Tips digital marketing -lead generation - jasa digital marketing Bali - Jasa SEO Bali
blog, Marketing

7 Tips Digital Marketing untuk Memburu Leads Potensial

Calon pelanggan jaman sekarang sudah lihai melakukan riset kecil sebelum melakukan pengambilan keputusan. Dalam persaingan bisnis suatu produk atau jasa diperlukan suatu cara memburu leads agar dapat menarik orang-orang untuk memilih layanan Anda. Karakteristik konsumen pada dasarnya satu, yaitu mencari produk yang jauh lebih memberikannya keuntungan. Ikutin yuk tips digital marketing Sun Media untuk mengenal pendekatan lead generation di bawah ini.

Kenali Pengertian Leads dalam Konteks Digital Marketing

Leads mengacu pada siapapun yang memiliki prospek besar untuk dikonversi sebagai pelanggan Anda. Apabila mereka berminat dengan layanan Anda, dengan senang hati mereka akan meninggalkan kontak untuk ditukar dengan informasi sehubungan dengan promo produk atau sekedar news release produk terbaru di gerai Anda. Untuk menjaring orang-orang ini diperlukan metode khusus untuk memancing keinginan beli mereka seperti: membanjiri mereka dengan artikel seru melalui blog, kupon belanja, giveaway, dll.

Selain itu, leads juga penting agar Anda nantinya dapat mengumpulkan data untuk analisis pasar yang lebih terperinci, membangun ikatan dengan calon pembeli Anda, dan melakukan promosi yang lebih menjanjikan dengan segmentasi pasar yang lebih ciamik.

Umumnya ciri-ciri leads yang kita jumpai di dunia pemasaran digital adalah:

  • Orang-orang yang sudah menikmati konten gratisan yang Anda buat seperti e-book, pdf gratis, men-subscribe newsletter atau sudah mengunjungi landing page Anda dan mencantumkan kontak mereka
  • Sudah bertanya terkait produk
  • Telah mencoba produk raw atau layanan dengan fitur terbatas untuk mengecek kualitas sekaligus menentukan apa mereka akan upgrade ke versi full atau yang lebih premium

Incar Traffic Tanpa Lead Generation = Strategi Digital Marketing Anda Bisa Sia-Sia

Sudah pasang budget iklan di berbagai platform digital, bayar jasa influencer, maksimalkan SEO lokal, tapi belum ada tanda-tanda leads yang prospek?

Jangan-jangan Anda hanya mendatangkan traffic?

Gamblangnya, traffic sendiri masih abstrak untuk melihat pelanggan yang prospect karena fungsi utamanya lebih ke membangun kesadaran masyarakat digital (awareness). Namun tanpa membuat langkah lead generation, bagaimana Anda dapat menggaet mereka? Dengan membiarkan calon pelanggan mencicipi produk Anda melalui konten-konten gratisan dengan syarat, lead generation membantu meyakinkan mereka bahwa produk atau jasa Anda layak beli. Terlebih lagi, mampu memecahkan permasalahan mereka (menyentuh pain point mereka).

7 Tips Digital Marketing untuk Dapatkan Leads

Nah, setelah mengidentifikasi signifikansi lead generation, apa saja cara yang ampuh untuk memberikan umpan bagi calon pembeli? Yuk simak lebih lanjut!

Landing Page

Tips digital marketing -lead generation dengan landing page - jasa digital marketing Bali - Jasa SEO Bali

Berbeda dengan website, landing page biasanya digunakan untuk platform yang bersifat promotional dan terdiri dari 1 halaman dengan detail seputar produk yang ditawarkan. Ini salah satu strategi lead generation yang paling lumrah digunakan di dunia digital marketing. Dengan memberdayakan landing page selain tampilan promosi tampak lebih elegan, Anda juga dapat mengarahkan traffic dari platform sosial menuju landing page tersebut dan membagikan konten premium secara gratis, kupon diskon, dll dengan imbalan kontak mereka. Yang mengisi form belum tentu langsung membeli namun Anda dapat terus terhubung dengan mereka dan menawarkan setiap produk Anda nantinya.

Tawarkan Freebies

Konten freebies biasanya sangat efektif untuk mengubah traffic Anda menjadi leads. Hal ini karena dengan cuma-cuma, orang dapat mengunduh konten gratisan Anda sebagai oleh-oleh seperti template worksheet, katalog, ppt, e-book, dll.  Untuk menemukan panduan untuk membuat freebies juga relatif mudah dan dapat dijumpai di internet. Pastikan konten tersebut berkualitas sehingga Anda dapat memenangkan kepercayaan calon pembeli.

Sediakan Subscription Button

Ini dapat Anda temukan di berbagai blog dengan klaim bahwa calon pembeli akan selalu update dengan konten eksklusif. Selanjutnya, mereka akan digiring untuk mengisi form subscribe sehingga nama dan alamat email dari si pengunjung berada dalam database Anda.

Related: Tips Digital Marketing Untuk Promosi Brand Yang Lebih Profit

Buat Free Webinar

Ingin sesuatu yang beda sebagai umpan leads Anda? Webinar bisa jadi solusi yang fleksibel dan hemat budget. Pembicara dan penonton bahkan tidak harus tatap muka, sesuatu yang sangat menguntungkan di tengah situasi pandemic ini. Untuk mengikuti webinar, Anda dapat membuat form pendaftar sebelum membagikan link webinar dan menambahkan sertifikat gratis bahkan. Topiknya dapat Anda sesuaikan dengan trend yang sedang banyak dibicarakan dan memberikan pembelajaran yang edukatif sehingga untuk menviralkannya juga tidak perlu waktu lama.

Challenge untuk Giveaway

Cara ini juga sudah sangat familiar dipakai banyak brand karena membuatnya mudah. Dengan tawaran yang menggiurkan, Anda bisa meraih jumlah leads yang benar-benar menggiurkan.

Kesempatan untuk Mencoba Produk Premium dengan Trial

Tips digital marketing -lead generation dengan free trial - jasa digital marketing Bali - Jasa SEO Bali

Jika Anda mantap dengan produk sendiri, jangan ragu untuk memberikan uji coba gratis untuk membuat calon pelanggan melihat kinerja produk Anda. Memberikan jangka waktu yang cukup panjang seperti Spotify di atas juga merupakan hal yang cerdas untuk membuat pengguna secara psikologis terbiasa dengan kecanggihan produk tersebut dan membangun rasa nyaman memakainya.

Sebarkan Voucher atau Kupon

Tips digital marketing -lead generation dengan Voucher - jasa digital marketing Bali - Jasa SEO Bali

Secara gratis maupun berupa tantangan untuk menunjukkan post seperti @gofreshbali untuk 1 cup gelato adalah metode yang ampuh untuk datangkan pembeli ke gerai langsung. Semua orang suka diskon atau mendapatkan voucher bonus saat berbelanja yang dapat diklaim dengan produk selezat gelato. Jangan lupa untuk maksimalkan sosial media Anda bukan hanya untuk kepentingan eksposure atau traffic namun mencari leads yang potensial.

Padukan Saat Melancarkan Strategi Digital Marketing

Artikel di atas bisa jadi acuan kamu untuk menambah wawasan strategi digital marketing yang lebih mutakhir dan profitable. Jangan lupa dipraktikkan ya! Yuk pelajari ilmu digital marketing lainnya bersama Sun Media disini. Apa Anda perlu tangan professional untuk jalankan iklan digital, SEO, maupun kelola akun media sosial bisnis Anda? Kami adalah partner terpercaya untuk berikan solusi terbaik berbasis ROI (Return of Investment). Konsultasi dengan kami sekarang melalui +628113862388 atau email kami: [email protected].

 

 

Related Posts