Bisnis Dari Rumah
Marketing

Di Rumah Saja, Ini 9 Ide Bisnis Dari Rumah Yang Menghasilkan Jutaan Rupiah

Saat ini, mengembangkan bisnis dari rumah menjadi salah satu pilihan yang patut untuk dicoba. Bisnis dari rumah juga menjadi solusi yang tepat di tengah wabah virus Corona (COVID-19) yang tengah melanda dunia. Lagi pula banyak ide bisnis dari rumah yang berpotensi besar mendatangkan keuntungan.

Membangun bisnis dari rumah tidak lah sesulit yang Anda bayangkan. Asalkan Anda memiliki skill yang mumpuni, ditunjang dengan sedikit strategi promosi, Anda bisa menjalankan bisnis dari rumah dengan penghasilan jutaan rupiah.

Sebelum lebih jauh, mari kita bahas tentang beberapa bisnis yang cenderung bertahan di tengah pandemic COVID-19 sebagai berikut:

Bisnis Yang Mengalami Peningkatan Penjualan di Tengah COVID-19

bisnis dari rumah

K12

K12 merupakan perusahaan yang fokus menyediakan layanan pendidikan berbasis online untuk anak-anak. Saham perusahaan ini melonjak sebesar 19 persen.

Zoom Video

Penyedia layanan konferensi video ini mengalami peningkatan pengguna mencapai 67 persen per hari (data Apptopia). Zoom Video menjadi aplikasi konferensi video yang banyak digunakan oleh perusahaan. Kebijakan work from home (WFH) atau kerja dari rumah, turut menyebabkan peningkatan penggunaan aplikasi ini.

Selain perusahaan, Zoom Video juga digunakan sebagai media belajar mengajar. Sebagian besar sekolah telah diliburkan karena pandemi Corona, sebagai gantinya, siswa diminta untuk sekolah dari rumah. Zoom Video menjadi salah satu sarana yang digunakan sebagai media belajar mengajar yang efektif.

Zoom Video juga mulai digunakan oleh kalangan akademisi. Kemudahan komunikasi yang diberikan oleh aplikasi ini, menjadi media komunikasi yang baik selama proses perkuliahan secara online.

Google Hangouts Meet

Platform konferensi video online besutan Google ini juga menjadi salah satu aplikasi yang digemari saat ini. Google Hangout Meet mempu digunakan oleh 250 peserta sekaligus dalam satu kali konferensi. Pengguna fitur streaming ini mencapai 100 ribu pengguna setiap harinya.

Spatial

Perusahaan developer aplikasi augmented reality (AR) ini juga mengalami peningkatan permintaan. Permintaan layanan spatial meningkat sebanyak 400 persen dalam waktu sebulan. Jumlah pengguna nya pun naik 50 persen dalam seminggu.

Teladoc

Teladoc merupakan perusahaan medis berbasis teknologi. Teladoc memberikan layanan menghubungkan doker dengan pasien secara online. Saham Taladoc meningkat sebesar 10 persen dalam seminggu, dan akan diperkirakan mencapai 50 persen di tahun ini.

Netflix

Platform streaming film ini mengalami peningkatan pengguna sebanyak 15 persen per hari.

YouTube

Platfrom berbagai video besutan Google ini selalu mengalami peningkatan pengguna. YouTube selalu menempati posisi teratas untuk kategori platform media sosial terpopuler di dunia.

Kira-kira kenapa perusahaan tesebut mengalami peningkatan?

Tentu saja karena perubahan perilaku masyarakat. Pandemic COVID-19 membuat orang cenderung membatasi diri untuk bertemu dengan orang lain. Mereka khawatir tertular virus Corona jika melakukan kontak fisik dengan orang lain.

Namun, kebutuhan dasar manusia sebagai mahluk sosial membuat orang tetap ingin berkomunikasi dengan sesamanya. Seberapa pun jarak yang dianjurkan sebagai social distancing, larangan apa pun yang diberikan agar tidak bersalaman dengan orang lain, masyarakat dunia tetap menjalani aktivitasnya sehari-hari lewat jaringan internet.

Dari data yang ditunjukkan oleh sejumlah perusahaan tadi, dapat diambil kesimpulan bahwa bisnis dari rumah juga menjadi salah satu peluang yang menguntungkan saat ini. Kami telah merangkum beberapa peluang usaha yang bisa Anda jalankan dari rumah, sebagai berikut:

Peluang Usaha Yang Bisa Dijalankan Dari Rumah

Ide Bisnis dari Rumah

Jasa Penulis Konten

Menjual Artikel Untuk Website Bisnis

Harga: Rp. 10 ribu/100 kata sampai Rp. 200 ribu per 2.500 kata.

Semakin hari, kebutuhan akan artikel berkualitas pun semakin meningkat. Hal ini membuktikan bahwa jasa penulis konten menjadi salah satu peluang usaha yang bisa Anda jalankan dari rumah.

Pelanggan jasa ini biasanya berasal dari kalangan perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran online. Selama masih banyak perusahaan yang memiliki website, maka selama itu pula jasa penulis konten akan selalu dibutuhkan.

Usaha penulis konten tidak membutuhkan modal yang besar, berbekal kemampuan menulis yang mumpuni, perangkat komputer atau laptop dan koneksi internet, Anda sudah bisa menjalani usaha ini.

Harga yang ditawarkan untuk menyewa jasa penulis konten pun tidak murah. Untuk penulis yang memiliki level profesional, umumnya menetapkan tarif berdasarkan jumlah kata atau kalimat. Misalnya, Rp. 10 ribu per 100 kata, atau Rp. 200.000 per 2500 kata.

Jika Anda sanggup dan mampu membuat artikel dalam jumlah besar, misalnya 100 artikel sebulan, maka potensi penghasilkan Anda mencapai Rp. 20 juta per bulannya. Wow, angka yang cukup menggiurkan untuk usaha dari rumah.

Anda juga bisa membuat beberapa produk sekaligus. Misalnya jasa pembuatan artikel biasa dan jasa copywriting. Copywriting atau tulisan yang menjual biasanya lebih mahal dari harga artikel biasa. Anda bisa menetapkan tarif sekitar Rp. 300 ribu untuk sebuah tulisan copywriting.

Jasa Pembuatan Naskah Vlog

Bantu Para Vlogger Membuat Naskah Berkualitas

Harga: Rp. 150 ribu sampai di atas Rp. 1 juta per naskah.

Perkembangan media sosial (medsos) berbasis video berdampak positif pada jasa pembuatan naskah vlog. Vlog atau video blog menjadi salah satu aktivitas sosmed yang sedang diminati saat ini.

Vlogger atau orang yang membuat vlog cenderung aktif di platform berbagi foto dan video seperti Instagram dan Youtube. Terkadang, mereka juga kewalahan menentukan konsep dan story board cerita yang akan diangkat dalam vlog.

Maka tak heran jika para vlogger terbiasa menyewa jasa pembuat naskah vlog untuk membantu menuliskan naskah yang sesuai untuk konten mereka. Anda bisa menjual jasa naskah vlog dengan rentang harga yang disesuikan dengan jumlah kata maupun tingkat kesulitan tema nya.

Umumnya, satu naskah vlog dihargai antara Rp. 150 ribu sampai jutaan rupiah, tergantung tingkat kesulitan dan kualitas vlog yang disajikan. Lumayan kan.

Affiliate Marketing

Mengais Rupiah Dari Internet

Harga: tergantung kesepakatan

Jika blogger mendapatkan penghasilan dari Paid Per Click (PPC), maka affiliate marketing mendapatkan penghasilan dari menjual slot iklan pada website. Affiliate marketing serupa dengan jasa endorsement yang dijual dengan sistem paid promote.

Namun, menjalankan affiliate marketing tidak lah semudah itu. Syarat utama yang harus Anda miliki sebelum menjalankan bisnis ini adalah memiliki website dengan traffic yang tinggi. Semakin banyak visitor website Anda, maka semakin mahal pula iklan yang dipasang pada website Anda.

Tarif yang diberikan pengiklan pun tergantung dari kesepakatan sebelumnya. Satu slot iklan atau artikel yang mengulas produk biasaya dihargai Rp. 500 ribu sampai Rp. 5 juta per sekali tayang. Cara ini serupa dengan memasang iklan di koran. Bedanya, iklan yang dipasang dipromosikan melalui website.

Dropship

Memasarkan Produk Supplier

Harga: 15 persen dari harga jual.

Dropshiper terkesa mirip dengan bisnis reseller. Beda nya dropshiper hanya menawarkan barang dari supplier ke konsumen. Setelah mendapatkan orderan, supplier lah yang akan mengirimkan barang ke alamat yang dituju.

Dropshiper akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang disepakati sebelumnya dengan supplier. Saat ini banyak supplier yang membutuhkan jasa dropship sebagai perpanjangan tangannya.

Maka dari itu, menjadi dropshiper menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa Anda jalankan dari rumah. Anda bahkan bisa menjadi dropshiper untuk lebih dari satu supplier. Semakin banyak produk yang Anda pasarkan, maka semakin banyak pula keuntungan yang akan anda hasilkan.

Reseller

Ide Bisnis Dari Rumah

Menjual Kembali Produk Orang Lain

Harga: 10 sampai 30 persen dari harga jual

Reseller merupakan salah satu peluang usaha yang bisa Anda jalankan dari rumah. Reseller ibarat pedagang retail yang harus membeli barang dari produsen sebelum menjualnya kembali. Reseller biasanya mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari harga konsumen kebanyakan. Maka dari itu, produsen biasanya memberikan syarat berupa kuota pembelian untuk para resellernya.

Reseller juga bisa merekrut orang untuk mejadi dropshiper. Banyak reseller yang sukses menghasilkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah hanya dari menjual produk dari orang lain.

Jualan Online

online shoping

Membuka Toko Online

Harga: Sesuai Yang Anda Inginkan

Salah satu bisnis dari rumah yang bisa dijalankan dengan modal kecil adalah membuka toko online. Apa pun bisa Anda jual secara online. Terlebih, saat ini konsumen cenderung melakukan riset terhadap produk barang dan jasa melalui pencarian Google sebelum memutuskan membeli.

Jika dikelola secara benar, membuka toko online sangat lah menguntungkan. Sangat disarankan untuk membuat toko online sendiri dengan website dari pada bergabung di marketplace populer. Di Marketplace, Anda bisa menemukan ratusan produk yang serupa dengan bisnis Anda, sehingga tingkat persaingannya pun relatif tinggi.

Anda juga bisa mempromosikan produk Anda lewat platform sosmed seperti Facebook dan Instagram. Namun ingat, sosmed hanya lah etalase. Sedangkan pusat bisnisnya adalah website toko online.

Jasa Desain Grafis

Menjual Desain Logo dan Ilustrasi Profesional

Harga: Rp. 100,000 sampai di atas Rp, 10 juta.

Bagi Anda yang punya skill di bidang desain, manfaatkan kemampuan Anda untuk menghasilkan uang dari rumah. Saat ini banyak penyedia jasa desain grafis profesional yang bisa Anda temui di berbagai platform freelancer.

Anda bisa mulai menjual jasa desain grafis di berbagai platrform marketplace khusus desain. Jangan lupa untuk melakukan branding terhadap produk Anda melalui platform profesional seperti LinkedIn.

Grafic designer profesional biasanya dibayar cukup mahal. Ilustrasi atau logo yang mereka rancang dihargai mulai Rp. 100 ribu sampai puluha juta rupiah. Anda bisa memasarkan jasa Anda di Sribulancer, 99Design, Fiverr maupun Shutterstock.

Jasa Pembuatan Website

Merancang Website Profesional

Harga: Rp. 1.500.000 sampai puluhan juta.

Permintaan website semakin meningkat beberapa tahun belakangan. Hal ini dipengaruhi oleh semakin banyaknya pelaku usaha yang mengalihkan bisnis nya ke ranah digital. Jika Anda memiliki kemampuan membuat website, menyediakan jasa web design menjadi peluang bisnis yang bisa Anda jalankan dari rumah.

Jumlah pengguna internet yang semakin meningkat, juga turut meningkatkan minat pengusaha untuk menyajikan produknya melalui website. Tak hanya perusahaan besar, usaha kecil sekelas UMKM pun sudah banyak yang memiliki website.

Jika dikelola secara profesional, website dapat mendatangkan keuntungan yang maksimal. Karena berbasis digital, website memiliki jangkauan yang sangat luas. Maka tak heran jika ada produk UMKM lokal yang sangat terkenal di luar negeri karena mudah ditemukan melalui penelusuran online.

Youtuber

Menjual Konten Lewat Video Menarik

Harga: Sesuai Engagement Rate, Jumlah Subsciber dan Viewers

Menjadi seorang YouTuber merupakan salah satu peluang usaha yang sangat diminati beberapa tahun belakangan. Anda bisa menjadi YouTuber sukses hanya dari rumah, sebut saja Dedy Corbuzier yang memiliki channel podcast YouTube. Dedy menjalankan usahanya itu hanya dari studio yang dibangunnya di rumah.

Baca Juga: 8 Tips Jadi Youtuber Pemula

Belakangan ini juga muncul vloger game yang mengulas seputar dunia game melalui YouTube. Konten mereka sangat diminati audiens, hal ini terlihat dari subscriber mereka yang mencapai ratusan ribu hingga jutaan.

Konsultan dan Admin Sosmed

Admin Sosmed

Hasilkan Uang Dari Mengelola Akun Sosmed

Harga: Rp. 1 juta sampai puluhan juta per bulan.

Social media saat ini telah menjelma menjadi mesin penghasil uang. Instagram misalnya, platform berbagi foto dan video ini kerap dijadikan media pemasaran yang efektif mendatangkan penjualan. Namun, memasarkan produk lewat akun sosmed tak semudah yang difikirkan.

Diperlukan keahlian khusus untuk menganalisa setiap aktivitas dan konten yang diunggah agar sesuai dengan kesukaan audiens. Bagi Anda yang berpengalaman di bidang pemasaran sosmed, Anda bisa menjadikan keahlian tesebut sebagai usaha yang dijalankan dari rumah.

Baca Juga: 6 Tips Laris Manis Jualan di Instagram

Minimal Anda bisa menyediakan jasa admin sosmed kepada para pelaku usaha. Menjadi admin sosmed tak semudah yang difikirkan banyak orang. Admin sangat berpengaruh pada tingkat engagement rate akun sosmed, yang nantinya berdampak pada brand awareness produk yang dipasarkan.

Kesimpulan

Itu lah beberapa ide usaha yang bisa Anda jalankan dari rumah. Membangun bisnis dari rumah memang tidak memerlukan modal yang cukup besar, Anda bahkan bisa menjalankan bisnis tanpa modal dari rumah.

Bekerja dari rumah telah menjadi tren yang semakin berkembang. Terlebih saat terjadi wabah COVID-19 seperti sekarang, bisnis dari rumah merupakan pilihan yang berpotensi menghasillkan keuntungan. Berikut merupakan beberapa pertimbangan kenapa bisnis dari rumah menguntungkan:

  • Konsumen enggan melakukan kontak fisik: Saat ini bertemu dengan orang lain, mengobrol sambil bercanda di café atau kedai kopi, mungkin bukanlah ide yang baik. Konsumen Anda cenderung mencari produk yang memungkinkan mereka untuk tidak melakukan kontak fisik saat mendapatkannya.
  • Konsumen cenderung meriset produk: Salah satu kenyataan yang harus Anda terima adalah, saat ini sebagian besar konsumen akan melakukan riset terhadap produk yang ingin mereka beli. Bagaimana cara mereka meriset produk? Tak lain dan tak bukan adalah melalui pencarian online. Lewat Google misalnya, konsumen Anda akan melakukan riset terhadap sebuah produk di pencarian Google sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.
  • Konsumen cenderung melakukan pembelian online: Jadi, jika produk Anda mudah ditemukan di internet, kemungkinan besar produk Anda ditemukan oleh konsumen potensial Anda. Ingat, kompetitor Anda mungkin sudah ditemukan oleh konsumen potensial yang seharusnya menjadi konsumen Anda.
  • Konsumen melakukan aktivitas secara online: Dengan berbagai kebijakan demi mencegah penyebaran COVID-19, banyak orang yang memilih berdiam di rumah, belajar dari rumah, bekerja dari rumah. Nah, tingginya aktivitas di rumah ini membuat mereka mendapatkan kesempatan mengakses internet lebih banyak. Mereka akan lebih sering membaca blog, mengunjungi website, menonton YouTube, dan segala sesuatunya dilakukan secara online. Itu lah mengapa produk yang dijual online cenderung mendapatkan perhatian lebih dari konsumen.
  • Konsumen memilih produk yang bisa diantar: Mereka bisa saja menemukan produk tersebut di dekat tempat tinggal mereka. Namun, apa yang terjadi? Mereka memilih membayar lebih dibandingkan berjalan ke luar rumah hanya untuk mendapatkan sebuah produk.

Related Posts