Instagram Marketing Tips - Sun Media - Jasa Digital Marketing Bali - Jasa SEO Bali
Marketing, Social Media

Jualan di Instagram Laris Manis Modal Niat dan Usaha

Sejak tahun 2010 hingga sekarang, Instagram memiliki 1 miliar pengguna aktif perbulannya  dan masih banyak para pelaku bisnis mengabaikan kecanggihan jualan di Instagram dalam hal pemasaran dan meningkatkan penjualan.  Platform sosial ini memiliki pengaruh yang besar terhadap branding awareness lho apalagi untuk UMKM. Bagaimana bisa?

Instagram memberikan efek halo yang positif pada perspektif seseorang untuk menilai suatu produk atau jasa. Facebook IQ melakukan riset terkait efek halo ini terhadap pengguna regular Instagram. Riset tersebut menemukan bahwa efek halo pada brand-brand di Instagram membuat 87% orang-orang melakukan aksi entah mengunjungi website yang bersangkutan atau bahkan melakukan pembelian.

Hanya dengan berada di Instagram, suatu brand berhasil meningkatkan perspektif positif audiens. Berdasarkan survei yang dilakukan, mereka menganggap brand yang memiliki jejak digital di Instagram populer, kreatif, menghibur, dan relevan.

Sejatinya, hampir semua platform sosial dapat kita manfaatkan untuk melakukan kegiatan pemasaran. Namun, masih banyak khalayak yang belum mengetahui cara untuk memaksimalkan fitur yang telah tersedia. Kali ini, kami merangkum beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memulai perjalanan bisnis dan mengenalkan produk Anda melalui media sosial untuk jualan di Instagram.

1. Akun Bisnis Instagram

Segera luncurkan brand dengan menyiapkan akun profesional Anda untuk memulai jualan di Instagram.  Perbedaan akun bisnis dan personal sangat kentara jika diamati dari tampilan profil akun Anda. Akun bisnis memiliki fitur untuk dapat menambahkan informasi terkait bisnis Anda.  Beberapa informasi seperti menyertakan tombol kontak dan kategori pada profil Anda maupun memberikan tombol aksi akan memudahkan calon pelanggan untuk terhubung dengan Anda.

2. Fitur Gratisan Instagram untuk Memaksimalkan Strategi Pemasaran

Awasi metrik akun bisnis Anda seperti tingkat pertumbuhan pengikut dan engagement melalui analytic tool insight. Tak kalah menunjang performa pemasaran Anda, fitur ini  memberikan statistik demografi audiens Anda, impressions dan reach pada setiap postingan serta mengungkap juga waktu terpadat pengikut akun bisnis Anda. Dengan demikian akan memberikan pemahaman mengenai audiens dan preferensi konten yang mereka sukai dan waktu yang tepat untuk memposting konten sesuai dengan jam terpadat tersebut. Ada pula fitur auto-replay, filter inbox, live untuk melakukan siaran langsung, dll. Ketahui fitur Instagram lainnya melalui klik Manfaatkan 6 Fitur Instagram Ini disini

3. Siapkan Produk Teaser dan Konten Berkualitas

Jangan ragu untuk mulai memposting beberapa konten yang menggoda (teaser product) untuk membangkitkan antusiasme para audiens Anda. Gunakan foto yang berkualitas dan usahakan agar konten tersebut tidak terkesan memaksa mereka untuk melakukan pembelian. Gunakan bahasa yang soft-selling dan jangan terlalu memborbadir feed Anda dengan terlalu mendominasi memposting konten.

Perhatikan waktu terpadat pengikut Anda, jadwalkan dan gunakan waktu yang konsisten. Jika Anda ingin melakukan promo untuk membuat branding awareness terhadap mereka, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk bersinar. Konten seperti apa yang dapat meningkatkan pemasaran Anda saat jualan di Instagram, ketahui lebih lanjut disini.

4. Sponsored Ads

Untuk mendapatkan reach yang lebih luas, Anda bisa melakukan kegiatan pemasaran melalui sponsored ads. Metode ini membuat produk Anda tidak hanya dikenali pengikut Anda, melainkan dapat mencapai audiens dengan jumlah dan demografi yang telah Anda targetkan. Hal yang menarik dari sponsored ads instagram adalah Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Dengan iklan Instagram, tampilkan produk terlaris Anda baik dengan postingan single image, caraousel, video,ataupun stories.

5. Stories untuk BTS

Bagi pemilik akun Bisnis, fitur stories sangat efektif selain untuk membagikan postingan Anda juga sebagai media untuk meningkatkan engagement. Anda dapat memainkan fitur ini dengan membuat kreasi seperti ask a question atau sesi polling. Selain itu, stories dapat Anda manfaatkan untuk memperlihatkan Behind the Scene dari peluncuran produk atau jasa Anda.

 6. Influencer untuk Audiens Lebih Luas

Jika Anda memiliki teman seorang influencer yang memiliki jumlah pengguna aktif yang banyak, jangan ragu untuk bekerja sama dengan mereka untuk membangun kepercayaan audiens yang lebih long-lasting dengan mengenalkan brand Anda. Influencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dalam proses pengambilan keputusan calon pembeli terhadap produk atau jasa yang digandeng mereka. Mereka dapat berasal dari kalangam selebgram, youtuber, maupun public figure. Kenali tipe-tipe influencer dengan membaca pembahasannya melalui Macam-Macam Influencer.

Mempercayakan produk, jasa, atau kampanye yang sedang Anda giatkan dengan promosi seorang influencer menjadi strategi yang menjadi trend dan diminati saat ini. Strategi ini juga dijalankan   Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Wishnutama Kasubandio untuk menarik minat wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke destinasi wisata di Indonesia. (Baca selengkapnya – Influencer Marketing Jadi Strategi Pemasaran Kemenparekraf Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Bali – Sun Media)

7. Kumpulkan Foto Produk Anda yang Diposting Pelanggan

Dengan memberikan apresiasi terhadap pelanggan Anda yang merekomendasikan dan memberikan ulasan bagus terhadap produk Anda, dapat menjadikan konten yang bagus untuk dibagikan ke pengikut Anda. Sebagai bagian dari testimonial, Anda bisa mengunggah postingan pelanggan tersebut sebagai featured content di feed Anda. Audiens yang melihat konten tersebut akan memiliki rasa kepercayaan terhadap produk yang bersangkutan dan brand yang memproduksinya. Harapan yang diinginkan tentu saja agar tingkat konversi audiens tersebut menjadi pembeli meningkat. Jika brand Anda telah dikenal, orang-orang tentunya akan berlomba-lomba untuk membuat postingan yang berkualitas untuk Anda. Kapan lagi Anda dapat mendapatkan konten gratis berkualitas dari pelanggan setia Anda?

 8. Ciptakan Interactive Branded Hashtag

Hashtag atau tagar dengan simbol # jika diaplikasikan dengan cerdas membantu dalam menggiring lebih banyak pengikut ke akun bisnis Anda. Cara memanfaatkan hashtag dapat Anda simak disini. Namun, untuk membuat hashtag terasa lebih ekslusif dan personalized, seperti sebuah komunitas yang baik antara Anda dan audiens, cobalah bereksperimen dengan menciptakan interactive branded hashtag.

Metode ini telah banyak diadopsi di banyak brand ternama seperti M.Gemi(#madeformonday), Red Bull(#givesyouwings), dan Coca Cola (#shareacoke). Pelanggan setia Anda dapat menggunakan hashtag ini dan ikut berkreasi dengan memposting konten yang relevan dengan produk Anda. Disaat yang sama, melalui tagar ini, Anda dapat memilah konten yang bisa Anda pertimbangkan sebagai featured content.

 9. Fitur Instagram Shopping

Saat ini, Instagram dapat membagikan katalog produk Anda dengan Instagram Shopping. Akan terdapat tambahan tombol view shop di tampilan akun bisnis Anda didalamnya terdapat etalase foto produk, tombol wishlist, deskripsi, harga produk, serta CTA(call-to-action) untuk mengunjungi e-commerce, website atau landing page jika ada untuk memproses pembayaran. Fitur menarik dari Instagram shopping adalah Anda dapat melabel produk pada postingan Anda melalui shopping tag.

Untuk mengaktifkan katalog Instagram Shopping, di pengaturan klik business, dan pilih
set up Instagram Shopping. Anda harus menghubungkan akun Anda dengan halaman Facebook bisnis dan membuat katalog Anda di halaman commerce facebook dan menambah produk yang Anda jual di catalog manager. Jika Anda memiliki e-commerce lainnya setelah proses pembuatan katalog, Anda bisa langsung menghubungkan dengan akun tersebut. Setelah diberi pemberitahuan dari Facebook, Anda dapat mulai menggunakan Instagram Shopping Tag.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menjelajahi fitur-fitur yang bisa bisnis Anda terapkan di Instagram? Dengan memahami fungsi fitur-fitur di Instagram tersebut Anda dapat mengenalkan brand Anda sekaligus mendongkrak penjualan melalui pemasaran yang tepat sasaran dengan jangkauan yang lebih luas. Faktanya,beriklan dengan Instagram juga mampu menjaring lebih banyak konsumen. Simak juga tulisan kami mengenai cara jualan laris melalui Instagram disini.

Untuk mengoptimalisasi penggunaan jasa iklan di Instagram, Sun Media dapat membantu Anda dalam mengatur strategi yang efektif untuk membangun hubungan yang baik antara Anda dan pelanggan. Kami juga menyediakan layanan Social Media Management sehingga Anda tidak perlu repot memikirkan konten dan foto berkualitas.

Atasi permasalahan bisnis Anda segera dan mulai bangun kejayaan Anda bersama Sun Media. Fokus kami hanya pada Return of Investment, hubungi kami segera untuk mendapat strategi terbaik bisnis Anda di +628113862388 / +623614749987, atau jangan ragu mengirimkan kami kendala anda melalui [email protected]

Related Posts