, namun belum tentu semua pengikut Anda dapat melihat penawaran yang Anda publikasikan. Bahkan, besar kemungkinan mereka justru kelewatan promo yang sedang Anda gencar-gencarkan. Cara kerja Facebook Ads membantu Anda bukan hanya menjangkau pengikut lama Anda, tapi juga mendapatkan pengikut baru.

Kami partner terpercaya Anda untuk membantu perkembangan bisnis Anda melalui layanan digital marketing terbaik di Bali bersama kami Sun Media Digital Agency.

Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

Masih ragu dengan benefit cara kerja Facebook Ads untuk bikin bisnis Anda makin cuan? Berikut, kami paparkan mengapa beriklan lebih untung dengan Facebook Ads.

Jalankan Campaign Sesuai Kebutuhan

Terdapat 3 kategori besar untuk menentukan tujuan campaign iklan yang Anda akan lakukan dengan Facebook Ads. Diantaranya: awareness (kesadaran), consideration (pertimbangan), dan conversion (konversi). Masing-masing sub-kategori menampilkan format yang berbeda-beda. Maka dari itu, sesuaikan tujuan iklan berdasarkan format konten yang Anda akan bagikan. Untuk iklan konversi akan sangat tepat jika fokus Anda adalah agar mendapatkan hasil melalui penjualan.

cara kerja facebook ads - setup campaign

Cara Kerja Facebook Ads Mampu Jangkau Audiens Lebih Luas dengan Target Spesifik

Menggunakan Facebook Ads memudahkan Anda untuk menjangkau sesuai target pasar Anda. Permasalahan yang terjadi pada iklan konvensional adalah kecenderungannya untuk menyasar di target pasar yang tidak relevan. Fitur audiens di Facebook Ads mensortir se-spesifik mungkin kategori audiens dengan biaya terjangkau berdasarkan lokasi, umur (Minimal 17-65+), jenis kelamin, hingga ketertarikan audiens Anda (fitur ini hanya dapat diaktifkan untuk audiens dengan minimal umur 21).

Fleksibilitas dalam Mengatur Budget Iklan – Harga Iklan Terjangkau

Ketika beriklan, Anda akan banyak berkutat dengan budget. Keuntungan menggunakan Facebook Ads, Anda dapat melakukan budgeting yang dapat atur sesuai keinginan Anda. Untuk mengoptimalkan campaign agar budget bisa mendapat hasil yang maksimal, Anda cukup menghabiskan biaya hanya Rp15.000 per-harinya.

Cara Kerja Facebook Ads dan Hasilnya Dapat Dilihat Secara Real-Time

Peranan data sangat penting untuk menentukan strategi terbaik yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan pemasaran. Dengan tools yang disediakan Facebook Ads, analisa data secara real-time dapat dimonitor, sehingga Anda pun tahu apakah campaign yang Anda jalankan sukses. Analisa pengukuran ini menggunakan hasil impression, reach, CTR, conversion rate, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Kerja Facebook Ads

Sebelum Anda menjalankan iklan, ada beberapa tahapan yang anda lalui. Cara kerja Facebook Ads yang pertama adalah Anda harus memiliki halaman yang berisikan informasi terkait bisnis, maupun produk atau service yang tersedia. Lalu, Anda dapat menuju ke halaman iklan Facebook for Business dimana Anda akan login disana dan menemukan tools ads manager yang akan memudahkan Anda untuk menyusun aset iklan Anda.

belajar cara kerja facebook ads dengan digital marketing terbaik di bali

Cara Kerja Facebook Ads – Alur Facebook Ads

Tahapan cara kerja Facebook Ads sebelum akhirnya Anda bisa beriklan di Facebook berawal dari menentukan objektif campaign Anda. Setelah setting campaign sudah selesai, Anda akan mengatur fitur ad set. Seumpama, untuk campaign traffic di campaign consideration, langkah selanjutnya adalah menentukan kemana Anda akan mengarahan traffic (pilihan yang tersedia meliputi website, aplikasi, messenger, dan whatsapp), budgetting dan scheduling (daily budget minimal Rp14.503), menentukan spesifikasi audiens Anda, penempatan iklan, serta opsi optimasi iklan yang dapat Anda atur.

Berikutnya, untuk fitur Ad, Anda akan banyak berkutat dengan format dan isi konten yang akan ditampilkan iklan (single image atau video, carousel, dan collection). Pastikan, untuk memenuhi seluruh ketentuan size gambar, durasi video, dan jumlah karakter yang diminta oleh Facebook Ads agar hasilnya maksimal. Setelah semuanya lengkap, Anda dapat mempublikasikan iklan dan meneruskan ke tahap pembayaran.

Masih Kesulitan untuk Memahami Semua Fitur dan Cara Kerja Facebook Ads?

Setelah eksplorasi berkali-kali dengan Facebook Ads, namun beragam fiturnya membuat Anda kebingungan untuk menentukan strategi digital marketing yang paling tepat?  Anda tentunya memerlukan rencana yang matang utamanya perihal budgetting agar budget yang Anda keluarkan nantinya tidak berat sebelah dengan objektif yang Anda inginkan untuk campaign iklan Anda di Facebook.

Layanan Digital Marketing Terbaik di Bali Kami Disini untuk Memecahkan Permasalahan yang Menghalangi Anda untuk Go Digital dengan Maksimal.

Jangan sampai, setelah mengeluarkan sekian budget, justru tidak mendatangkan ROI yang menjanjikan dan malah boncos. Jangan khawatir, delegasikan beban Anda dengan kami yuk. Sun Media sudah membantu banyak sekali mitra bisnis kami untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan mendorong perkembangan bisnis mereka menjadi lebih maju dengan service digital marketing terbaik di Bali. Mulai dari merancang strategi campaign, konten iklan, hingga menyusun adset yang tepat, kami siap menjadi partner bisnis Anda. Kontak kami sekarang untuk konsultasi pertama dengan Sun Media Digital Marketing terbaik di Bali melalui +628113862388.