UMKM di Indonesia
blog, Marketing

Tips Bisnis: Dapatkah UMKM Indonesia Bertahan di Tengah COVID-19?

Tahun 2020 diprediksi sebagai tahun yang baik untuk perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Hal ini mengingat banyaknya program pengembangan kapasitas dan kebijakan yang mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Satu di antaranya adalah bantuan permodalan dan akses kredit usaha dari Kementerian Koperasi dan UMKM.

UMKM di Indonesia

Batik Saestu (foto: Doc. Biro Humas Kemenpar RI)

Rencananya, setiap UMKM di Indonesia akan diberikan hibah permodalan sebesar Rp. 10 hingga Rp. 12 juta. Bantuan ini akan disalurkan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan UMKM (LPDB-KUMKM) ke seluruh pelaku UMKM di sejumlah daerah di Indonesia. Sayangnya, program yang belum tuntas ini tak jadi dilakukan akibat merebaknya virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

Pandemi COVID-19 ini menghantam telak kondisi ekonomi nasional. Sektor UMKM pun menjadi salah satu unit bisnis yang paling merasakan dampak dari COVID-19. Sebanyak 60 juta UMKM di Indonesia kian terpuruk akibat penurunan omzet yang signifikan.

Terlebih pemerintah sedang menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial Beskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah. PSBB yang dilakukan untuk menekan angka penyebaran COVID-19 ini berdampak pada pemberhentian sentra-sentra perdagangan. Masyarakat mulai enggan berbelanja di toko fisik demi mengurangi kontak dengan orang lain. Jalur distribusi barang dan jasa pun harus terhenti karena kekurangan pelanggan.

Kondisi ini tentu akan terus terjadi selama Indonesia menetapkan status darurat COVID-19. Jika dibiarkan lebih lama, gulung tikar masal menjadi satu-satunya pilihan yang bisa dilakukan para pelaku UMKM. Saat ini, bantuan pemerintah mungkin menjadi salah satu harapan yang dinanti oleh UMKM di Indonesia.

Menunggu Bantuan Pemerintah

Tak bisa dipungkiri bahwa UMKM adalah sektor usaha yang memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Jadi, sudah seharusnya pemerintah memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM di Indonesia. Jika bantuan tersebut benar-benar terealisasi, pertanyaannya sampai kapan bantuan tersebut membuat UMKM bertahan?

Kenyataannya, tak semua pelaku UMKM di Indonesia mendapatkan akses Kredit Usaha Rakyat (KUR). Tak sedikit pula yang berkembang tanpa bantuan permodalan sama sekali dari pemerintah. Maka dari itu, menunggu bantuan pemerintah saja bukan solusi yang tepat untuk saat ini.

Sekarang, Anda yang bergerak di sektor UMKM harus mampu bangkit sendiri. Jangan khawatir, masih banyak tips bisnis yang bisa Anda jalankan untuk bertahan di tengah pandemi. Sebelum lebih jauh, mari kita lihat data berikut.

Bisnis yang Mengalami Peningkatan Permintaan Saat Wabah COVID-19

Saat sebagian besar bisnis terancam gulung tikar, sejumlah bisnis ini justru mengalami peningkatan permintaan saat wabah COVID-19 melanda dunia. Apa saja itu?

  • Zoom Video

Aplikasi streaming konferensi video ini banyak digunakan untuk berinteraksi di masa pendemi ini. Zoom Video mengalami peningkatan pengguna hingga 67 persen dalam sehari.

  • Google Hangouts

Sejak wabah COVID-19 melanda dunia, pengguna aplikasi Google Hangouts meningkat pesat. Dalam sehari, aplikasi video online milik google ini diakses oleh lebih dari 100 ribu pengguna.

  • YouTube

Tak perlu diragukan lagi jika platform berbagai video ini selalu mengalami peningkatan. Banyaknya orang yang dirumahkan atau work from home, membuat YouTube semakin banyak diakses oleh penggunanya. YouTube bahkan menempati posisi teratas untuk kategori sosmed terpopuler di dunia.

Apa hubungannya dengan UMKM di Indonesia?

Ini lah alasannya kenapa pelaku UMKM dituntut untuk melek teknologi. Jika diamati, kenapa berbagai platform tersebut laris di masa pandemi COVID-19? Jawabannya adalah karena aplikasi tersebut memungkinkan orang berinteraksi tanpa harus melakukan kontak fisik.

Jadi, seperti model bisnis yang dijalankan Zoom Video, Google Hangouts dan YouTube, pelaku UMKM juga harus menjalankan strategi bisnis yang memudahkan konsumen berinteraksi tanpa datang ke toko fisik. Dalam bahasa sederhana, ini lah saat yang tepat bagi UMKM untuk beralih ke ranah digital.

Barikut merupakan alasan kenapa Anda harus mengubah haluan bisnis ke ranah digital:

  • Konsumen enggan melakukan kontak fisik.
  • Konsumen cenderung melakukan riset online sebelum membeli produk.
  • Konsumen gemar berbelanja online.
  • Konsumen banyak menghabiskan waktu di internet.
  • Konsumen memilih produk yang bisa diantar.

Mamasarkan produk secara online, tidak bisa diartikan secara sederhana. Kata online tidak selalu merujuk pada toko online, marketplace digital atau berjualan di social media. Beralih ke digital berarti Anda sudah siap memaksimalkan segala aset digital yang Anda miliki.

Tips Bisnis UMKM GO-Digital

Tips Bisnis Online

Berikut merupakan strategi bisnis yang bisa Anda lakukan untuk bertahan di tengah wabah COVID-19:

Manfaatkan Aset Digital

Anda hanya perlu memaksimalkan dua aset digital yang Anda miliki. Yaitu website bisnis dan social media bisnis.

  • Website Bisnis

Website ibarat kantor atau rumah produksi yang menyajikan segala informasi terkait bisnis yang Anda jalankan. UMKM yang memiliki website cenderung lebih mudah ditemukan oleh konsumen potensial.

Website yang dikelola secara profesional juga bisa digunakan sebagai media branding untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap sebuah bisnis. Website juga bisa menjadi jalur yang menghubungkan UMKM dengan para investor.

  • Akun Social Media Bisnis

Sebagian besar pelaku bisnis tentu memiliki akun social media. Jika Anda memiliki akun sosmed yang khusus menyajikan tentang bisnis Anda, ini lah saatnya membangun brand awareness dari akun sosmed Anda.

Sosmed bisnis seperti Facebook dan Instagram memiliki fitur analisa yang bisa Anda gunakan untuk melihat performa brand dari produk yang disajikan di sosmed. Fitur seperti engagement rate, reach, impression bisa Anda gunakan untuk menganalisa siapa saja audiens yang tertarik terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Baca Juga: 6 Tips Jualan di Instagram Untuk Pemula

Dari data tersebut, Anda lebih mudah merancang strategi pemasaran atau menjalankan kampanye iklan yang berfokus pada target pasar potensial Anda.

Manfaatkan Teknologi Penjualan

Sudah saatnya UMKM di Indonesia memanfaatkan teknologi yang memudahkan penjualan. Mengingat konsumen sedang membatasi kontak fisik, maka aplikasi penjualan berbasis digital merupakan solusi yang tepat untuk digunakan para pelaku UMKM.

Bagi Anda yang memiliki toko fisik, Anda bisa menggunakan aplikasi manajemen distribusi atau Distribution Management System (DMS). Aplikasi ini biasa digunakan oleh perusahaan distributor untuk memudahkan taking order atau melacak jalur distribusi.

DMS biasanya berbentuk web app yang terhubung dengan beberapa aplikasi mobile penunjang seperti Retail Direct Order atau Sales Force Automation. Retail Direct Order biasanya digunakan sebagai alat pemesanan langsung ke sentra-sentra retail.

Anda bisa memanfaatkan fitur ini kepada reseller atau dropshiper yang menjual produk Anda. Dengan aplikasi semacam ini, Anda lebih mudah memproses pesanan secara online dari mana saja dan kapan saja, tanpa harus bersentuhan dengan konsumen atau reseller.

Berikut keuntungan menggunakan aplikasi penjualan online:

  • Lebih Fokus Pada Target Penjualan

Karena bisa dijalankan dari mana saja dan kapan saja, Anda tidak perlu lagi memasarkan produk secara konvensional. Misalnya dengan membuka toko fisik atau berkeliling membuka jalur distribusi baru. Semua pekerjaan itu bisa Anda pantau hanya dari perangkat elektronik seperti ponsel atau laptop. Sehingga, Anda bisa lebih fokus mengembangkan strategi bisnis atau menjaring lebih banyak konsumen.

  • Hemat Biaya

Jika sebelumnya Anda mempekerjakan sales representative untuk menerima pesanan, sistem retail direct order dapat Anda gunakan untuk memangkas biaya operasional salesman. Dana operasional yang digunakan untuk membayar jasa sales bisa dikonversi menjadi voucher diskon atau harga spesial kepada reseller yang melampaui target penjualan.

  • Mudah Digunakan

Beberapa developer aplikasi penjualan online bahkan telah membenamkan fitur laporan keuangan pada produknya. Sehingga Anda tak perlu lagi repot-repot membuat neraca perdagangan untuk memantau cash flow penjualan.

Anda hanya perlu menginput data melalui ponsel pintar, secara otomatis seluruh transaksi akan tercatat dengan rapi pada fitur laporan keungan aplikasi tersebut. Sehingga, waktu yang Anda gunakan untuk membuat laporan keuangan bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal yang lebih penting.

Gunakan Strategi Search Engine Marketing

Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu strategi pemasaran online yang memanfaatkan mesin telusur. Ada banyak mesin telusur yang digunakan pengguna internet di dunia, seperti Bing, Naver, Baidu atau Yahoo Search. Namun tak bisa dipungkiri bahwa Google menjadi mesin telusur yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

SEM bisa dilakukan melalui platform Google Ads. Caranya adalah dengan menawarkan produk Anda mengunakan iklan berbayar.  Google Ads dapat digunakan untuk memilih kata kunci yang sesuai dengan produk yang ingin Anda iklankan.

Beriklan di Google Ads membuat produk Anda muncul secara otomatis pada Search Engine Result Page (SERP) Google.

Cara Menerapkan SEM

Menggunakan Google Ads ibarat membeli keywords yang digunakan untuk mewakili produk Anda dalam bentuk iklan. Iklan tersebut akan berlaku pada periode tertentu sesuai dengan ketentuan yang Anda inginkan. Website yang diiklankan biasanya dilabeli dengan logo Ad.

Misalnya Anda memiliki produk berupa kuliner kopi yang beroperasi di Bali. Anda bisa memilih kata kunci “Kedai Kopi di Bali, atau Kedai Kopi di Denpasar” sebagai keywords yang mewakili produk Anda. Saat orang mengetikkan nama itu di Google, secara otomatis produk Anda akan muncul di halaman pertama pencarian Google.

Keuntungan Iklan Google Ads

tren pemasaran online

Berikut merupakan keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat beriklan di Google, antar lain:

  • Produk Anda Muncul Secara Instan

Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk melakukan pengaturan Google Ads. Jika tidak sempat, jangan khawatir, kami memiliki tim Google Advertising yang siap membantu mengatur kampanye iklan Anda secara efektif.

  • Memiliki Jangkauan yang Luas

Anda bisa memilih lebih dari satu kata kunci untuk mengiklankan produk. Jadi, setiap kali ada yang mengetikkan salah satu dari keywords tersebut, secara otomatis, Google akan merekomendasikan website Anda di halaman teratas.

Cara ini sangat efektif dilakukan mengingat jangkauan pencarian Google yang cukup luas. Bisa jadi banyak audiens yang sedang mencari produk yang Anda jual. Dengan beriklan di Google, konsumen potensial lebih mudah menemukan produk Anda.

  • Lebih Mudah Dipelajari

Menggunakan platform Google Ads lebih mudah dipelajari. Anda bisa melakukan kampanye yang terukur sesuai target yang Anda inginkan dengan cara ini.

Anda bisa mengatur kampanye iklan berdasarkan target konsumen yang ditentukan, seperti daerah konsumen, jenis kelamin, kesukaan konsumen, bahkan melalui apa yang sedang konsumen perbincangkan.

Ingat, Google adalah perusahaaan, tentu mereka juga ingin konsumen mereka mendapatkan konsumen yang lebih banyak. Dengan begitu Anda akan lebih sering beriklan di Google, dan semakin banyak pula konsumen yang dihasilkan dari iklan Google.

Gunakan Teknik Search Engine Optimization (SEO)

seo.com

Optimalkan website anda menggunakan teknik SEO. (Foto: Dok. Seo.com)

Saat ini teknik SEO telah menjadi strategi pemasaran online yang cukup mumpuni mendatangkan keuntungan. Dalam bahasa sederhana, teknik SEO adalah upaya untuk mempengaruhi mesin pencarian online agar menampilkan konten atau situs bisnis pada daftar utama penelusuran online.

Pada tahun 2020, teknik SEO mejadi sesuatu yang wajib dikuasai oleh para pelaku digital marketing di Indonesia. Mempelajari teknik SEO memang tidak mudah. Teknik ini memerlukan kecakapan analisa dengan rumus yang kompleks, hasil dari optimasi menggunakan teknik SEO pun selalu berubah ubah tergantung dari algoritma yang diterapkan oleh Google.

Manfaat Menggunakan Teknik SEO

  • Memenangkan Persaingan

Website yang berada di peringkat teratas pencarian Google, berpotensi lebih besar untuk mendapatkan konsumen potensial. Teknik SEO yang tepat, membantu website Anda memenangkan persaingan digital di antara kompetitor serupa.

  • Meningkatkan Konversi

Website yang mudah ditemukan di pencarian online tentu berpotensi untuk menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi. Teknik SEO yang kami jalankan memadukan teknik optimasi website dengan teknik copywriting yang menjual. Melalui teknik ini, potensi untuk menghasilkan konversi yang lebih tinggi pun akan semakin terbuka lebar.

Baca Juga: 9 Teknik SEO Yang Menjadi Tren Pemasaran di Tahun 2020

  • Meningkatkan Brand Awareness

Dengan teknik SEO, bisnis Anda lebih mudah mendapatkan reputasi digital. Reputasi bisnis yang baik cenderung meningkatkan brand awareness dari bisnis yang Anda jalankan.

  • Tidak Membutuhkan Biaya Iklan

Karena ditujukan untuk menjaring traffic organik, menggunakan teknik SEO tentu akan meningkatkan performa website Anda secara organik pula. Website yang muncul natural di daftar pencarian Google tentunya tidak memerlukan biaya iklan. Selain lebih hemat, teknik SEO yang tepat membuat website Anda lebih disukai oleh alogirtma Google, sehingga akan direkomendasikan pada peringkat teratas daftar pencarian.

Kesimpulan

Ulasan di atas menujukkan betapa wabah COVID-19 sangat mempengaruhi perkembangan UMKM di Indonesia. Jangan menyerah, ini lah saat yang tepat bagi Anda para pelaku UMKM untuk membenahi strategi bisnis yang dijalankan. Kita semua berharap pandemi ini segera berakhir dan kondisi perekonomian nasional kembali pulih seperti sedia kala.

Saat ini, berdiam di rumah meruapakan solusi yang tepat untuk membatasi penyebaran COVID-19. Anda bisa memanfaatkan momen #dirumahaja untuk melakukan branding yang berguna meningkatkan awareness terhadap bisnis Anda di masa mendatang.

Baca juga artikel berikut:

 

Related Posts