8 Teknik SEO 2020 Yang Harus Anda Ketahui
Marketing, SEO

Tren dan Teknik SEO 2020 Yang Harus Anda Ketahui

Apakah anda ingin tau perkembangan SEO di tahun 2020? Strategi dan teknik SEO apa saja yang akan menjadi Tren di tahun 2020? Simak tren dan teknik SEO berikut ini yang bakal ngehits di tahun 2020.

Tahun 2020 sudah di depan mata, di penghujung tahun 2019 Profesional SEO ( Search Engine Optimization ) dari seluruh dunia dikejutkan dengan di luncurkan nya algoritma terbaru dari Google yang di beri nama Bidirectional Encoder Representations from Transformers atau cukup di singkat BERT. Algoritma BERT adalah salah satu update terbesar yang pernah dilakukan Google dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Sekarang saatnya untuk melihat seperti apa SEO di tahun 2020, Strategi dan teknik SEO 2020 apa saja yang akan membantu dalam mendominasi Google SERP dan mengoptimalkan BERT.

Algoritma BERT dan Optimasi yang lebih Berfokus kepada Pengguna

algoritma google bert

Algoritma BERT di luncurkan pada Oktober 2019

Tren SEO 2020 yang paling hits adalah peluncuran Algoritma terbaru dari Google yang di beri nama BERT. Algoritma BERT tidak dapat di pungkiri akan sangat mempengaruhi Teknik SEO secara keseluruhan, sejak peluncuran nya algoritma terbaru dari Google ini sudah mendapatkan begitu banyak perhatian dari para Profesional SEO.

Algoritma BERT di klaim mampu memahami setiap keunikan dan relevansi dari gabungan kata maupun susunan kalimat sehingga hasil pencarian yang di hasilkan oleh laman pencari Google akan lebih relavan dan akurat hasilnya.

Dampak yang mungkin paling terasa dengan di luncurkan nya Algoritma terbaru dari Google tersebut pasti akan sangat banyak berpengaruh pada hasil pencarian di laman mesin pencari Google.

Update Algoritma BERT menjadikan kueri hasil pencarian menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. Algoritma BERT tidak bertujuan untuk memberikan penalti seperti Algoritma Google sebelumnya namun lebih bermaksud agar dapat memahami, menafsirkan tujuan maupun permintaan dari si pengguna.

Kehadiran algoritma BERT, membuat para pengguna memiliki lebih banyak pilihan dari pada sebelum nya, oleh sebab itu hasilkan konten yang benar-benar sesuai dengan keinginan pengguna anda dan tidak lagi hanya berpatokan pada riset kata kunci. Di tahun 2020 Para Profesional SEO yang benar-benar memahami maksud dan tujuan algoritma BERT akan beranjak dari meja mereka untuk turut ikut berbicara dengan para pelanggan, sehingga mereka dapat mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh audiens.

Mengoptimalkan Konten yang Berkualitas

 

konten seo

Konten yang unik dan berkualitas di sukai oleh Google Panda

Satu hal yang tidak berubah dari SEO adalah Konten, Konten tidak dapat di pungkiri telah banyak membawa kehidupan kedalam SEO. Membuat konten yang relevan dan berkualitas akan sangat baik untuk memulai SEO di tahun 2020. Untuk itu anda perlu belajar cara-cara menulis atau mempekerjakan orang yang tahu cara menulis. Sebelum di luncurkan nya BERT, masih banyak konten yang tidak seharusnya menempati peringkat pertama laman pencarian Google namun akan tiba hari di mana konten terbaik yang akan menjadi Juaranya.

Ubahlah mindset anda untuk dapat menghasilkan konten terbaik di web anda, Selain itu dengan pendekatan melalui konten, anda dapat memahami siapa audiens anda dan bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka.

Pada tahun 2020 adalah saat yang tepat untuk melihat dengan cermat kualitas konten anda dan mengoptimalkan konten anda lebih kepada pengguna daripada mesin pencari. Kunci untuk tetap sukses dalam pencarian Google di tahun 2020 adalah sama seperti sebelumnya yaitu menghasilkan konten yang baik.

Dan pada saat mesin pencari semakin beradaptasi dalam pemahaman bahasa manusia, konten yang ditulis untuk manusia sebagai pengguna akan selalu menang.

E-A-T dan YMYL

teknik seo 2020

istilah E-A-T dan YMYL digunakan Google untuk mencegah Penipuan

Selama beberapa bulan terakhir anda mungkin telah melihat istilah E-A-T (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness) beredar di mana-mana, di tulisan blog, di forum, di komunitas di Group Facebook maupun di Video Youtube. Istilah E-A-T sendiri telah menjadi jargon penting dalam beberapa bulan terakhir karena istilah E-A-T ini adalah istilah yang di perkenalkan sendiri oleh Google bersamaan dengan istilah YMYL (Your Money or Your Life).

Google tidak hanya memberikan informasi yang benar dan relevan pada hasil pencarinya namun pada jenis pencarian tertentu, terdapat banyak sekali potensi yang dapat berakibat pada penipuan. Google ingin memastikan bahwa mereka merekomendasikan situs yang menampilkan Keahlian (Expertise) Otoritas (Authoritativeness) dan Dapat di percaya (Trustworthiness) yang merupakan kepanjangan dari E-A-T. Ini adalah cara yang Google gunakan untuk melindungi pengguna dari konten yang berkualitas rendah dan berpotensi merugikan penggunanya.

Memahami siapa yang bertanggung jawab atas sebuah situs web adalah bagian penting dalam menilai E-A-T dan secara khusus konten pada laman YMYL (Your Money or Your Life) wajib di buat seorang Author yang memiliki keahlian dan dapat di percaya terhadap konten yang ada pada halaman tersebut dan untuk tulisan pada Blog berarti sang penulis adalah seorang yang memiliki keahlian yang cocok pada konten di tulisan tersebut. Di tahun 2020 faktor E-A-T dan YMYL akan menjadi komponen yang sangat penting untuk memaksimalkan strategi SEO anda di tahun 2020.

UX dan Technical SEO

teknik seo 2020

User Experience dan Technical SEO menjadi Tren SEO terbaru 

Tren SEO 2020 yang harus difokuskan oleh para profesional adalah UX (User Experience), ada berbagai bidang optimisasi pada UX yang membutuhkan tingkat keahlian tersendiri. Setiap Profesional SEO tidak harus menjadi ahli dalam bidang UX. Namun, mereka harus memiliki pemahaman tentang prinsip dasar UX pada situs web. Optimasi UX sendiri lebih banyak berfokus pada pengalaman pengunjung pada saat mengunjungi situs web anda.

Apakah situs anda memiliki PageSpeed yang baik, aman dan terenkripsi menggunakan SSL ( Secure Socket Layer ), Responsive dan Mobile Friendly? Apakah anda memiliki konten berkualitas yang dapat membuat pengguna anda betah berlama-lama di situs web anda? Apakah situs anda mudah di navigasi dan memiliki load speed yang baik? Ini semua adalah elemen yang dipertimbangkan oleh Google dan mesin pencari lainnya dalam menentukan peringkat situs web Anda, oleh sebab itu mengapa UX menjadi sangat penting untuk mengoptimalkan teknik seo 2020.

Technical SEO dan UX sepertinya tidak saling terkait, UX berfokus pada apa yang diinginkan pengguna dan beberapa faktor seperti desain, kecepatan situs, keamanan situs web dan konten, sementara Technical SEO adalah tentang cara mengoptimalkan situs web mulai dari JS Framework, AMP (Accelerated Mobile Pages), PWA (Progressive Web Apps), Bot, Server, dan Kode. Namun, Technical SEO dan UX memiliki tujuan yang sama yaitu sama-sama tentang kecepatan situs dan kecepatan halaman.

Mobile SEO

tren seo 2020

Pencarian melalui Platform Mobile naik 56% pada tahun 2019

Mengoptimalkan Mobile SEO adalah salah satu teknik seo 2020, saat ini ponsel telah menjadi kebutuhan premier untuk setiap orang, perkembangan teknologi ponsel yang semakin canggih membuat seseorang menjadi ketergantungan dan tidak bisa lepas dari ponsel nya.

Saat ini banyak hal dapat di lakukan melalui ponsel, mulai dari bermain game, membaca berita, belanja online, mencari pasangan, memesan makanan, mengirim uang sampai berbisnis, era saat ini di mana semua dengan mudah dapat di akses melalui ponsel.

Saat ini semakin banyak pencarian di internet dilakukan melalui ponsel, situs web yang tidak Mobile Friendly berpotensi kehilangan banyak pengunjung apabila tidak segera mengoptimalkan situsnya agar lebih responsive dan mobile-friendly.

Untuk itu, tingkatkan situs Anda agar mudah ditampilkan dengan baik di ponsel sehingga konsumen akan memiliki pengalaman pengguna yang lebih baik, ini akan berdampak pada peringkat situs anda di halaman Google SERP. Ada banyak cara untuk mengoptimalkan situs anda agar lebih ramah mobile, seperti meningkatkan page load, struktur situs, maupun menambahkan AMP (accelerated mobile page) dan PWA (progressive web apps).

Struktur Data

tren seo 2020

Struktur data yang baik akan memudahkan robot google memetakan situs anda

Konten berkualitas tetap akan menjadi faktor penting dalam Teknik SEO di tahun 2020. Namun, algoritma masih belum sepenuhnya memahami konteks, kita masih perlu memberikan petunjuk kepada mesin pencari untuk lebih memahami dan memberikan hasil berdasarkan keinginan pengguna.

Ini berarti menyusun struktur data website yang dapat membantu mesin pencari untuk memahami tidak hanya konten yang ada di halaman situs web, tetapi juga bagaimana setiap elemen saling terhubung dan berkaitan dengan elemen lainnya dan bagaimana setiap laman berhubungan dengan laman lainnya. Membuat data yang terstruktur akan memudahkan mesin pencari dalam memetakan situs anda dan buruk nya implementasi struktur data pada web anda akan ikut berpengaruh terhadap hasil pencarian situs web anda di laman mesin pencari.

Optimasi Entitas dan Knowledge Panel

panel pengetahuan sun media

Panel pengetahuan Sun Media Digital Marketing Agency di Google

Teknik SEO 2020 berikutnya adalah entitas, sekarang ini semakin banyak yang melakukan pencarian di Internet yang memasukkan unsur entitas di dalam nya seperti pencarian alamat, pencarian no telfon, pencarian toko offline, pencarian alamat kantor, pencarian jasa pengiriman, mencari orang dan lain sebagainya.

Google menemukan cara untuk memasukkan informasi terkait entitas dalam hasil pencarian nya salah satunya melalui Google Bisnisku, Anda dapat mengoptimalkan entitas anda dengan memasukkan semua data yang pengguna butuhkan untuk mencari no telfon Kantor, alamat toko maupun alamat Bisnis anda, Semua data yang terhubung dengan entitas anda akan Google muat pada Panel Pengetahuan ( Knowledge Panel ) di laman mesin pencari Google.

Pencarian lokal adalah yang terbanyak dalam pencarian berbasis entitas, untuk itu anda perlu mengoptimalkan SEO Lokal di tahun 2020 agar bisnis maupun jasa anda lebih mudah di temukan oleh para pengguna yang sedang membutuhkan jasa maupun bisnis anda.

Brand dan Link Building

teknik seo 2020

Brand Building menjadi teknik SEO terbaru di tahun 2020

Link Building telah banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir, Perubahan ini telah melahirkan era di mana berbagai ideologi pemasaran di integrasikan ke SEO, di tahun 2020 Link building yang berfokus pada keyword tidak lagi menjadi prioritas dan telah berganti menjadi Brand Building dalam membangun Awareness.

Branding oleh perusahaan di yakini akan meningkatkan kemampuan perusahaan melalui suatu merek, semakin kuat kesadaran konsumen terhadap suatu merek maka akan semakin meningkatkan potensi dan kualitas dari merek tersebut.

Kesimpulan dari Tren dan Teknik SEO 2020 

SEO adalah gabungan dari sains dan seni, Seni terletak pada pembuatan dan penyajian konten yang dapat mempengaruhi keputusan dari seorang pengguna, apakah ingin menggunakan jasa dan membeli produk kita, sedangkan pada bagian sains berkaitan dengan hal-hal teknis seperti mengoptimalkan halaman website dan berbagai hal teknis lain nya.

Related Posts