blog

Produk Lokal Setara Louis Vuitton, Bukti UMKM Layak Go International

Ada kejadian menarik dialami oleh pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) asal Indonesia. Belum lama ini, sejumlah tas produksi UMKM Semarang ditahan pihak imigrasi Rusia karena dianggap sebagai barang bernilai ratusan juta rupiah.

Seperti yang dilansir dari HaiOnline.com, peristiwa ini diceritakan oleh pengguna social media @gus_dibyo melalui unggahan nya di Twitter pada Minggu (4/7) kemarin. Dalam cuitannya @gus_dibyo meceritakan kejadian yang dialami oleh Syanas Nadya Winanto Putri, seorang pengusaha pemilik brand Roro Kenes yang hendak dipamerkan dalam Festival Indonesia Moscow yang digelar di Krasnaya Presnya Park, Moskow, Rusia pada tanggal 2 sampai 4 Agustus lalu.

Saat sampai di Bandara Domodedevo, Rusia, tas bermerek Roro Kenes itu ditahan oleh pihak imigrasi bandara. Alasannya, karena ta situ dianggap sekelas dengan merek terkemuka dunia seperti Chanel, Bottega Veneta, atau Louis Vouitton yang berharga ratusan juta rupiah.

“Usut punya usut, mereka anggap tas Roro Kenes itu buatan Eropa seperti Louis Vuitton, Channel,Bottega dan lain lain. Orang Rusia juga nggak percaya itu tas buatan Indonesia. Mereka nilai tas itu buatannya sangat halus dan bagus, katanya malah dari bahan kulit eksotis yang harganya ratusan juta rupiah,” tulis @gus_dibyo d Twitternya.

Saat dikonfirmasi, pemilik brand Roro Kenes, Syanaz mengatakan pihak imigrasi Rusia mengira tas buatannya berbahan kulit berkualitas premium seperti milik brand terkenal dunia. “Mereka (pihak imigrasi Rusia) bilang tas saya pasti harganya ratusan juta dan terbuat dari kulit eksotis kualitas premium sekelas (Louis) Vuitton atau Bottega (Veneta),” ungkap Syanaz seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Padahal, Syanaz mengaku bahwa tas tersebut terbuat dari karung goni dengan motif tenun lurik yang harga ekspornya berkisar Rp. 150 ribu untuk tas karung goni, dan Rp. 1 juta untuk tas kulit. Menanggapi kejadian ini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang juga hadir dalam pameran itu justru menganggap peristiwa ini adalah hal yang baik.

Ganjar menilai sikap pihak imigrasi Rusia itu secara tidak langsung menjadi pengakuan bahwa produk milik Syanaz memiliki kualitas internasional. “Kualitas (Roro Kenes) dianggap premium berarti sudah layak eskpor dengan harga yang kompetitif. Semoga tahun depan bisa menyaingi tas branded yang puluhan juga,” terang Ganjar.

Akses Global Untuk UMKM

Kejadian yang dialami Syanaz melalui brand Roro Kenes nya di Rusia tersebut menjadi bukti bahwa UMKM nasional sudah layak mendapatkan pengakuan global. Hingga saat ini, perkembangan UMKM di Indonesia berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain Roro Kenes, sejumlah produk UMKM nasional juga telah menembus pasar global. Seperti Scmiley Mo, dan Ghendis Bag. Schmiley Mo merupakan brand fashion yang didirikan oleh pengusaha asal Indonesia bernama Dina Rikasari. Produk yang menerapkan fashion design untuk kaum urban modern ini bahkan sudah dipamerkan di Pure London, Olympia, sebuah ajang fashion ternama dunia.

Hal serupa juga dialami oleh Ghendis Bag, produk berupa tas berbahan eceng gondok ini berhasil menembus pasar Jepang dan Amerika Serikat. Produk ini diciptakan oleh seorang dokter gigi, Ferry Yuliana. Siapa sangka, berkat tangan dinginnya, eceng gondok yang dianggap sebagai tanaman hama dapat mendatangkan keuntungan.

Jadi jangan menganggap remeh sektor usaha ini, karena jika ditunjang oleh digital strategy yang tepat, produk UMKM berpeluang besar go international. Berikut sejumlah strategi yang bisa diterapkan :

  • Sesuai Selera Pasar

Produk adalah komponen utama dalam sebuah bisnis. Namun, untuk menentukan produk yang sesuai selera pasar bukanlah perkara mudah. Lakukanlah riset mengenai tren yang berkembang, produk apa yang sedang diminati, dan perilaku konsumen terhadap sebuah produk.

Tak hanya berkualitas, produk yang menjual juga harus menjawab kebutuhan konsumen. Pernahkah anda mendengar tentang produk minuman kopi susu kekinian yang sedang hits?

Kenapa produk itu bisa laris di pasaran? Jawabannya karena sesuai selera pasar. Selain itu kopi susu kekinian yang akhir-akhir ini hits itu menerapkan strategi digital marketing yang mumpuni. Sebuah produk yang disukai menerapkan berbagai kemudahan untuk konsumen.

Misalnya layanan pesan antar melalui aplikasi digital. Konsumen tidak perlu lagi mengantri di café, atau di sebuah gerai untuk sekadar menikmati kopi susu. Cukup membuka ponsel, memilih menu, melakukan pembayaran, dalam lima menit produk tersebut sudah sampai di depan anda.

  • Harga Jual

Ini yang perlu diperhatikan, jangan sampai salah menentukan harga jual produk agar tidak mengalami kerugian. Ada sejumlah metode yang diterapkan untuk menentukan harga jual, antara lain :

    • Berdasarkan jumlah biaya produksi ditambah keuntungan. Misalnya anda mengambil 30 persen, atau 50 persen keuntungan. Anda harus mengkalkulasi seluruh biaya produksi terlebih dahulu, kemudian menambahkannya dengan persentase keuntungan yang anda inginkan.
    • Berdasarkan kompetitor. Cara ini juga banyak digunakan. Sebelum menentukan harga, sebaiknya anda melakukan riset kepada kompetitor. Jika memungkinkan tentukanlah harga di bawah kompetitor, namun dengan kualitas produk yang setara.
    • Berdasarkan permintaan konsumen. Lakukanlah tes pasar produk anda. Tanyakan kepada calon konsumen mengenai harga yang pantas untuk produk yang anda tawarkan. Penuhi permintaan mereka jika anda mendapatkan keuntungan dari harga jual tersebut.
  • Gunakan Digital Marketing

Untuk menembus pasar internasional, tentunya produk yang anda jual harus mudah diakses secara global. Memanfaatkan pasar online dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengembangkan bisnis anda. Digital marketing bisa menjadi solusi bagi UMKM yang ingin meninkatkan brand awareness sebuah produk.

Namun, untuk memenangkan persaingan digital, anda harus menerapkan sejumlah strategi, antara lain :

    • Promosi

Memanfaatkan pemasaran digital akan menghemat waktu, tenaga, dan biaya yang anda keluarkan untuk mempromosikan produk. Pemasaran digital memiliki tujuan yang jelas, dan terpantau secara langsung (real-time).

Anda bisa menerapkan strategi yang sesuai untuk menjaring konsumen melalui variabel yang disajikan oleh website anda. Misalnya berapa banyak pengunjung situs anda, dan kapan mereka melihat produk anda. Berdasarkan data tersebut, promosi yang anda lakukan lebih efektif.

    • Sajikan Konten Menarik

Bagi para pelaku usaha yang memanfaatkan digital marketing, tentunya sudah akrab dengan konten. Konten yang berkualitas dapat menarik minat konsumen.

Sajikanlah konten-konten yang interaktif, dan menghibur audiens. Biasanya konten yang disajikan dalam bentuk gambar, dan video lebih menarik perhatian. Anda juga bisa mengoptimasi produk anda lewat teknik SEO (Search Engine Optimization).

Jangan lupa untuk menyajikan konten dalam bahasa Inggris untuk mendapatkan perhatian audiens internasional.

    • Manfaatkan Marketplace Digital

Gunakanlah marketplace digital seperti social media, atau bergabung di platform toko online. Pilihlah yang sesuai minat anda, dan berpotensi untuk menjangkau banyak konsumen.

Menggunakan platform toko online tentunya tidak susah, karena anda tidak perlu untuk membuat website. Namun, untuk menembus pasar global, anda wajib membuat situs resmi untuk produk yang anda jual. Website juga berfungsi sebagai media untuk mendatangkan investor.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *