blog, Marketing

Artificial Intelligence di Indonesia Jadi Teknik SEO Tahun 2020

Tren pemasaran yang semakin berkembang membuat pelaku bisnis merancang strategi marketing yang lebih efektif dalam memenangkan persaingan pasar. Saat ini, digital marketing di Indonesia menjadi satu di antara strategi pemasaran yang terbukti ampuh menghasilkan keuntungan.

Para pelaku bisnis berlomba-lomba membuat aset digital berupa website bisnis yang memiliki visibilitas tinggi di daftar pencarian online. Untuk itu, menguasai teknik SEO (Search Engine Optimization) menjadi hal wajib yang harus diterapkan sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan digital.

Visibilitas website yang baik akan meningkatkan brand awareness dan menambah tingkat kepercayaan konsumen. Kenyataannya, 80 persen konsumen akan melakukan riset melalui mesin telusur digital seperti Google sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk barang maupun jasa.

Perubahan ini membuat konten website yang dioptimasi melalui teknik SEO menjadi kebutuhan para pelaku usaha. Namun, seiring perkembangannya algoritma yang diterapkan Google selalu mengalami perubahan. Hal ini membuat para ahli SEO merancang berbagai strategi demi membuat website mereka bertengger di peringkat pertama daftar pencarian Google.

Penggunaan keywords atau kata kunci bervolume pencarian tinggi, masih sangat membantu dalam menaikkan reputasi digital sebuah bisnis. Selain itu, para ahli SEO juga dituntut jeli melihat segala perubahan algoritma yang diterapkan Google.

Menyambut tahun 2020, tren yang diterapkan pada teknik SEO kemungkinan besar mengalami perubahan. Untuk itu, melalui artikel ini kami akan mengulas secara mendalam mengenai teknik SEO yang akan menjadi tren pada tahun 2020, sebagai berikut:

  1. Pencarian Suara (Google Voice)

Perkembangan teknologi membuat Google mengembangkan fitur yang lebih canggih. Jika sebelumnya, pengguna internet diminta untuk memasukkan teks atau kata kunci tertentu di mesin telusur, beberapa tahun belakangan ini Google Voice, atau fitur pencarian menggunakan suara semakin diminati.

Pada tahun 2020 mendatang, pengguna fitur ini diperkirakan mengalami peningkatan yang signifikan. 50 persen lalu lintas online akan datang dari pertanyaan yang diucapkan melalui Google Voice. Tren ini menuntut para ahli SEO untuk melakukan riset mendalam terhadap kata kunci apa yang bakal sering diucapkan oleh pengguna Google Voice.

  1. Kecerdasan buatan (Artificial Intelligent)

    Google diprediksi akan menerapkan teknologi Artificial Inteligent di Indonesia dalam algoritma nya. (Ilustrasi: Adi Prayoga)

Tak bisa dipungkiri bahwa teknologi kecerdasan buatan (AI) semakin berkembang di Indonesia. Fitur ini memungkinkan penggunannya mudah melakukan perintah terhadap suatu sistem.

Secara garis besar, AI merupakan simulasi kecerdasan masnusia yang diprogram agar dapat berpikir seperti manusia. Teknologi ini disematkan pada sistem komputer berspesifikasi tinggi, sehingga dapat meniru cara berpikir dan bertindak layaknya manusia.

AI sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan para pebisnis. Melalui teknologi ini, pelaku bisnis dapat dengan mudah mendeteksi target pasar, menentukan strategi pemasaran, bahkan menganalisa kompetitor termasuk kemungkinan ancaman yang akan terjadi pada website bisnis mereka.

Kabarnya Google juga tengah mengembangkan teknologi ini dalam algoritma yang diterapkan pada tahun 2020 mendatang. Fitur artificial intelligent di Indonesia sendiri sudah dikenal oleh pengguna internet, antara lain:

  • Google Voice

Google Voice termasuk dalam teknologi artificial intelligent (AI). Fitur ini dirancang agar algoritma yang diterapkan Google mampu mengenali dan membaca perintah lewat suara.

  • Google Lens

Merupakan teknologi AI yang dirancang untuk mengenali gambar. Kecerdasan buatan pada Google Lens mampu memunculkan informasi yang relevan dari objek yang diidentifikasi secara visual. Anda bisa menggunakan Google Lens untuk meneliti gambar yang tersimpan di ponsel. Aplikasi ini akan mengidentifikasi merek atau nama objek tersebut, bahkan mengubah bahasanya sesuai keinginan anda.

  • Google Duplex

Fitur yang telah diperkenalkan Google pada tahun 2015 ini dirancang untuk menaggapi pertanyaan. AI yang diprogramkan pada Google Duplex mampu melakukan percakapan secara natural dengan manusia. Kemampuan bercakap-cakap secara natural ini harus dilatih menggunakan program yang spesifik seperti menjelaskan produk, meminta informasi tentang restoran, dan hal yang spesifik lainnya.

  1. Visual dan Grafis

Tak hanya suara, visual dan grafis juga menjadi teknik yang akan berkembang dalam pencarian digital. Visual bergerak seperti video semakin populer dalam pemasaran digital, dan kemungkinan besar video juga digunakan sebagai referensi teknik SEO.

Penyajian video yang dimaksud tak hanya dilihat dari tingkat popularitasnya seperti di Youtube misalnya. Di tahun 2020 mendatang, setiap video yang diunggah ke berbagai platform online harus memiliki keywords yang populer dan banyak dicari audiens.

Video diprediksi bakal merajai pencarian digital di tahun 2020. Video bahkan akan menjadi magnet dari lalu lintas internet. Sebanyak 75 persen pengguna internet akan mencari informasi yang disajikan dalam bentuk video.

  1. User Experience (UX)

Pada tahun 2018 lalu, pengalaman pengguna internet menjadi satu di antara pertimbangan Google dalam menerapkan algoritma terbaru. Cara kerjanya yaitu dengan memberikan peringkat pada website yang memiliki kualitas UX yang tinggi.

Kualitas UX dapat diukur melalui kenyamanan dan durasi pengguna internet saat mengunjungi sebuah website. Sehingga website yang akan muncul pada peringkat pertama Google merupakan website yang membuat betah pengunjungnya.

UX juga diukur berdasarkan kemampuan sebuah website dalam menerapkan fitur mobile-friendly. Hingga saat ini, jumlah pengguna smatphone yang semakin meningkat turut mempengaruhi pencarian online. Tak heran jika akses pencarian di mesin telusur Google didominasi oleh para pengguna ponsel pintar.

Kehadiran teknologi ponsel yang semakin canggih dan lengkap diperkirakan meningkat pada tahun 2020. Hal ini juga berpengaruh pada tren pencarian digital. Tahun 2020 mendatang, jumlah pencarian menggunakan perangkat mobile diprediksi bakal mengalami pengingkatan yang signifikan.

  1. Chatbots

Masih dalam ruang lingkup user experience, fitur Chatbots juga perlu dipertimbangkan dalam penerapan teknik SEO di tahun 2020. Fitur ini dirancang agar website bisnis anda memiliki mesin penjawab otomatis.

Fitur ini akan membalas pertanyaan yang diajukan pengunjung situs anda melalui chat. Website yang cepat tanggap lebih disukai oleh pengunjung, sehingga pengunjung merasa lebih dihargai saat ingin mendapatkan informasi mengenai produk yang anda tawarkan.

Fitur ini dapat menjawab pertanyaan umum yang bisa diatur sesuai keinginan anda. Chatbot juga ditunjang dengan teknologi yang akan meneruskan pertanyaan konsumen ke kontak personal anda. Jangan sampai konsumen potensial anda beralih ke kompetitor karena merasa tidak dihargai.

  1. Sajikan Konten Berkualitas

Konten yang berkualitas masih akan menjadi tren SEO di tahun 2020. Algoritma Google yang semakin canggih akan mempertimbangkan kualitas dari sebuah konten yang disajikan oleh website. Menggunakan kata kunci yang bervolume pencarian tinggi memang dapat membantu website anda masuk dalam peringkat pertama pencarian Google.

Namun, tanpa ditunjang dengan konten yang berkualitas, upaya itu akan sia-sia. Karena Google akan menugaskan crawler atau bot yang dirancang untuk memantau setiap konten. Jika crawler menganggap konten yang dikunjungi tidak natural dan tidak mudah dibaca, sistem Google akan menganggap website tersebut sebagai spam, sehingga akan terlampar jauh dari daftar utama pencarian Google.

Sajikanlah konten yang seseuai dengan bisnis anda. Jangan sekali kali menyadur sebuah konten dari situs lain tanpa melakukan modifikasi sama sekali.

  1. Membangun Backlinks yang Berkualitas (Link Building)

Link building merupakan kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan dalam teknik SEO. Membangun jaringan tautan secara internal dan eksternal memerlukan proses yang konsisten.

Bangunlah backlinks yang berkualitas dengan menyajikan konten yang juga berkualitas. Jika konten anda berkualitas, maka semakin besar kemungkinannya dijadikan referensi oleh website lain. Website yang menggunakan konten anda haruslah menanamkan backlink menuju situs anda. Cara ini membuat Google akan menganggap website anda memberi solusi banyak orang, sehingga akan direkomendasikan pada halaman pertama.

Anda bisa saja membayar pemilik website lain untuk menautkan konten anda. Namun anda harus memperhatikan apakah website yang anda tanamkan link itu berkualitas dan memiliki reputasi baik. Backlink berkualitas rendah tidak akan menghasilkan keuntungan untuk website bisnis anda. Lagipula membeli tautan semacam ini termasuk dalam kategori black hat SEO yang tidak disukai Google.

  1. Membuat Website yang Responsif

Website yang mobile-friendly dan responsif menjadi syarat teknik SEO 2020. (Ilustrasi: Adi Prayoga)

Website yang responsif adalah yang memiliki kecepatan tinggi. Membangun page speed pada sebuah website menjadi pertimbangan dalam tren SEO di tahun 2020. Website yang responsif akan meningkatkan performa bisnis anda, page speed juga membuat pengunjung lebih betah berlama-lama melihat konten pada website anda.

Membangun page speed yang responsif menuntut web developer mempertimbangkan elemen yang berpotensi memperlambat kemampuan loading situs web. Anda bisa mengompresi gambar, menyingkirkan elemen serta plug in yang tidak terlalu penting, juga menghentikan penggunaan JavaScript berlebihan, seperti menampilkan animasi, gif, dan gambar bergerak pada website anda.

  1. Gunakan Jasa SEO Profesional

Menerapkan teknik SEO mungkin bukan pekerjaan mudah bagi pelaku bisnis. Namun jangan khawatir, anda bisa memanfaatkan jasa SEO profesional yang disediakan oleh perusahaan jasa digital marketing. Para ahli SEO profesional memiliki kelihaian dalam memainkan kata kunci dan menempatkan website anda pada peringkat pertama Google.

Bagi anda pelaku bisnis yang berdomisili di Bali, anda bisa mengetikkan kata kunci “Jasa SEO Bali” pada pencarian Google. Pilihlah jasa SEO di Bali yang anda temukan pada halaman pertama mesin telusur. Anda juga bisa mempertimbangkan tingkat keberhasilan dari jasa yang mereka tawarkan.

Pilihlah jasa digital marketing di Bali yang menawarkan strategi terukur dan efiesien, yang bisa dibuktikan melalui tingkat konversi tinggi. Hal ini penting dipertimbangkan agar biaya yang anda keluarkan untuk menyewa jasa mereka terbalas lewat keuntungan berkali lipat dan menghasilkan tingkat ROI (Return of Investment) yang tinggi.

Itu lah 9 teknik SEO yang bisa menjadi referensi anda untuk menerapkan strategi digital marketing di tahun 2020. Tingkat keberhasilan dari teknik tersebut tergantung dari kejelian dan kelihaian anda dalam mengamati tren yang berkembang di dunia pemasaran digital.

Seperti yang disebutkan di atas, anda juga bisa menjalin kerjasama dengan ahli SEO profesional. Para praktisi digital marketing biasanya memiliki tim yang mengerti tentang strategi search engine optimization. Anda bisa mengetikkan kata kunci Jasa Digital Marketing Bali, atau Jasa SEO Bali pada laman pencarian Google.

Pilihlah Jasa SEO di Bali yang berfokus pada strategi efektif, yang dibuktikan dari tingkat keberhasilan mereka dalam menempatkan produk layanannya di halaman pertama mesin telusur Google. Anda juga bisa mempertimbangkan Digital Marketing di Bali yang berfokus pada ROI (Return of Investment) dan tingkat konversi yang tinggi.

Editor: Rizaldi Abror

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *