Bagaimana Sun Media Digital Marketing Agency Membantu Bisnis Profit di Kala Pandemi - Sun Media Layanan SEO Terbaik di Bali - Social Media Management Bali - Best SEO Services in Bali
branding, Marketing

Digital Marketing Membantu Bisnis Profit di Kala Pandemi

Sejak kembali diberlakunya PPKM darurat di bulan Juli 2021, masyarakat kembali dirundung kepanikan terhadap bencana dasyat Covid-19 yang melanda seluruh penjuru dunia. Trauma yang pandemi ini berikan ke masyarakat menyangkut kemunduran ekstrim berbagai sektor bisnis. Selain itu  jam operasional dan jumlah pengunjung juga diperketat untuk usaha skala kecil, menegah, dan atas. Banyak yang harus menutup gerai mereka karena sepi dan menurunnya daya beli masyarakat. Disinilah peran digital marketing mengambil alih bisnis konvensional. Apa saja hal tersebut? Simak selanjutnya di bawah ini.

Semua Kini Bisa Membangun dan Mengembangkan Brandnya dengan Digital Marketing

Bisnis yang berkembang dari mulut-ke-mulut secara langsung telah bertransformasi menjadi rekomendasi dan review pelanggan, postingan yang dibagikan melalui sponsored post maupun orang yang mungkin tidak Anda kenal sebelumnya dari media sosial. Trend digital marketing yang terbentuk di era 2000-an, sejak tahun 2020 semakin gencar karena didorong pandemi Covid-19. Para pebisnis semakin sadar akan kemungkinan pengembangan bisnis mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan mengandalkan kecanggihan media komunikasi dan internet. Berkat digital marketing, pebisnis dapat melewatkan sekian proses yang merepotkan untuk mempromosikan citra brand mereka. Semua itu tergantikan dengan shortcut yang lebih praktis dan lebih hemat biaya.

Semakin Mudah untuk Lebih Dekat dengan Customer

Sangat mudah bagi pelanggan setia maupun calon pelanggan mengetahui update produk atau jasa suatu brand dengan peranan media sosial. Begitu juga sebaliknya, bisnis jasa maupun produk juga diuntungkan dengan memiliki jejak digital di platform sosial mereka untuk dapat semakin dekat dengan repeater maupun pembeli yang prospek. Apalagi dengan keadaan yang memaksa kita harus di rumah saja, media sosial menjadi wadah hiburan setiap individu saat mengisi waktu senggang sehingga kesempatan untuk berniaga secara digital menjadi terbuka lebar.

Fokus bagi bisnis jasa maupun produk saat ini juga tidak serta merta hard selling, namun dengan pendekatan soft selling untuk mendapatkan trust calon pembeli melalui konten edukatif, entertaining, sekaligus persuasif.  Marketer kekinian mengenal karakteristik calon pembeli di jaman sekarang. Mereka tahu bahwa sebagian besar target pembeli menghabiskan waktu di sosial media dan berbelanja praktis dengan platform e-commerce. Sebelum berbelanja, pembeli kekinian juga giat menelusuri penjual.

Lihat bagaimana cara mengubah traffic menjadi hot lead dengan strategi digital marketing melalui laman di bawah.

RELATED: 7 Tips Digital Marketing untuk Memburu Leads Potensial

Tidak terhalang harus mem-follow brand tersebut, suatu bisnis juga dapat aktif menebarkan sponsored posts untuk menggaet lebih banyak traffic dan leads ke platform sosial mereka. Berkat kecanggihan berbagai media sosial, iklan pun dapat menyasar lebih tepat karena teknologi media sosial telah mempelajari personalisasi para pendaftar akun termasuk apa ketertarikan dan hobi mereka. Tak khayal saat kita men-scroll layar, kerap akan ditemukan sponsor di media sosial kita. Elemen kejutannya adalah kebanyakan yang kita lihat adalah apa yang kita kerap cari dan butuhkan apalagi jika copynya benar-benar fresh dan inviting, benar bukan?

Terciptanya Lapangan Pekerjaan Terkait Digital Marketing

Melihat efektivitas digital marketing yang mampu mencapai skala global, saat ini profesi marketing konvensional juga banyak yang beralih bidang dengan bermunculannya agensi-agensi digital marketing maupun freelancer. Mengikuti kebutuhan akan media sosial bisnis dengan konten berwarna dan copy yang interaktif lengkap dengan design yang ciamik membuat permintaan terhadap tenaga content creator, influencer, digital marketer, graphic designer, SEO specialist, dan tim kreatif juga meningkat. Orang-orang juga semakin termotivasi untuk menciptakan peruntungannya sendiri untuk berbisnis dan meraih sukses di usia muda. Hal ini karena pebisnis di era sekarang tidak perlu lagi untuk bersusah payah menjajakan produk dan jasanya ke jalan-jalan, membuat banner, menyewa toko dan gudang, menemukan supplier karena semua bisa dilakukan dengan media komunikasi smartphone dan internet. Mereka dapat mengandalkan strategi digital marketing, membuat website resmi mereka, dan be their own CEO.

Promosi Lebih Gencar dengan Biaya Terjangkau

Promosi yang gila-gilaan dengan media cetak bukan hanya mahal dan menyita waktu, terkadang kita tidak mengetahui seberapa besar efektivitasnya.Tidak terlihat pula berapa orang yang benar-benar tertarik dengan media iklan yang kita buat. Tidak ada alat ukur pastinya selain melihat sendiri penambahan jumlah pembeli yang menghubungi dan datang ke gerai Anda. Yang disayangkan adalah ketika kita telah menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk membuat suatu iklan cetak lalu terjadi kesalahan pada isi iklan yang terancam misleading. Bisa-bisa Anda rugi besar karena Anda harus mengulang proses pencetakan. Iklan pun menjadi tidak tepat target penayangannya.

Berbeda dengan iklan yang mengaplikasikan strategi marketing konvensional. Dengan digital marketing, Anda dapat melihat respons calon pembeli dari jumlah like, share, dan komentar secara real time. Selain itu, Anda dapat menjangkau area yang lebih luas. Poin terpentingnya adalah tidak ada batas maksimal budget yang dapat Anda investasikan untuk iklan digital marketing. Anggaran iklan sepenuhnya ada di tangan Anda. Selain itu, untuk kontennya pun dapat memuat informasi lebih banyak dengan desain post yang lebih berwarna tanpa memikirkan tambahan biaya cetak. Tampilannya juga mudah disesuaikan untuk pengguna desktop, ipad, maupun mobile. Jika terjadi kesalahan pun dapat dengan mudah dibenahi tanpa harus mengulangi proses cetak dari awal.

BERGERAK MAJU SELAMA PANDEMI

Kami mengerti kesusahan yang dialami banyak pebisnis dalam situasi Covid-19. Sebagai suatu digital marketing agency di Bali yang telah menjumpai banyak UMKM hingga bisnis bertaraf dunia, semuanya mengalami nasib serupa. Kita semua tengah bangkit kembali untuk berjuang melawan arus pandemi. Kami mendengarkan banyak cerita dari klien kami yang mengalami kemunduran karena pandemi. Mereka berharap layanan digital marketing kami dapat menawarkan solusi dengan ROI (Return of Investment) yang notabene goal kami.

Sun Media adalah Digital Marketing Agency di Bali dengan layanan meliputi penerapan strategi digital marketing terkini melalui social media ads untuk kemajuan brand Anda, Google ads, social media management, Telkomsel advertising, pembuatan website, layanan SEO, pembuatan video animasi hingga konsultasi bisnis. Tertarik dengan layanan kami? Hubungi segera melalui +628113862388 atau kirimkan email Anda di [email protected]