blog

Ikuti Cara Ini Agar Sukses Jualan Ala Selebgram

Saat ini, social media menjadi strategi pemasaran yang populer di Indonesia. Beragam cara dilakukan para pelaku usaha untuk menghasilkan penjualan dari strategi social media marketing. Satu di antaranya melalui teknik influencer marketing.

Influencer adalah seseorang yang memiliki jumlah pengikut (follower) yang banyak dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap para pengikutnya. Biasanya influencer berasal dari kalangan selebriti, artis, atau tokoh masyarakat. Namun, di era digital ini, seorang influencer bisa berasal dari mana saja. Bahkan dari orang yang mungkin tidak terkenal di layar kaca.

Selebritis Instagram (Selebgram) adalah contoh influencer yang paling banyak peminatnya. Para Selebgram biasanya memiliki banyak follower aktif di sejumlah social media. Bagaimana seseorang bisa disebut Selebgram?

Menurut CEO Sociabuzz, Rade Tampubolon seperti yang dikutip dari berita Kompas, kriteria seseorang yang bisa disebut sebagai Selebgram adalah yang memiliki lebih dari 20 ribu followers. Mereka biasanya menyediakan jasa promosi melalui akun sosmed. Tarifnya pun beragam, mulai dari puluhan ribu sampai ratusan juta rupiah.

Di Indonesia sendiri banyak Selebgram terkenal yang berpenghasilan besar. Profesi ini cukup menjanjikan dan tidak terikat kontrak kerja yang ketat. Penghasilan seorang Selebgram biasanya berasal dari endorsement sebuah produk.

Ria Ricis misalnya, perempuan berhijab ini masuk dalam jajaran Selebgram terkaya di Indonesia, seperti yang dilansir dari Cermati.com, Ria Ricis mendapatkan penghasilan dari endorsement dan promosi produk. Biaya yang harus anda keluarkan untuk menyewa jasa nya berkisar antara Rp. 4 sampai Rp. 7 juta per sekali posting. Ria Ricis memiliki 14 juta follower Instagram, dan 11 juta Subscriber di kanal Youtube nya.

Ada pula Karin Novilda atau yang biasa dikenal sebagai Awkarin. Selebgram yang pernah berduet dengan rapper Young Lex ini memiliki 4,5 juta followers. Sampai saat ini Awkarin masuk dalam jajaran Selebgram terpopuler di Indonesia. Penghasilan Awkarin dari jasa endorsement bisa mencapai Rp. 70 juta perbulan.

Menggunakan jasa mereka tentunya dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif bagi sebuah bidang usaha. Perlu anda ketahui, target pasar Selebgram cukup luas, karena Instagram memiliki pengguna aktif sebesar 22 juta di Indonesia. Dan tentunya lebih banyak lagi di seluruh dunia.

Cara Menjadi Selebgram

Jika anda sudah memiliki akun Instagram dan berniat menjadi Selebgram, yang pertama harus anda lakukan adalah menjaring followers sebanyak banyaknya. Anda bisa mengajak teman-teman, dan saudara anda untuk mengikuti akun anda sekaligus mempromosikannya. Berikut adalah tata cara menjadi Selebgram yang telah kami rangkum untuk anda:

  • Buatlah Bio Yang Berisi Keywords

Keywords atau kata kunci menjadi hal penting dalam bisnis digital. Para pelaku digital marketing terbiasa menggunakan kata kunci populer untuk mendapatkan reputasi di mesin pencarian Google. Menggunakan keywords dapat diartikan sebagai upaya memanipulasi mesin pencarian untuk merekomendasikan anda.

Buatlah bio atau ulasan mengenai produk yang anda tawarkan maksimal 150 karakter. Upayakan membuat orang tertarik dalam ulasan singkat tersebut. Misalnya anda ingin menjadi Selebgram yang mengangkat konten wisata, anda bisa memasukkan kata kunci traveler dalam bio anda. Hal ini akan memperjelas akun anda, sehingga memudahkan para pengguna Instagram untuk menemukan anda.

  • Bermain Tanda Pagar (Hashtag)

Hashtag atau tanda pagar (#) sangat berpengaruh di social media. # akan membantu menaikkan brand awareness dan kampanye produk dalam konten Instagram yang anda kelola. Misalnya anda seorang penggemar kopi, anda bisa membuat hashtag yang unik untuk menarik perhatian audiens, seperti #KopiSenjaKenangan, #IndonesianCoffeeLovers, dan sebagainya. Hashtag tersebut bisa anda cantumkan pada bio dan setiap konten yang anda unggah.

Anda juga bisa menggunakan hashtag yang populer. Gunakanlah aplikasi yang mampu memberikan saran hashtag seperti AllHashtag, dan Preview. Anda juga bisa mencari hashtag populer di laman Explore di Instagram. Carilah tanda pagar yang paling banyak penggunanya.

  • Pelajari Kompetitor Anda

Jika anda ingin sukses menjadi Selebgram, sangat disarankan untuk mempejari kompetitor anda. Amati cara mereka berinteraksi dengan para followers. Perhatikan cara mereka menyajikan konten yang viral, dan jika beruntung anda bisa juga berkolaborasi dengan kompetitor anda. Biasanya, para selebgram memiliki tim profesional yang mengelola akun sosmed mereka. Termasuk tim kreatif, marketing, dan pengelola keuangan. Keberadaan tim ini membuat mereka lebih fokus memikirkan ide dan menyajikan konten yang berkualitas.

  • Sajikan Konten Visual

Selebgram yang terkenal pasti mengutamakan visual yang sedap dipandang. Mereka memahami betul keserasian tema dalam konten yang mereka sajikan. Anda bisa menggunakan aplikasi filtrasi digital yang disediakan Instagram, atau menggunakan aplikasi tambahan semacam Snapseed, VSCO, dan sebagainya untuk memperindah tampilan akun anda.

Jika anda sudah menemukan formula yang tepat untuk merancang keserasian tema, mulailah bermain pada konten yang berkualitas. Ciptakanlah kesan profesional melalui ulasan dalam konten yang anda sajikan. Buatlah ulasan yang menggugah perasaan audiens, seperti cerita foto, informasi menarik, dan deskripsi yang memberi solusi bagi banyak audiens.

Misalnya jika anda mengunggah konten kuliner, ceritakanlah pengalaman anda saat menikmati sajian tersebut. Tambahkan proses pembuatannya, bahan baku yang digunakan, bahkan profil dari rumah makan atau restoran yang anda kunjungi.

Deskripsi dan ulasan akan menambah keindahan konten yang anda sajikan. Visual yang sedap dipandang juga akan menggugah selera audiens yang mengikuti akun anda.

  • Rencana Yang Matang

Soal urusan bisnis, rencana yang matang wajib hukumnya. Tentukanlah timeline untuk mengunggah konten di medsos anda lengkap dengan target yang konsisten. Seriuslah mengelola akun anda. Setidaknya anda harus mengunggah 2 sampai 3 konten per hari.  Jika sistem di Instagram menyukai konten anda, secara otomatis konten anda akan muncul di laman explore dan memperbesar peluang anda untuk menarik followers lebih banyak.

  • Promosi Berbayar

Untuk memaksimalkan pencapaian anda sebagai Selebgram, cobalah menginvestasikan iklan menggunakan Instagram Ads. Ubah akun anda menjadi akun bisnis agar leluasa mengatur iklan yang anda sajikan.  Sebaiknya jangan menggunakan mode private pada profil anda. Karena tujuan Selebgram adalah menjangkau banyak audiens.

Anda juga dituntut lihai dalam mengelola followers dan following. Maksudnya, jangan mengikuti orang secara acak. Tentukanlah akun yang akan anda ikuti, misalnya kompetitor, idola anda, dan akun-akun yang menunjang bisnis anda.

Sangat tidak disarankan untuk membeli followers atau menggunakan jasa penambah followers. Pengguna Instagram mungkin akan mengira anda menggunakan fake account karena terlihat tidak natural. Mereka bisa saja melaporkan dan memblokir akun anda. Sebagian besar jasa penambah followers tidak menyediakan pengikut asli, melainkan hanya bot yang telah diatur sedemikian rupa untuk menyukai atau mengkomentari setiap konten yang anda unggah.

  • Gunakan Creative Agency

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, para selebritis medsos pasti memiliki tim kreatif. Membentuk tim sendiri memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, sebagai solusinya anda bisa mengajak creative agency bekerjasama. Anda bisa menyewa jasa digital marketing untuk mengelola akun medsos. Jasa digital marketing biasanya memiliki tim kreatif yang mampu menyajikan konten yang menarik, juga mempromosikan produk yang anda jual.

Para digital marketer juga akan membantu menentukan target audiens dan menjangkau lebih banyak pembeli potensial untuk anda. Anda mungkin akan mengeluarkan sejumlah dana untuk menyewa jasa mereka. Namun, anda bisa memilih jasa creative agency yang berfokus pada return of investment (ROI). Sehingga biaya yang anda keluarkan untuk menyewa jasa mereka akan terbalas lewat keuntungan yang berkalilipat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *