youtuber pemula di Bali
blog, Social Media

Tips Menjadi Youtuber: Review Konten dan Penghasilan Youtuber Pemula di Bali

Di Indonesia, terutama di kota-kota besar, media sosial (medsos) telah menjelma menjadi mesin penghasil uang. Di Bali misalnya, keberadaan Youtuber dan Selebgram menjadi bukti bagaimana sosmed telah menciptakan profesi baru yang menguntungkan. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai tips menjadi youtuber, serta mereview konten dan penghasilan yotuber pemula di Bali.

Sebelum lebih jauh, mari kita melihat fakta mengenai pengguna sosmed di Indonesia. Bedasarkan data yang dirangkum oleh Hootsuite dan We Are Social, pada 2019 lalu, jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta pengguna. Jika dikalkulasikan angka ini sama seperti 56 persen dari total penduduk di Indonesia. Data itu juga menyebutkan bahwa sebanyak 130 juta orang di antaranya mengakses media sosial melalui perangkat mobile.

Berikut 5 Platform Social Media Yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

  1. Youtube

Platform berbagi video ini menduduki peringkat pertama yang digunakan di Indonesia. Pada tahun 2019, penggunanya mencapai 88 persen. Tak heran jika saat ini semakin banyak orang yang menjadi youtuber bermunculan di berbagai daerah di Indonesia. Bali salah satunya, banyak youtuber asal Bali yang sukses menghasilkan keuntungan dari akun youtube mereka. Menjadi youtuber di Bali dapat menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

  1. Whatsapp

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi chating ini? Whatsapp yang kini telah diakuisisi oleh Facebook itu menempati urutan ke dua media sosial yang banyak digunakan di Indonesia, dengan persentase pengguna mencapai 83 persen.

  1. Facebook

Platform besutan Mark Zuckerberg ini masih diminati di kalangan masyarakat Indonesia, dengan persentase pengguna mencapai 81 persen.

  1. Instagram

Pengguna Instagram terus mengalami peningkatan di Indonesia. Platform berbagi konten visual berupa foto dan video ini menduduki urutan ke empat media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, dengan persentase pengguna mencapai 80 pesen.

  1. Line

Peringkat ke lima social media yang paling banyak digunakan di Indonesia, diduduki oleh Line. Medsos berbasis chat ini mendapatkan persentase pengguna sebanyak 59 persen.

Perkembangan Youtuber di Bali

Nah, dari data di atas tadi anda bisa mengetahui alasan di balik bermunculannya Youtuber di Bali kan?

Pastinya karena platform Youtube menempati urutan pertama pengguna media sosial di Indonesia. Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, tentunya menjadi Youtuber akan sangat menguntungkan.

Saat ini menjadi influencer seperti Youtuber di Bali bisa dilakukan siapa saja. Seorang influencer tak harus berasal dari kalangan salebritis atau tokoh terkenal. Siapa pun bisa menjadi Yotuber yang sukses, asalkan memiliki konten menarik, anda bisa menjadi Youtuber yang disukai pengguna Youtube.

Ada dua jenis channel Youtube berdasarkan pengelolanya, yaitu:

  • Selebriti Youtuber

Channel ini dikelola oleh orang yang sudah terkenal sebelumnya. Biasanya dari kalangan artis atau selebritis yang sudah memiliki banyak followers di platform media sosial lain.

Mengingat potensi keuntungan yang didatangkan dari Youtube cukup besar, tak sedikit artis yang beralih profesi menjadi Youtuber. Contohnya akun milik komika Raditya Dika, Deddy Corbuzier, bahkan aktor ternama seperti Baim Wong pun menjadi Youtuber.

Dengan kopopuleran yang mereka miliki, maka tak sulit bagi selebriti ini mendapatkan banyak subscriber.

  • Creative Youtuber

Channel Youtube ini dikelola oleh orang-orang kreatif yang bukan dari kalangan artis atau tokoh terkenal. Channel youtube semacam ini dibangun dari nol, tanpa melibatkan koneksi atau kepopuleran sebelumnya.

Konten-konten yang disajikan oleh para creative Youtuber ini kerap menarik perhatian dan menggugah rasa penasaran audiens. Di Bali sendiri, banyak Youtuber yang memulai karirnya dari nol, sebut saja channel komedi milik Puja Astawa dan Ary Kakul.

Siapa yang tidak mengenal ke dua nama ini di Bali? Baik Puja Astawa maupun Ary Kakul telah membangun karir Youtuber mereka dari nol. Selalu ada hal baru dan menarik yang mereka sajikan, tak heran jika saat ini mereka memiliki ratusan ribu subscriber.

Kesuksesan Puja Astawa dan Ary Kakul kemudian diikuti oleh Youtuber asal Bali lainnya. Banyak channel Youtube yang mengusung tentang Bali bermunculan. Anda mungkin penasaran dan bertanya berapa sih penghasilan Youtuber di Bali? Mari kita bahas dari yang sudah terkenal terlebih dahulu.

Pendapatan Youtubers Bali

Puja Astawa

Puja Astawa

Puja Astawa adalah Youtuber asal Buleleng Bali yang megusung komedi sebagai konten Youtube nya. Puja Astawa mulai bermain Youtube sejak tahun 2014, dan sudah memiliki 242 ribu subscriber hingga saat ini.

Puja Astawa terkenal dengan konten komedi yang mengusung nuansa lokal. Dialeg Singaraja yang kental menjadi ciri khas Puja Astawa saat menyajikan konten di Youtube.

Pendapatan Youtuber

Performa dan pendapatan youtuber asal Bali, Puja Astawa (Analisa Socialblade)

Berdasarkan analisa dari Socialblade, Puja Astawa mampu mengantongi penghasilan sebesar USD 370 sampai USD 5,9 ribu per bulannya dari Youtube, yang jika dirupiahkan setara dengan Rp, 5.180.000 sampai Rp. 82 jutaan. Wow lumayan ya.

Selain mendapatkan penghasilan dari Youtube, Puja Astawa juga kerap mendapatkan paid promote atau endorsement dari mempromosikan produk. Salah satu klien kami bahkan pernah menggunakan jasa Puja Astawa untuk mempromosikan produknya. Saat itu mereka membayar sekitar Rp. 11 juta untuk satu konten promosi. Cukup menggiurkan bukan?

Ary Kakul

Ary Kakul

Siapa yang tak kenal dengan Ary Kakul. Lelaki bertato ini kerap muncul di daftar pencarian Youtube. Ary Kakul sudah menjadi Youtuber sejak tahun 2013 lalu, dan hingga kini sudah memiliki 630 ribu subscriber.

Ary Kakul terkenal dengan konten komedi dan prank. Berdasarkan analisa Socialblade, penghasilan Ary Kakul dari Youtube mencapai USD 695 sampai USD 5,9 ribu per bulannya.

Penghasilan Youtuber

Performa dan pendapatan Youtuber asal Bali, Ary Kakul (Analisa Socialblade)

Jika dirupiahkan penghasilan Ary Kakul mencapai Rp, 8.340.000 sampai Rp. 82 jutaan dari Youtube. Sama seperti Puja Astawa, Ary Kakul juga kerap menerima jasa paid promote dan endorsement.

Ke dua Youtuber asal Bali ini bisa dibilang sebagai senior di kalangan Youtuber lokal. Karena mereka lah, banyak pemuda di Bali yang terinspirasi membuat konten-konten unik dan mengikuti jejak mereka menjadi Youtuber Bali.

Walaupun tak setenar Ary Kakul dan Puja Astawa, para Youtuber pemula asal Bali mampu menyajikan konten-konten segar yang berkualitas. Tak sedikit pula yang meraup rupiah dari konten Youtube yang mereka sajikan.

Review Konten dan Pendapatan Youtuber Pemula di Bali

Bagi anda yang penasaran tentang konten apa yang disajikan para Youtuber pemula di Bali, dan berapa penghasilan mereka, kami telah merangkum beberapa Youtuber baru yang telah berhasil mendapatkan penghasilan dari Youtube.

  1. Majesty Production

Majesty Production adalah channel Youtube yang mengusung konten horor, misteri, dan budaya Bali. Walaupun channel ini sudah terdaftar di Youtube sejak tahun 2014 lalu, dilihat dari performanya, Majesty Production tergolong sebagai Youtuber pemula di Bali.

Hal ini terlihat dari jumlah konten yang masih sedikit, Youtuber asal Tabanan Bali ini baru memiliki 10 konten yang diunggah ke Youtube. Beberapa konten buatan Majesty Production memiliki engagement yang cukup tinggi, karena mendapatkan ratusan ribu viewer.

Ada dua konten yang paling banyak mengundang viewers, yaitu konten berjudul Sanghyang Memedi, dan Kembar. Dilihat dari konten yang disajikan, Majesty Production cukup konsisten di jalur horor bali.

Video berjudul Sanghyang Memedi berkisah tentang pemujaan terhadap seorang ratu gaib. Konten ini sarat akan budaya dan nilai filosofi masyarakat Bali.

Ada pula video berjudul Kembar yang berlatar kehidupan remaja di Bali. Kembar berkisah tentang seorang gadis yang dihantui oleh arwah kembarannya.

Pendapatan Youtuber Pemula

Performa dan pendapatan youtuber pemula asal Bali, Majesty Production. (Analisa Socialblade)

Lantas apakah Majesty Production sudah mendapatkan penghasilan dari Youtube? Berapa pendatapan youtuber ini?

Tentu saja sudah. Walaupun tidak sebsar Ary Kakul dan Puja Astawa, Youtuber pemula ini telah memiliki 9.570 subscriber dengan total viewers mencapai 939,813.

Berdasarkan analisa Socialblade, Majesty Production telah mengantongi penghasilan sebesar USD 10 sampai USD 161 per bulannya, yang jika dirupiahkan setara dengan Rp. 140.000 sampai Rp. 2.254.000. Angka yang cukup lumayan untuk seorang Youtuber pemula.

  1. Pande Yudha – Bali

Pande Yudha termasuk dalam Youtuber pemula di Bali yang mulai serius mengelola konten Youtube. Pande Yudha menyajikan konten video bernuansa budaya dan wisata yang ada di Bali.

Ada satu hal yang menjadi ciri khas konten Pande Yudha, Youtuber ini selalu memperlihatkan perempuan cantik dalam setiap kontennya. Saat ini, Pande Yudha sudah memiliki 7.046 subscriber dengan total viewers sebanyak 2.082.967.

Pendaptan Youtuber Pemula

Performa dan pendapatan Youtuber pemula asal Bali, Pande Yudha – Bali (Analisa Socialblade)

Walaupun terbilang pemula, Youtuber ini sudah mekiliki pendapatan dari Youtube. Berdasarkan analisa Socialblade, Pande Yudha mendapatkan USD 12 sampai USD 193 per bulannya. Jika dirupiahkan, Pande Yudha menghasilkan Rp. 168.000 sampai Rp. 2.702.000 dari Youtube.

Bagi yang penasaran dengan konten Youtube Pande Yudha, anda bisa mengunjunginya di sini.

  1. Ekspedisi Alam Lain (XAL)

Channel yang dikelola oleh Youtuber asal Bali ini cukup fenomenal. Ekspedisi Alam Lain baru saja dirilis pada Januari 2019 lalu. Dalam waktu satu tahun, Youtuber yang mengusung konten horor dan misteri ini telah mendapatkan 170 ribu subscriber, dengan jumlah viewers mencapai 14 juta orang.

XAL membuktikan bahwa Youtuber pemula pun memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube. Dari total 94 konten yang diunggah, XAL mampu mengantongi penghasilan USD 880 sampai USD 14.100 per bulannya. Jika dirupiahkan, dalam sebulan penghasilan XAL dari Youtube mencapai Rp. 12 juta sampai Rp. 197 jutaan. Sebuah angka yang fantastis untuk ukuran Youtuber pemula di Bali.

Performa dan pendapatan Youtuber pemula asal Bali, Ekspedisi Alam Lain. (Analisa Socialblade)

XAL menyuguhkan konten yang unik, yaitu mengusung tentang misteri dunia gaib dan penerawangan misteri mahluk astral. Channel ini dipandu oleh praktisi supranatural Bali, Gus Robin beserta dua orang rekannya.

Mereka kerap membahas fenomena yang terjadi di Indonesia dan dunia dari sudut pandang supranatural.

Itu lah beberapa Youtuber pemula yang berhasilkan meraup penghasilan dari konten Youtube. Nah, selanjutnya kami akan membahas tentang jenis konten  dan alasan audiens melihat konten tersebut di Youtube.

Tips Menjadi Youtuber Pemula di Bali

Dari  para Youtuber pemula di Bali yang disebutkan di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa semua orang bisa mendapatkan penghasilan di Youtube jika menyuguhkan konten berkualitas. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan jika ingin menjadi Youtuber pemula.

  1. Mengetahui Konten Yang Disukai Audiens

Berikut merupakan jenis konten dan alasan audiens menonton konten tersebut di Youtube, antara lain:

  • Konten Hiburan (Entertainment)

Konten ini menyuguhkan hiburan yang menarik. Audiens yang menonton konten ini biasanya mencari informasi yang menyenangkan dan menghibur. Konten mengenai budaya, wisata, dan horor juga termasuk dalam konten hiburan.

  • Konten Edukatif

Konten ini menyuguhkan informasi yang menarik untuk dipelajari, seperti berita, fakta unik, dan berbagai ilmu pengetahuan lainnya. Jika anda ingin menyuguhkan konten edukatif, pastikan konten anda memuat informasi yang dibutuhkan banyak orang.

Kenapa audiens gemar menonton konten edukatif?

Karena mereka membutuhkan ilmu baru. Konten edukatif juga memiliki engagement yang tinggi. Seseorang yang merasa terbatu setelah menonton konten edukatif, tidak akan ragu untuk menyebarluaskan konten tersebut. Mereka bahkan rela menjadi subscriber yang menyalakan lonceng di channel Youtube edukatif.

  • Konten Edukatif dan Hiburan

Konten ini merupakan perpaduan antara nilai edukatif dan unsur hiburan. Tak hanya menghibur, konten semacam ini juga mengandung nilai pembelajaran yang diperlukan banyak orang.

Youtuber

Channel Youtube Kisah Tanah Jawa menyajikan konten horor yang mengandung unsur hiburan dan edukasi.

Salah satu contoh konten edukatif dan hiburan adalah konten yang disajikan oleh Youtuber misteri, Kisah Tanah Jawa. Walaupun mnengusung kisah horor, tim KTJ selalu menyisipkan nilai edukatif pada setiap konten yang diunggah. Tak heran jika kisah-kisah yang disajikan Om Hao, Mas Genta dan kawan-kawan dalam KTJ selalu berhasil mengundang rasa penasaran audiens.

  1. Menyuguhkan Konten Berkualitas

Setelah anda menentukan konten apa yang disukai oleh audiens, kini saatnya anda mempelajari algoritma yang digunakan oleh Youtube. Sebenarnya, Youtube mengusung sistem yang memadukan mesin pencari dengan media sosial.

Jika diamati ada beberapa elemen yang penting pada platform ini, antara lain:

  • Kolom Pencarian Youtube

Kolom pencarian pada Youtube sama halnya seperti search engine Google. Anda perlu mengoptimasi konten yang anda sajikan agar terindex di kolom pencarian platform ini.

  • Subscriber

Subsciber anda sama halnya dengan followers anda di platform media sosial lain. Cara terbaik untuk meningkatkan subscriber yaitu dengan menyajikan konten berkualitas.

  • Viewers

Viewers pada channel anda serupa dengan tingkat impression dan reach pada media sosial. Viewers bisa dihasilkan dari seberapa banyak audiens yang melihat konten anda, dan seberapa besar audiens yang terpapar oleh konten anda. Viewers menjadi salah satu penyumbang pendapatan Youtuber.

Memiliki viewers yang tinggi, tidak berarti channel anda memiliki subscriber yang tinggi pula. Audiens akan memutuskan menjadi subscriber saat mereka benar-benar menyukai konten yang anda sajikan. Jadi, jika anda berniat menjadi youtuber, pastikan setiap konten yang anda unggah berkualitas dan disukai banyak orang.

Cara Menentukan Konten Yang Berkualitas Untuk Youtuber Pemula

  • Mengutamakan Engagement Rate

Mungkin anda sering mendengar istilah engagement di setiap hal yang berhubungan dengan online, digital, atau media sosial. Dalam arti sederhana engagement adalah sesuatu yang menggugah.

Lebih sederhana lagi, engagement adalah sesuatu yang membuat orang merasa “gue banget”. Faham kan?

Misalnya anda sedang mencari informasi tentang peluang usaha, anda pasti akan menyukai konten yang membuat anda merasa bahwa konten tersebut “gue banget” dengan karakter anda kan? Konten semacam ini termasuk dalam konten yang memiliki engagement rate yang tinggi.

  • Membuat Video Yang Sedap Dipandang

Karena Youtube merupakan platform berbagi video, maka menyajikan video yang sedap dipandang merupakan keharusan.

Pernahkah anda menemukan konten serupa saat menelusuri Youtube? Pasti pernah kan?

Nah, saat anda mendapatkan informasi yang sama, konten mana yang anda pilih? Sebagian besar orang pasti akan memilih konten dengan visual yang menarik.

Video yang sedap dipandang bukan berarti anda harus menguasai teknik editing yang rumit. Konten sederhana pun akan menarik dengan visual yang manis. Visual adalah segalanya.

  • Sajikan Tema Relevan dan Tidak Berlebihan

Anda tidak bisa memaksa orang untuk menjadi subscriber dan menyukai konten anda. Saat ini banyak Youtuber yang terlalu memaksakan audiensnya untuk menyukai konten yang mereka sajikan.

Ingat, jangan pernah mendikte audiens.

Sajikanlah konten yang relevan dengan tema yang anda usung, tanpa elemen ajakan yang berlebihan. Yang dimaksud elemen ajakan berlebihan misalnya kalimat ini “Sebelum lanjut, pastikan kalian subscribe, like, komen, dan nyalakan lonceng”

Bukannya menjadi subscriber, audiens justru akan kabur saat menonton konten anda. Mereka akan berfikiran “siapa lo? Suka-suka gue dong”. Iya kan?

  • Buat Teaser Singkat Mengenai Konten Anda

Membuat teaser singkat berdurasi 15 detik akan menggugah rasa penasaran audiens. Buatlah teaser yang menyajikan hal-hal menarik yang akan mereka temui pada konten lengkap anda.

Teaser ibarat penggoda yang mampu menarik perhatian audiens. Cantumkanlah kalimat ajakan seperti “Tonton lebih lengkap di channel (nama channel anda)” untuk mendatangkan audiens.

Anda juga bisa mengunggah teaser tersebut di akun media sosial lainnya seperti Instagram dan Facebook.

  1. Lakukan Optimasi Pada Judul dan Gambar Thumbnail

Tak banyak Youtuber yang memahami teknik ini, bahkan ada yang menganggap sepele judul dan gambar thumbnail. Padahal, mengoptimasi judul sangat besar pengaruhnya pada konten yang anda sajikan.

Terlebih bagi anda Youtuber pemula yang belum memiliki subscriber, satu-satunya cara agar konten anda muncul pada laman pencarian Youtube yaitu dengan mengoptimasi judul.

Ingat, sebelum orang menonton konten anda, mereka akan melihat judul dan gambar thumbnail pada video tersebut. Judul yang dioptimasi akan meningkatkan kesempatan untuk tampil di urutan pertama pencarian Youtube.

Hampir 90 persen video diklik karena mudah ditemukan. Namun, jangan sekali kali membuat judul yang tidak sesuai dengan isi kontennya, karena akan dianggap spam oleh sistem. Akibatnya sangat berbahaya.

Youtube merupakan platform milik Google, sehingga algoritma yang digunakan tidak jauh beda dengan algoritma yang diterapkan Google. Berikut cara mengoptimasi channel Youtube yang benar:

  • Mengisi keywords yang sesuai dengan konten anda di kolom deskripsi.
  • Koneksikan channel Youtube anda dengan platform sosial media lainnya seperti Instagram, Facebook, Linkedin, dan sebagainya.
  • Mencantumkan gambar menarik pada profil channel Youtube anda.
  • Buat teaser yang menggugah rasa penasaran.
  • Berkomentar di channel Youtube lain, dan menjalin relasi dengan para Youtuber.
  1. Membuat Jadwal Posting Yang Konsisten

Untuk meningkatkan subscriber, anda harus konsisten mengunggah video. Pada dasarnya seseorang yang menjadi subscriber, berharap untuk mendapatkan konten sesering mungkin. Ibarat pelanggan, subscriber selalu menantikan konten anda.

Menyajikan konten yang berkualitas memang tidak mudah, apalagi jika harus mengunggahnya setiap hari. Untuk menyiasatinya, anda bisa membuat konten obrolan ringan, atau membahas hal populer yang berkaitan dengan tema channel anda.

Setidaknya rutinlah mengunggah konten baru. Anda tidak harus mengupdate konten setiap hari, minimal dalam seminggu anda memiliki satu atau dua konten baru yang diunggah.

  1. Monetasi Akun Youtube

Memonetasi akun Youtube adalah faktor terpenting dari pendapatan Youtuber. Akun yang di-monetize berpeluang untuk menghasilkan uang. Namun, Youtube memberikan syarat ketat bagi Youtuber pemula yang ingin memonetasi akunnya.

Antara lain, anda harus memiliki minimal 1000 subsciber, memenuhi ratusan ribu jam tayang, dan sebagainya. Tenang, jangan jadikan Youtube sebagai sumber pendapatan utama.

Youtube tidak menyukai channel yang melakukan hard selling, jadi jangan pernah menganggap bahwa monetasi menajadi sumber utama pendapatan youtuber, anggap saja setiap konten yang anda unggah sebagai upaya branding atau meningkatkan brand awareness terhadap profil anda.

Tidak menutup kemungkinan, jika konten anda menarik, banyak influencer yang ingin mengajak anda kerjasama. Konten yang berkualitas lah yang menjadi sumber pendapatan youtuber.

Berikut cara memonetasi channel anda:

  • Klik channel description

Seperti yang disebutkan tadi, anda harus mengisi laman ini dengan informasi dan tema konten yang anda sajikan. Buatlah deskripsi semenarik mungkin, unik, dan original.

  • Atur Status dan Feature

Setelah mengisi deskripsi, selanjutnya klik video manager, klik channel status & feature. Pilihlah negara dan lokasi anda.

  • Klik Enable My Account

Setelah mengisi semua informasi yang dibutuhkan, selanjutnya klik fitur monetization kemudian klik enable my account.

Centang semua pilihan yang tersedia dan klik “I Accept”. Sekarang channel youtube anda sudah siap untuk dimonetasi. Anda tinggal menunggu persetujuan dari Youtube.

Namun, saat anda menunggu persetujuan, asahakan untuk tetap mengunggah video baru. Karena Youtube akan memantau keseriuasan anda saat memonetasi channel anda.

  1. Gunakan Alat Alat Penunjang

Yang namanya video tentunya memerlukan berbagai alat penunjang. Seorang Youtuber seharusnya memiliki kamera yang bisa menyajikan gambar berkualitas.

Anda tidak harus membeli kamera mahal untuk membuat konten, kamera ponsel pun bisa digunakan untuk membuat video.

Namun, jangan cepat puas terhadap video anda. Jika memungkinkan dan mendapatkan penghasilan lebih, lengkapilah peralatan yang menunjang kualitas video. Misalnya lensa kamera, stabilizer, tripod, lighting, microphone, dan lain sebagainya.

  1. Youtuber Pemula Wajib Punya Naskah Berkualitas

Jangan pernah meremehkan naskah. Seorang Youtuber profesional memiliki tim yang mampu memproduksi naskah berkualitas. Naskah yang baik akan juga menjadi elemen penting yang berdampak pada penghasilan seorang Youtuber.

Sebagai Youtuber pemula di Bali, sebaiknya anda membuat naskah sebelum mengambil gambar. Naskah akan membuat jalannya cerita pada video anda lebih menarik. Naskah yang berkualitas menjadi inti cerita pada konten yang anda unggah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan Youtuber.

JIka kesulitan membuat naskah, anda bisa meminta bantuan kepada jasa pembuatan naskah vlog profesional. Saat ini, anda bisa menemukan penyedia jasa naskah vlog di platform freelancer. Anda juga bisa meminta bantuan kepada copywriter dan content writer profesional.

Anda mungkin harus membayar mereka, tapi jangan khawatir, naskah yang berkualitas akan membantu anda menjaring lebih banyak subscriber. Naskah akan memudahkan anda dalam merancang alur cerita yang runut dan tertata rapi.

  1. Bekerjasama Dengan Influencer Akan Menguntungkan Youtuber Pemula

Beberapa Influencer seperti Selebgram dan vlogger biasanya membuka kesempatan untuk bekerjasama. Menggunakan influencer yang memiliki banyak followers dapat meningkatkan performa channel anda.

Mereka akan merekomendasikan konten yang anda buat kepada para followers mereka agar menjadi subscriber anda. Namun, ada beberapa kriteria yang harus anda ikuti sebelum memilih influencer di Bali.

Seorang influencer yang memiliki ratusan ribu pengikut pun belum tentu menghasilkan dampat positif pada channel Youtube anda. Untuk memilih influencer yang tepat, anda bisa mengikuti beberapa tips berikut: Jangan Asal Endorse, Ikuti 12 Cara Ini Untuk Memilih Influencer di Bali.

Itu lah beberapa cara yang bisa anda gunakan jika ingin menjadi Youtuber. Siapa pun anda, Youtuber pemula sekalipun berkesempatan mendapatkan penghasilan besar dari konten Youtube yang berkualitas. Selamat mencoba.