Tips Branding oleh Sun Media Digital Marketing Agency, Jasa SEO terbaik di Bali
blog, branding, Marketing

Mengembangkan Nilai Suatu Brand dengan Digital Marketing

Digital marketing membantu mengenalkan brand bisnis Anda di berbagai platform digital untuk mencapai leads yang lebih maksimal.

Bisnis sayangnya tidak hanya tentang kualitas produk atau layanan Anda. Kenali pentingnya nilai suatu brand yang kuat untuk meraih keuntungan bisnis yang lebih berkelanjutan.

Digital Marketing dan Digital Branding

Mengingat internet mengambil alih persebaran informasi di dunia, banyak sekali kita jumpai vendor-vendor baru menjual produk atau layanan sejenis di media sosial melalui strategi digital marketing di halaman pencarian Google, Instagram, YouTube, Facebook, dll. Dengan segala arus pemasaran yang ramai di media sosial,  tidak semua viewers senang dan menganggap iklan yang muncul relevan dengan kehidupan mereka. Kini, viewers bisa dengan mudah menghentikan dan men-setting pengaturan iklan yang ingin ditampilkan dan bahkan memberikan label terhadap iklan yang sedang tayang tersebut. Dengan persaingan yang keras ini bagaimana bisnis-bisnis ini bisa mendapatkan hot leads?

Baca juga: 7 Tips Digital Marketing untuk Memburu Leads Potensial

Digital branding mengacu pada pembangunan suatu aset digital untuk menciptakan identitas yang kuat sebagai alat bersaing kompetitif dalam scope digital marketing. Branding berfokus pada engagement dan membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan Anda. Sementara, digital marketing digunakan untuk memasarkan produk atau layanan,  mencari dan memperkenalkan produk atau layanan bisnis Anda untuk mendapat leads baru.

Kekuatan Suatu Brand

Membuat suatu brand terkenal dulu bukan suatu hal yang sesimpel memviralkan suatu postingan seperti sekarang. Terdapat proses yang panjang dan yang dikorbankan adalah waktu, tenaga, uang, dan komitmen keras Anda. Di jaman sekarang, susah sekali rasanya untuk membuat keputusan berbelanja tanpa mempertimbangkan identitas brand bisnis tersebut. Bahkan istilah “Membeli brand” menjadi suatu hal yang menyiratkan bahwa suatu produk atau layanan mahal karena brand-nya sudah terkenal. Orang melihat brand sebagai faktor penentu bahwa seiring melejitnya pamor suatu brand maka harganya pun mengikuti. Seolah-olah pelanggan sudah sepenuhnya percaya dengan kualitas produk barang tersebut.

Selain itu, dengan semakin dikenalnya suatu brand yang timbul adalah chained business. Cabang yang merembet di berbagai penjuru dan hebatnya bahkan dengan kehadirannya bisa menggeser toko di sebelahnya yang menjual produk serupa. Bahkan bisnis cabang seperti Indomaret digadang-gadangkan mematikan toko-toko kecil di lingkungannya. Beginilah menakutkannya kekuatan suatu brand.

Baca juga: Tips Digital Marketing Untuk Promosi Brand Yang Lebih Profit

 

Nilai Suatu Brand

Mengukur nilai suatu brand tidak memiliki angka yang pasti. Semisal Anda telah memiliki brand tertentu yang sudah dibangun sejak lama namun kini ingin menjualnya kepada perusahaan lain, berapa harga brand Anda? Dengan menelusuri segala tahapan yang Anda lalui dalam pengembangan brand tersebut mungkin Anda dapat membuat estimasi yang sepadan untuk mengganti harga keseluruhan proses branding Anda. Nilai tersebut termasuk biaya yang Anda keluarkan untuk agensi design, waktu dan tenaga yang dihabiskan untuk digital marketing campaign dan social media strategy, sponsorship, dll.

Strategi Brand-Building yang Perlu Anda Ketahui

Keller dan Lehman (2003) mengenalkan konsep pengembangan brand melalui skema brand value chain. Strategi ini menjelaskan variable yang mempengaruhi proses bagaimana nilai brand terbentuk dan berkembang seiring dengan kegiatan pemasaran. Meski digital marketing belum booming di tahun 2003 namun kerangka ini berguna untuk fondasi branding secara umum.

Marketing Engagement → Customer Perception→Performance → Financial Value

Tahapan pertama marketing engagement meliputi campaign pemasaran sembari secara konsisten membangun citra Anda dengan terus melakukan pendekatan dengan pelanggan yang potensial. Tujuannya adalah menyuarakan identitas brand kepada calon pelanggan produk atau layanan Anda, meyakinkan mereka bahwa kualitas produk atau layanan Anda memberikan solusi yang menjawab kebutuhan Anda.

Tahapan kedua customer perception melihat bagaimana tanggapan dan sikap pelanggan terkait brand Anda apakah reaksi mereka positif atau sebaliknya. Anda akan melihat bagaimana bentuk perspesi pelanggan dengan melihat support mereka terhadap brand Anda baik dengan membeli kembali produk atau menggunakan lagi layanan Anda. Di tahapan ini pelanggan Anda memiliki awareness terhadap identitas brand Anda.

Tahapan ketiga performance mengidentifikasi sudah seberapa efektif brand Anda mempengaruhi jumlah penjualan produk atau layanan Anda. Beberapa hal yang menjadi kunci diantaranya: market share, expansion success, dan cost savings. Performance dikatakan baik ketika market share (total penjualan) Anda telah melampaui total cost bersih dan kotor sehingga memungkinkan Anda memperlebar sayap pasar Anda bahkan tanpa Anda perlu melibatkan banyak biaya untuk marketing. Ini karena brand Anda sendiri telah dikenali khalayak.

Tahapan keempat financial value merupakan gabungan harga yang dihasilkan dari kalkulasi semua faktor yang mempengaruhi perkembangan brand Anda. Sehingga Anda akan mendapatkan nilai sebenarnya dari brand yang Anda miliki.

Kembangkan Brand Anda dengan Digital Marketing Agency Sun Media Bali

Melihat bahwa tahapan pertama dalam pengembangan suatu brand dilakukan dengan marketing engagement, sudah barang tentu ini menjadi langkah yang sangat krusial bahkan bisa jadi penentu kesuksesan tahapan selanjutnya pengembangan brand Anda. Digital Marketing membantu bisnis Anda dikenali oleh pelanggan Anda. Dengan strategi digital branding yang baik, Anda dapat mempertahankan kesetiaan pelanggan untuk setiap produk atau layanan Anda; membuat hubungan pelanggan dan pembeli juga semakin dekat.

Sun Media adalah agensi yang bergerak di bidang digital marketing berpusat di Bali. Sebagai salah satu penyedia layanan digital marketing dan SEO terbaik di Bali, kami siap menjadi partner untuk menyukseskan kegiatan branding Anda di era digital yang semakin kompetitif. Hubungi kami melalui +628113862388 atau kirimkan email Anda di [email protected].

Related Posts