blog, Marketing, Social Media

Tinggalkan Cara Jualan Lama! Update Bisnis Kamu dengan Strategi Marketing Instagram

Penggunaan sosial media kini telah menjadi rutinitas semua orang. Hampir setiap hari kita temui orang-orang yang asik bermain dengan gadget digenggamannya. Banyak sekali jenis sosial media yang telah berkembang dan setiap jenisnya memiliki fungsi dan tujuan berbeda pula atau bahkan dapat mencakup semuanya. Instagram merupakan salah satunya yang memiliki angka pengguna terbanyak dibanding jenis sosial media lainnya. Secara global pengguna aktif bulanan Instagram mencapai 1 miliar dihimpun dari Hoot Suite. Kemudian setidaknya ada sekitar 61juta lebih pengguna bulanan aktif di Indonesia, data ditunjukkan dari NapoleonCat. Angka ini tentu saja bukan bilangan yang sedikit. Jumlah pengguna yang berkembang pesat juga sangat mempengaruhi aktifitas publik dalam penggunaanya.

Penggunaan sosial media Instagram kini tidak lagi hanya sebatas mengeshare foto dengan tambahan caption sabagai pemanis konten individual. Namun, penggunaan Instagram kini juga telah banyak dimanfaatkan untuk berbisnis mengingat jumlah penggunanya yang fantastis. Nah, bagi kamu yang sedang atau baru memiliki sebuah bisnis, kini sudah saatnya kamu mengetahui teknik yang benar dalam mengelola akun bisnis Instagram untuk mendapatkan perhatian audience dan meningkatkan profit secara maksimal. Karena mendapatkan pembeli di Instagram sama halnya seperti di dunia nyata, jika keberadaan bisnismu tidak diketahui, aktivitas jual dan beli juga tidak akan dapat berlangsung begitu saja. Di dalam artikel ini akan membahas semua hal tentang Instagram untuk bisnis yang dapat membantu mengembangkan bisnis barumu.

 

Instagram For Business

Akun bisnis telah tersedia di Instagram secara gratis. akun Instagram bisnis juga mempunyai beberapa fitur yang tak ada di akun Instagram pribadi. Beberapa di antaranya adalah kamu bisa membuat Instagram Ads. Profil bisnis juga memungkinkanmu untuk melihat Insights dan kemampuan untuk mempromosikan.

Jika masih menggunakan akun pribadi, kamu bisa mengubahnya dengan mudah. Masuk ke menu Pengaturan, klik Akun dan Beralih ke Akun Profesional.

  • Insights

Insights di Instagram membantu memberi tahu informasi penting tentang followers dan postingan mana yang memiliki jangkauan dan engagement atau keterlibatan pelanggan paling tinggi. Dengan informasi-informasi ini, kamu bisa mengenal lebih dalam tentang perilaku (behaviour) dan demografis audience pada bisnismu. Dengan begitu, kamu bisa membuat konten yang lebih relevan dan sesuai untuk audience.

  • Promote

Fitur promote pada Instagram memperbolehkan untuk menjadikan postingan pada akunmu sebagai ads atau iklan di aplikasi Instagram. Ads tentunya membantu untuk berhubungan dengan pelanggan bisnismu. Hanya dengan memilih salah satu postingan yang sudah dishare di Instagram dan menambahkan action button. Kamu bisa memilih target audience dan memperbolehkan Instagram menyarankan target audience untukmu. Setelah itu, postingan tersebut akan dipromosikan sebagai iklan selama period yang sudah dipilih.

 

Optimasi Profil Bisnismu

Setelah beralih ke akun bisnis, kini saatnya kamu mengoptimasi kembali profil instagrammu untuk dapat menarik konsumen dan mengubahnya menjadi konsumen tetap. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk membuat akun bisnismu menjadi lebih menarik.

  • Username dan Bio

username Instagram bisnismu sebaiknya sama dengan username di profil social media bisnis lainnya agar mudah ditemukan. Selain username, informasi yang muncul di profil publik adalah website bisnismu (kolom untuk URL, yang bisa digunakan untuk mempromosikan campaign atau link yang terhubung langsung ke WA atau e-commerce) dan bio pendek. Gunakan bio untuk menjelaskan apa bisnismu dan apa yang orang-orang bisa harapkan dari akun Instagram tersebut. Call-to-action (CTA) harus ada dalam akhiran bio bisnismu. CTA ini untuk mendekatkan konsumen agar membeli produk Anda. Contohnya dengan menambahkan kalimat “Dapatkan diskonnya sekarang!”.

  • Foto Profil

Foto profil adalah hal pertama yang orang-orang lihat saat mengunjungi akun bisnismu. Selain itu, foto profil juga akan muncul di setiap komentar atau postingan yang kamu buat. Jadi, foto profil merupakan elemen terpenting dalam sebuah profil akun instagram. Maka dari itu, pilihlah foto profil yang menggambarkan brand atau bisnismu. Umumnya, akun bisnis menggunakan logo bisnis/perusahaan sebagai foto profil mereka. Namun, kamu juga bisa melakukan riset pada para pesaing untuk mengetahui foto profil apa yang mereka gunakan.

 

Strategi Konten Instagram Bisnis

Dengan akun bisnis, kamu perlu menyusun rencana marketing untuk membangun komunitas yang kuat dan melihat hasil yang konkrit untuk bisnismu.

  • Waktu posting

Memilih waktu posting yang tepat dapat mempengaruhi jumlah like atau view dari postingan foto kita. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih jadwal adalah dengan melakukan test di waktu yang berbeda dan lihat hasilnya. Mana postingan yang memiliki engagement paling tinggi. Setelah kamu melihat mana waktu yang paling tepat, masukkan waktu tersebut di content calender atau kalender editorialmu untuk menjadwalkan waktu posting Instagram akun bisnismu.

  • Konten yang bertema

Memilih konten dengan tema yang berbeda-beda membantu bisnismu menjamin bahwa audience tidak akan bosan dengan konten dari akunmu. Selain itu, konten yang berbeda-beda bisa membantu untuk mencapai objektif yang berbeda-beda. Misalnya, akun Instagram sebuah restoran yang memiliki objektif untuk meningkatkan brand awareness dan mencari pelanggan baru, pengenalan menu, maupun edukasi bahan pilihan dari menu atau fasilitas yang disediakan.

 

Membangun Brand Identity Instagram Bisnismu

Instagram adalah platform yang sangat visual, oleh karena itu sangat penting untuk membangun akun yang kohesif dan mudah diingat.

  • Visual yang konsisten

Gunakan filter yang sama pada setiap post. Dengan menggunakan filter yang sama di semua foto, akun Instagram bisnismu akan memiliki sebuah style yang mudah dikenali oleh follower. Karena salah satu objektif dalam menggunakan Instagram adalah untuk mendapat likes dan komentar. Semakin mudah foto dari akunmu dikenali, semakin besar kemungkinan followers akan memberi like dan meninggalkan komentar di postinganmu.

  • Sesuaikan subjek yang akan kamu promosikan

Secara visual, kamu perlu menentukan konten apa yang ingin dijadikan fokus dari akun bisnismu. Tentunya, jika kamu menjual produk makanan, foto-foto yang akan kamu upload di akun Instagram bisnismu adalah foto-foto menu makanan yang akan kamu jual. Tapi, tentu saja sesekali kamu boleh mengupload gambar yang mungkin tidak terkait dengan bisnismu, tetapi bisa menjadi postingan menarik untuk follower. Misalnya dengan memberikan kuis, konten edukasi atau informatif maupun foto staff bisnismu untuk menjadikan profil akunmu menjadi lebih personal.

  • Gunakan Brand Hashtags

Meskipun Instagram adalah social media yang mengutamakan visual, ada elemen non-visual yang perlu kamu tambahkan ke brand Instagram bisnismu, seperti misalnya gaya caption. Salah satu teknik yang populer adalah dengan menambahkan brand hashtags. Dengan membuat brand hashtag kamu bisa menarik audience menggunakan hashtag dari brand bisnismu. Kamu juga bisa menambahkan hashtag umum yang relevan dan sedang populer saat itu. Untuk mengetahui hashtag yang sedang populer, lakukan riset terlebih dahulu lewat pencarian tagar dalam menu Explore.

 

Manfaatkan Fitur Instagram dengan Maksimal

Ada banyak sekali fitur yang bisa kita pergunakan dan maksimalkan penggunaanya untuk mempromosikan akun bisnis kita di Instagram, berikut adalah beberapa fitur di Instagram yang sering kita jumpai dan mudah untuk dipergunakan.

  • Manfaatkan Instagram Stories

Instagram Stories berbeda dengan postingan Instagram pada umumnya. Selain karena hanya bertahan 24 jam, posisi Stories juga berada di atas feed akunmu. Perbedaan ini, membuat Instagram Stories mempunyai beberapa keunggulan dari postingan biasa. Tak jarang jumlah viewer di Ig Story lebih banyak dari jumlah like dipostingan feed akun binismu. Dari Ig Story kamu juga bias melihat insight dari audiencemu, berapa orang yang melihat, mengklik tag, dan mereplay story dari akunmu.

  • Instagram Story Highlights

Story Highlights merupakan stories yang sudah lewat dari batas waktu 24 jamnya dan sekarang diposting secara permanen di profil. Kamu bisa menemukannya dalam bentuk lingkaran-lingkaran kecil tepat di bawah bio. Fitur ini adalah cara tepat untuk menunjukkan stories terbaikmu kepada follower baru atau mereka yang dulu melewatkannya. Kebanyakan akun bisnis menggunakan Story Highlights untuk menampilkan jadwal operasi mereka, promosi yang sedang berjalan, lokasi toko fisik, menu, ulasan, dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa menambahkan gambar untuk cover Story Highlights bisnismu. Pastikan gambar tersebut dengan tepat mengilustrasikan stories tersebut dan sesuai dengan brand bisnismu.

  • Instagram Live

Untuk meningkatkan engagement, kamu bisa mencoba melakukan siaran langsung di Instagram. Opsi untuk live ini terletak di paling kiri saat kamu hendak membuat stories. Setelah live, para follower akan mendapatkan pemberitahuan secara otomatis. Sehingga mereka bisa langsung tahu bahwa kamu sudah memulai siaran langsung. Selain itu, saat siaran langsung posisi storiesmu juga berubah menjadi yang terdepan dibandingkan stories lainnya. Jadi, live dari akunmu benar-benar akan menjadi hal pertama yang follower lihat saat membuka Instagram.

  • Instagram TV

Instagram TV (IGTV) memungkinkan pengguna untuk menonton video dengan durasi panjang langsung dari aplikasi Instagram atau dari aplikasi IGTV terpisah. IGTV ini sangat mirip dengan YouTube. Untuk mulai menggunakan IGTV bagi bisnismu, download terlebih dahulu aplikasi IGTV. Setelah itu, Log In menggunakan akun Instagram bisnismu. Lalu, klik tombol Plus (+) di kanan atas untuk mulai membagikan video.

  • Swipe Up di Stories

Apabila akun bisnismu sudah mempunyai lebih dari 10 ribu follower, kamu bisa menambahkan link ke stories dalam bentuk swipe up atau “geser ke atas”. Fitur ini memungkinan untuk mengarahkan follower secara langsung ke landing page atau ke website bisnismu. Sehingga bisa meningkatkan leadsatau mempercepat transaksi bagi konsumen. Fitur-fitur di atas gratis (kecuali Instagram Ads), sehingga pastikan kamu menggunakan semuanya. Walaupun gratis, tapi jangan dianggap remeh karena manfaatnya tak bisa dipandang sebelah mata untuk bisnis onlinemu.

 

Kesimpulan

Penggunaan sosial media yang sangat signifikan bahkan kini telah banyak dimanfaatkan untuk berbisnis, tentu merupakan suatu peluang yang sangat menguntungkan. Dari sekian banyak pengguna dengan jangkauan seluruh Indonesia maupun Dunia ini tentu sangat menggiurkan dan menjanjikan untuk berpindah strategi ke strategi marketing Instagram. Namun, jika kamu sudah memanfaatkan sosial media Instagram ini secara tepat, hasil dari promosi branding maupun konversi yang masuk ke bisnis kamu pasti juga bisa mendapat hasil yang maksimal. Yuk terapkan dan praktekkan secara langsung langkah-langkah di atas dan buktika sendiri pada bisnismu. Jika ada pertanyaan, dan masih belum dipahami, kamu bisa tinggalkan komentar di bawah ya!

Related Posts