blog, Marketing, SEO

Content Marketing Untuk Bisnis di Era Digital

Kebutuhan akan konten semakin meningkat dalam dunia digital marketing. Banyak orang bahkan mulai berpikir, “mengapa konten menjadi begitu penting dan dibutuhkan akhir-akhir ini?” Hingga pertanyaan seperti, ”konten seperti apa yang harus kita buat untuk meningkatkan pemasaran?” Pemasaran dengan strategi konten tentunya dapat meningkatkan penjualan anda jika memang diaplikasikan secara benar.

Mengenal content marketing

Menurut Content Marketing Institute, content marketing merupakan pendekatan marketing strategis yang meliputi pembuatan dan penyebaran konten atau pesan dengan isi yang penting, relevan, dan konsisten dengan bisnis yang ditekuni. Kegiatan content marketing dibuat dengan tujuan untuk menarik lebih banyak target audiens yang jelas. Hal ini diharapkan dapat mengubah audiens tersebut menjadi calon konsumen yang menguntungkan di masa depan.

Mengapa kita memerlukan content marketing?

Meski masih terdengar awam untuk sebagian orang, efektivitas content marketing dibandingkan conventional marketing telah terjamin keberhasilannnya. Marketer terkenal Niko Julius pun mengungkap konten di era ini sangat menentukan keberhasilan bisnis kita baik untuk para microblogger, selebgram, dll. Studi yang dimuat dalam demandmetric.com mengungkap bahwa 78 persen Global Marketing Officer atau CMO menilai konten sebagai masa depan metode pemasaran. Banyak perusahaan besar juga telah mengadopsi teknik ini dalam melakukan kegiatan marketing mereka diantaranya termasuk P&G, Buffer, Microsoft, Rip Curl, dan John Deere.

Ketika ruang lingkup pemasaran dan branding meluas secara global, content marketing menjadi sebuah investasi yang relevansinya masih diperhitungkan untuk jangka panjang. Dibandingkan dengan iklan biasa, content marketing dapat mencapai lebih banyak audiens, prosesnya pun terbilang lebih cepat dan mudah, dan dapat memberikan hasil yang real-time.  Hal ini dapat menjadi suatu pertimbangan bagi anda untuk memulai content marketing.

Selain itu, seiring dengan konten yang bernilai dan relevan ini dapat membantu memecahkan permasalahan target audiensnya melalui konten relevan yang disebarluaskan, hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan brand awareness dan kepercayaan mereka terhadap bisnis anda. Seperti ketika kita mempublikasikan konten edukasi melalui Instagram.  Orang-orang dapat saling membagikan postingan tersebut kepada rekan-rekannya dan efeknya akan berujung terhadap mereka mengenal brand tersebut dan alhasil meningkatkan trafik Instagram kita.

Konten seperti apa yang cocok dan bagus untuk content marketing?

Dalam dunia digital marketing, konten juga dapat menentukan peringkat bisnis kita di Google. Konten yang baik haruslah relevan, orisinal, positif, dan memiliki opsi call to action. Maka dari itu, content marketing dalam pembuatannya memerlukan strategi dan tidak sembarangan konten yang dapat kita unggah.

Relevan dalam artian ketika konten tersebut dipastikan memiliki keterkaitan dengan website ataupun bisnis. Selain itu, konten yang baik adalah konten yang orisinil bukan karya yang menjiplak. Jika menggunakan referensi, baiknya dicantumkan dalam bentuk external link. Konten juga harus memiliki nilai penting serta positif sehingga berkualitas bagi para pengunjung dan juga menyampaikan informasi penting yang sering dicari oleh para pembeli. Call to action atau CTA juga penting dicantumkan dalam sebuah konten bisnis. CTA merupakan pernyataan yang dirancang sedemikian persuasif untuk mendapat respons langsung dari pengguna website atau pengunjung platform konten kita. CTA memberikan urgensi kuat kepada audiens untuk segera melakukan aksi. Bentuk pernyataan seperti ‘Read More’ dan ‘Beli Sekarang’ termasuk dalam call to action. Terakhir, untuk melihat hasil konversi dari content marketing, kita harus konsisten untuk memproduksi konten. Sebaiknya, konten-konten dipublikasikan secara berjadwal dan tentunya dengan tetap mempertahankan kualitas konten tersebut.

Layanan Digital Marketing Agency

Jika sulit bagi anda untuk memikirkan bagaimana untuk membuat konten untuk website anda yang memenuhi standar SEO yang baik, percayakan kebutuhan anda pada jasa digital marketing agency. Sebuah solusi yang tepat di era digital mengingat kebutuhan konten kreatif merupakan salah satu hal utama dalam pemasaran produk anda.

Berbasis pada Return of Investment, Sun Media Digital Agency membantu anda dalam memberikan analisa terbaik untuk perkembangan bisnis anda yang telah disesuaikan dengan strategi digital marketing terkini. Kami membantu memaksimalkan aset bisnis anda dengan layanan-layanan kami meliputi: web development & maintenance, iklan google ads, Iklan social media, search engine optimization, dll. Tenaga profesional di digital agency kami berdedikasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk anda. Tertarik untuk bekerja sama dengan kami? Hubungi kami melalui +628113862388 / +623614749987, atau jangan ragu mengirimkan kami kendala anda melalui [email protected].