Ini lah tren peluang usaha di Bali 2020
blog

Boleh Dicoba,12 Peluang Usaha di Bali Yang Akan Jadi Tren di Tahun 2020

Pertumbuhan bisnis di Indonesia berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan. Iklim usaha yang baik di Indonesia pun disambut baik oleh para pelaku usaha, hal ini terlihat dari bermunculannya para pelaku bisnis dari kalangan anak muda di kota-kota besar. Bali misalnya, pulau Dewata ini termasuk dalam satu di antara daerah yang memiliki Iklim usaha yang baik. Banyak peluang usaha di Bali yang akan menjadi tren di tahun 2020.

Saat ini, mencari referensi tentang peluang usaha bukan lah perkara yang sulit. Ada berbagai macam jenis usaha yang bisa menjadi peluang usaha di Bali yang menjanjikan di masa depan. Kami telah merangkum beberapa usaha yang berpeluang besar menjadi tren di Bali pada tahun 2020, sebagai berikut:

Ide Peluang Usaha di Bali Yang Menjanjikan di Tahun 2020

  1. Barbershop Panggilan

Barbershop panggilan bisa menjadi peluang usaha di Bali yang menguntungkan.

Bisnis barbershop menjadi salah satu usaha yang sedang hits di pulau Dewata, hal ini terlihat dari banyaknya barbershop yang bermunculan di setiap sudut kota di Bali.

Barbershop sangat diminati karena menawarkan pelayanan yang lebih dibandingkan tempat pangkas rambut konvensional. Pada dasarnya barbershop dan jasa cukur rambut sama-sama menawarkan layanan potong rambut untuk kaum pria.

Namun barbershop menawarkan pelayanan yang lebih lengkap dengan konsep yang lebih modern dibandingkan pangkas rambut biasa. Seseorang yang mencukur rambutnya di barbershop akan merasa lebih keren, eksklusif, dan out of the box.

Bisa jadi hasil layanan barbershop sama dengen tukang cukur rambut konvensional. Namun, entah mengapa saat laki-laki mencukur rambutnya di barbershop dia akan merasa lebih tampan.

Namun, belakangan ini banyak barbershop yang gulung tikar karena kalah bersaing. Jangan khawatir, jika anda tertarik dengan bisnis ini, coba lah menawarkan sesuatu yang beda.

Di era digital ini, bisnis yang akan memenangkan persaingan adalah bisnis yang mudah ditemui oleh konsumen. Anda tak perlu membuka toko fisik untuk bersbisnis barbershop. Coba lah untuk menawarkan jasa barbershop panggilan, jadi anda akan melayani konsumen berdasarkan permintaan.

Dengan layanan ini, anda tidak perlu bersaing dengan barbershop kebanyakan. Modal yang dikeluarkan pun relative kecil karena tidak harus menyewa tempat khusus untuk membuka barbershop. Cukup dengan membeli peralatan pangkas rambut, produk perawatan rambut pria seperti pomade, sampo, dan lainnya, anda sudah bisa menawarkan jasa barbershop panggilan. Simple kan.

Perawatan spa di rumah (Home Spa) bisa menjadi peluang usaha di Bali yang menguntungkan. (foto: https://deannadayspa.com/)

  1. Home Spa

Spa biasanya identik dengan perawatan yang dilakukan oleh salon atau tempat khusus. Di Bali sendiri begitu banyak spa yang menawarkan beragam perawatan kecantikan. Pangsa pasar spa di bali didominasi oleh para pelancong dari luar negeri.

Tak heran, jika biaya perawatan spa di Bali relatif mahal. Bagi anda yang punya keahlian spa, tak ada salahnya untuk mulai menekuni profesi terapis spa profesional.

Menyewa tempat untuk membuka spa memang tidak murah, apalagi jika anda beroperasi di daerah wisata, seperti Canggu, Seminyak, Kuta, dan sekitarnya.

Coba lah membuat target konsumen yang berbeda. Home spa misalnya. Anda bisa menawarkan jasa layanan spa rumahan sesuai permintaan konsumen. Jadi, konsumen yang ingin melakukan perawatan spa, tak perlu repot lagi datang ke salon atau tempat khusus spa yang jauh dari tempat tinggal mereka.

Anda bisa menawarkan jasa spa rumahan yang bisa dipanggil setiap saat. Buatlah paket perawatan spa yang populer dan diminati di Bali, antara lain:

  • Ayuverdic Spa

Perawatan spa ini menggabungkan antara perawatan fisik dan mental. Ayuverdic spa berasal dari praktik medis tradisional India. Awalnya, perawatan ini ditujukan untuk memberikan relaksasi kepada pasien melalui pendekatan spiritual.

Teknik psikologis yang digunakan pada spa ini membantu pasien melepaskan penat dan mengelola stres yang berpotensi menganggu kesehatan mental.

  • Day Spa

Spa jenis ini cukup banyak peminatnya di Bali. Sesuai dengan namanya, day spa merupakan perawatan spa komplit yang dilakukan seharian.

Konsumen spa jenis ini biasanya menginginkan serangkaian perawatan kecantikan dalam satu hari, seperti body massage, facial, pedicure, manicure, dan sebagainya.

Nah, jenis spa ini bisa menjadi peluang usaha di Bali yang akan ngetren di tahun 2020. Anda bisa menawarkan spa rumahan kepada konsumen, sehingga mereka tak perlu lagi datang ke salon hanya untuk mendapatkan perawatan day spa.

  • Health Spa

Jenis spa ini mengutamakan unsur kesehatan dalam pelayanannya. Pelanggan health spa biasanya menginginkan tubuh yang lebih bugar setelah mendapatkan perawatan.

Anda bisa menawarkan pelayanan ini dalam pelayanan home spa. Lengkapilah layanan health spa anda dengan ramuan tradisional seperti jamu, lulur, minyak aroma terapi dan berbagai produk kesehatan tradisional lainnya.

Pelanggan health spa biasanya gemar mengkonsumsi obat-obatan herbal tradisional.

  1. Penyewaan Kendaraan Online

Menyediakan jasa penyewaan kendaraan online bisa menjadi peluang usaha di Bali yang menguntungkan.

Penyewaan kendaraan seperti mobil atau motor masih sangat diminati di Bali. Penyewaan kendaraan akan trerus menjadi peluang usaha di Bali. Namun, tak sedikit jasa penyewaan kendaraan yang beroperasi di Bali, tentunya membuat tingkat persaingan bisnis semakin tinggi.

Bagi anda yang ingin berbisnis di bidang penyewaan kendaraan, mulai lah beralih ke sistem online. Anda bisa membuat aplikasi yang bisa diunduh konsumen untuk menyewa kendaraan. Mungkin terdengar seperti start up ojek online dan taksi online, bedanya, produk yang anda tawarkan bisa disewa dalam jangka waktu yang lebih lama.

Di Bali sendiri banyak wisatawan yang berpotensi menjadi konsumen penyewaan kendaraan online. Sebagian besar wisatawan ingin mengeksplorasi Bali dengan mengunjungi destinasi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Jika anda membuat aplikasi penyewaan kendaraan online, sajikanlah jenis-jenis kendaraan yang lengkap, sehingga konsumen anda lebih leluasa memilih kendaraan yang mereka inginkan.

Namun perlu diingat, jenis usaha ini tergolong beresiko tinggi, tak sedikit pelaku usaha penyewaan kendaraan yang mendapati kerusakan atau kehilangan pada kendaraan yang disewakan.

Untuk itu, sebaiknya anda melengkapi setiap kendaraan yang disewakan dengan GPS (Global Positioning Sistem) dan asuransi.

  1. Kelas Yoga Panggilan

Menjadi instruktur yoga merupakan peluang usaha di Bali yang cukup menjanjikan. Banyak wisatawan terutama yang berasal dari mancanegara mengikuti kelas yoga di Bali. Tak sekadar untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, yoga di Bali sudah menjadi atraksi wisata tersendiri.

Kelas Yoga menjadi salah satu kegiatan yang diminati di Bali. Kelas yoga panggilan bisa menjadi peluang usaha di Bali.

Yoga berfungsi untuk menjernihkan fikiran dan pengaruh negatif di dalam tubuh, jika dilakukan secara rutin, yoga bermanfaat untuk mengelola stres, menurunkan emosi, dan melatih pernafasan.

Yoga juga sangat baik untuk anda yang sedang melakukan program diet. Ada beberapa gerakan yoga yang digunakan untuk melatih ketahanan fisik dan membakar kalori dalam jumlah yang besar.

Nah, jika anda tertarik menjalani bisnis di bidang yoga, ada baiknya anda membuat program kelas yoga panggilan. Anda bisa mengajar yoga lebih privat kepada konsumen anda, dengan mengunjunginya ke rumah, ke hotel atau villa yang mereka tinggali.

Rancanglah paket ekonomis yang bisa diikuti oleh lebih dari satu orang peserta. Paket ini akan mempengaruhi konsumen anda untuk mengajak serta kerabat dan sahabat mereka mengikuti kelas yoga panggilan yang anda tawarkan.

  1. Kedai Kopi

Beberapa tahun belakangan, kedai kopi berkembang pesat di Bali. Hal ini terlihat dari menjamurnya kedai-kedai kopi di beberapa daerah di pulau dewata. Kedai kopi masih menjadi peluang usaha di Bali yang menjanjikan.

Namun perlu diingat, membuka kedai kopi tak semudah yang anda fikirkan. Membuka kedai kopi tak sekadar mahir membuat latte art atau berbagai jenis olahan kopi lainnya.

Membuka kedai kopi masih menjadi peluang usaha di Bali yang menghasilkan keuntungan. (Foto: https://zodiaccoffee.id/)

Jika anda ingin membuka kedai kopi, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah ketersediaan bahan baku. Bahan baku yang berkualitas menjadi syarat mutlak yang harus dimiliki oleh coffee shop, anda bisa menggunakan bahan baku kopi lokal seperti Arabica Kintamani, Arabica Plaga, atau Robusta Pupuan.

Selain bahan baku kopi, anda juga harus memperhatikan bahan baku pendamping seperti fresh milk, sirup beraneka rasa, topping, dan lain sebagainya. Ingat, saat anda membuka kedai kopi, anda akan berhadapan dengan produk kopi susu kekinian yang harganya relatif murah.

Pilihlah bahan baku yang menurut anda sesuai dengan target pasar yang diinginkan. Misalnya, jika anda ingin menyajikan es kopi susu kekinian dengan harga murah, anda cukup menggunakan kopi robusta, fresh milk, susu kental manis, dan gula aren.

Namun, jika anda menyasar pangsa pasar yang lebih eksklusif, menyediakan menu single origin menjadi syarat wajib bagi kedai kopi anda. Single origin adalah jenis biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia dan dunia. Anda bisa mulai dengan biji kopi Arabica Kintamani Bali, Arabica Aceh Gayo, Arabica Papua Wamena, atau Arabica Ciwidey Jawa Barat.

Selain bahan baku, hal selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah pemilihan tempat dan strategi pemasaran. Pilihlah tempat yang dekat dengan keramaian, seperti perkantoran, kampus, atau pusat kota. Masing-masing tempat memiliki pangsa pasar yang berbeda-beda, maka dari itu setidaknya anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih tempat untuk kedai kopi anda.

  1. Makanan Diet

Aktivitas yang padat dan tuntutan pekerjaan yang tinggi kerap membuat kita mengabaikan pola hidup sehat. Demi kepraktisan, tak jarang kita memilih makanan cepat saji yang mudah ditemui. Jika dibiarkan lama, kebiasaan ini cenderung menggangu kesehatan. Kandungan lemak yang tinggi pada makanan cepat saji akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan kegemukan.

Makanan diet menjadi salah satu peluang usaha di Bali

Makanan diet yang sehat telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat di Bali. (foto: https://deannadayspa.com/)

Melihat kondisi ini, makanan diet yang sehat dapat menjadi peluang usaha di Bali yang menjanjikan. Saat ini, tak banyak pelaku usaha yang berfokus pada penyediaan makanan diet di Bali.

Jika anda berminat terhadap jenis usaha ini, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah ketersediaan bahan baku yang berkualitas. Makanan diet mengutamakan bahan baku organik yang aman untuk dikonsumsi semua kalangan.

Makanan diet tak harus berupa sayuran, anda bisa menyisipkan menu daging rendah lemak, atau ikan tinggi protein pada menu makanan diet yang anda tawarkan. Jangan lupa untuk melakukan uji laboratorium terhadap bahan baku yang digunakan, untuk mengukur seberapa akurat nutrisi dan vitamin yang tersaji dalam setiap porsi makanan diet yang anda jual.

  1. Sasana Beladiri

Mempelajari ilmu beladiri sedang menjadi tren di Bali. Hal ini terlihat dari begitu banyak sasana beladiri yang beroperasi di kawasan wisata seperti Canggu, Kuta, Seminyak, dan sekitarnya.

Membuat sasana beladiri menjadi salah satu peluang usaha di Bali yang menjanjikan. Anda bisa menawarkan paket latihan beladiri seperti muay thai, silat, tinju, atau MMA (Mix Martial Art).

Sebagian besar member sasana beladiri di Bali berasal dari wisatawan asing atau ekspatriat yang tinggal di Bali. Maka dari itu, biaya membership nya pun tidak murah. Ini lah yang menjadikan sasana beladiri sebagai bisnis yang menjanjikan di Bali.

Namun, membangun sasana beladiri memerlukan modal yang tidak sedikit. Karena itu, anda harus melakukan perencanaan yang matang agar modal yang anda keluarkan tidak sia-sia. Gunakanlah strategi pemasaran yang mampu meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan produk anda diketahui oleh konsumen potensial.

  1. Sanggar Tari Bali

Mengunjungi pulau dewata tak lengkap rasanya tanpa mempelajari budaya Bali. Salah satu budaya yang diminati oleh wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali adalah kesenian lokal. Tari Bali misalnya, tak sedikit wisatawan mancanegara yang ingin mempelajari tarian Bali.

Banyak wisatawan mancanegara yang ingin belajar Tari Bali saat mengunjungi Pulau Dewata.

Maka dari itu, membuka sanggar tari Bali menjadi peluang bisnis di Bali yang menjanjikan di tahun 2020. Anda bisa membuka sanggar tari Bali di kawasan wisata seperti Kuta, Seminyak, Ubud, atau Denpasar.

Jika pelayanan dan teknik menari anda memuaskan pelanggan, tak menutup kemungkinan investor dari negara asing pun tertarik untuk mengajak anda membuka sanggar tari Bali di luar negeri.

  1. Jasa Open Tip Untuk Backpacker

Berwisata akan terus menjadi kegiatan favorit di Bali. Membuka travel agent mungkin memerlukan dana yang tidak sedikit, belum lagi banyak dokumen legalitas yang harus anda penuhi untuk membuka jasa wisata.

Tak hanya wisatawan mancanegara, Bali juga menjadi destinasi favorit wisatawan domestik. Tak bisa dipungkiri jika nilai uang yang dikeluarkan wisatawan lokal jauh lebih rendah dari wisatawan asing, tapi tak ada salahnya jika anda menyasar wisatawan lokal.

Anda bisa menyediakan jasa wisata berupa open trip untuk backpacker. Sajikanlah paket wisata yang membuat orang tertantang untuk melakukannya, misalnya open trip camping di Danau Buyan, camping di Gunung Batukaru, atau mencoba rafting di Sungai Ayung dan snorkeling di Sanur.

Wisatawan lokal dari kalangan milenial biasanya menyukai jenis aktivitas wisata yang menantang. Anda bisa mempromosikan jasa open trip ini ke komunitas pecinta alam, atau berbagai kampus di luar pulau Bali.

  1. Influencer/Selebgram Bali

Jasa influencer menjadi salah satu peluang usaha di Bali

Jasa influencer dan selebgram sedang menjadi tren di Bali. (Foto: https://zodiaccoffee.id/)

Perkembangan bisnis yang mulai mengarah ke digital membuat jasa influencer di Bali semakin diminati. Menyediakan jasa influencer menjadi peluang usaha di Bali yang menjanjikan di tahun 2020.

Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh di media sosial. Influencer biasanya memiliki jumlah followers yang banyak. Jumlah followers minimal yang wajib dimiliki influencer adalah 10.000 followers.

Jika anda merasa punya keahlian menjadi influencer, membuka jasa paid promote dapat menjadi potensi bisnis yang mendatangkan keuntungan besar. Namun perlu diingat, konsumen yang ingin menggunakan jasa influencer akan melakukan riset terlebih dahulu.

Upayakan anda mendapatkan engagement rate yang tinggi agar lebih dipercaya oleh calon konsumen potensial. Anda juga bisa memilih beberapa tema yang menjadi fokus anda di media sosial, seperti menjadi food blogger, komedian, model, atau pengamat bisnis dan politik.

Anda juga bisa menyajikan destinasi wisata populer pada feed sosial media. Sajikanlah konten yang menarik, yang dapat menggugah rasa penasara audiens dan berpotensi viral.

Jangan sekali kali menyajikan konten kontroversial yang belum diketahui kebenarannya. Konten semacam ini akan menurunkan reputasi anda.

Kesimpulan

Itu lah beberapa peluang usaha di Bali yang berpotensi menjadi tren di tahun 2020. Saat ini, sebagian besar konsumen potensial cenderung melakukan riset melalui mesin telusur Google sebelum memutuskan untuk membeli produk barang atau jasa.

Apa pun jenis usaha yang anda pilih, pastikan anda memiliki strategi pemasaran yang efisien dan efektif mendatangkan keuntungan. Anda bisa menjalankan strategi digital marketing untuk bisnis anda. Digital marketing akan membuat performa bisnis anda lebih terukur sesuai target pasar yang anda inginkan.

Menjalankan strategi digital marketing sendiri mungkin memakan banyak waktu, tenaga, dan biaya. Untuk itu anda bisa mempercayakan pemasaran produk anda kepada digital marketing agency di Bali. Pilihlah digital marketing agency di Bali yang sudah berpengalaman dan berokus pada tingkat konversi yang lebih tinggi.

Para pelaku digital marketing di Bali tentunya memiliki strategi ampuh yang sudah teruji tingkat keberhasilannya. Anda bisa melihat dari tingkat Return of Investment (ROI) yang dihasilkan dari klien mereka. Jasa digital marketing di Bali yag baik akan berfokus pada peningkatan ROI yang lebih tinggi, sehingga dana yang anda keluarkan untuk menyewa jasa mereka akan terbalas lewat keuntungan yang berkali lipat.

 

Related Posts