Marketing, Social Media

Tips Digital Marketing Untuk Promosi Brand Yang Lebih Profit

Siapa bilang produk lokal kalah pamor dengan brand luar?  Sudah banyak brand lokal beredar di pasaran dengan kualitas yang top-notch di Indonesia seperti: Eiger, The Executive, Hammer, Peter Says Denim, dan sekian lainnya yang bahkan sudah tembus pasaran Internasional. Selain kualitas mereka yang baik, kekuatan promosi juga sangat diperhitungkan apalagi di era digital marketing ini.

Apakah Anda Menyadarinya?

Nature dari konsumen kekinian adalah awareness; mereka menyukai brand produk yang aktif di wadah-wadah mereka mengekspresikan diri di sosial media. Tahukah Anda sebanyak 81% calon konsumen akan melakukan penelusuran dan riset terkait detail produk sebelum membeli? Siapa sangka bahwa jejaring sosial kini sudah bertransformasi menjadi alat pemasaran yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan calon target pasar. Lebih untungnya, pembeli juga dapat merekomendasikan produk Anda ke circle terdekat mereka.

Menyimak hal tersebut, makin banyak juga kehadiran penggiat bisnis yaitu individu yang ingin mencoba mencari tambahan penghasilan dengan berjualan online. Alhasil kompetisi juga semakin ketat, apalagi di jaman sekarang bisnis tidak harus menghabiskan modal yang banyak. Pintar-pintar kita memanfaatkan apa yang sudah ada. Yuk ikuti tips digital marketing dari Sun Media untuk menambah wawasan metode pemasaran digital yang bisa diterapkan untuk bisnis Anda kelak.

https://www.instagram.com/p/CMgk471Ar6k/

Ada berbagai produk yang sama dengan milik Anda di luar sana, bagaimana bersaing dengan mereka?

Takut kalah saing sehingga berlomba-lomba menurunkan harga. Mengetahui konsumen suka harga promo kemudian Anda merelakan harga jual yang sudah Anda tetapkan. Hal ini bukanlah suatu solusi yang stabil dan dapat dijalankan begitu seterusnya. Yang menjadi pertimbangan adalah bagaimana menanamkan mindset pada calon pembeli bahwa standar yang Anda terapkan membuat harga yang berlaku senilai dengan wajar.

Terlepas dari harga, Anda dapat melihat perbedaan strategi pemasaran yang kompetitor lain gunakan. Cara mereka mendatangkan pembeli dan mengedukasi masyarakat mengenai eksistensi produk mereka. Entah menggunakan strategi konten viral dan unik untuk meramaikan platform mereka di sosial media atau promosi dengan influencer. Dengan belajar dan meniru bahkan membuat produk yang jauh lebih baik akan memberikan Anda perspektif yang lebih positif mengenai produk hasil kerja tangan Anda.

Seberapa rinci Anda tentang Analisa Target Pasar Anda?

Untuk memulai penjajakan brand lokal Anda dengan digital marketing, detail dengan target pasar Anda memberikan strategi yang lebih baik untuk menjadikan kegiatan promosi lebih efektif. Kritis dalam mensegmentasi pasar Anda dapat dilakukan dengan membidik target berdasarkan lokasi, waktu, demografi, kebiasaan calon pembeli, dan daya beli konsumen.  Anda akan mengetahui dan dapat memperkirakan produk apa yang sangat dibutuhkan dan disukai konsumen. Lalu karakteristik seperti apa rata-rata pembeli Anda. Mempelajari siapa yang Anda hadapi memudahkan Anda menyusun strategi digital marketing yang cocok dan menarik perhatian mereka serta menentukan anggaran pemasaran.

Selanjutnya adalah menciptakan buyer persona untuk mengetahui bagaimana proses pengambilan keputusan konsumen sampai finalisasi orderan. Kegiatan ini mencakup riset yang lebih mendalam berbasis analisa target pasar yang Anda lakukan sebelumnya. Anda dapat mengategorikan setiap persona berdasarkan masalah dan tujuan yang ingin konsumen capai sehingga produk Anda menjadi solusinya. Selain itu, perlu juga untuk membuat buyer persona negatif untuk mengetahui apa yang menjadi keragu-raguan calon konsumen yang membatasi dan menghalangi mereka menggunakan jasa ataupun membeli produk Anda.

Baca juga: Pentingnya Menciptakan Buyer Persona untuk Kesuksesan Bisnismu

Sudahkah Eksperimen di Berbagai Platform Digital Marketing untuk Menemukan Yang Paling Tepat Untuk Bisnis Anda?

Terdapat banyak wadah digital yang dapat Anda explore untuk memulai online marketing. Anda dapat mengawali dengan media sosial dan mendaftar bisnis di marketplace. Beberapa media sosial bahkan sudah menambahkan fitur marketplace sehingga Anda dapat lebih mudah membuat katalog produk di satu platform. Beberapa media sosial dan marketplace yang terkenal seperti: Facebook, Instagram, Shopee, Tokopedia, OLX, dll.

Ketika calon konsumen mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan melalui bantuan Google, kecenderungan yang tampil adalah website terkait keywords atau marketplace. Untuk lebih canggihnya, Anda dapat mempertimbangkan pembuatan website khusus untuk bisnis Anda. Dengan mengoptimalkan SEO pada website untuk beberapa kata kunci tertentu Anda dapat tampil di halaman pertama Google. Branding menjadi lebih mudah dan dapat lebih menonjolkan nilai jual produk sehingga membawa keuntungan bagi Anda. Selain itu, memungkinkan juga untuk Anda melakukan personalisasi tampilan website sesuai keinginan Anda dibandingkan tampilan lapak online dan media sosial yang sudah dibuat seragam.

 Jaring Pelanggan Setia Anda dengan Mengelola Sosial Media

Akun sosial media seperti sebuah keharusan bagi para pemilik bisnis. Namun, sudahkah Anda mengelola akun-akun tersebut dengan baik? Media sosial juga merupakan alat untuk membangun ikatan dengan calon konsumen Anda. Melalui pengelolaan yang baik, brand Anda juga dapat lebih dikenal. Yang perlu kita ingat adalah kita mencoba untuk meningkatkan rasa percaya calon konsumen sehingga penting untuk membuat brand Anda lekat dengan mereka.

Kekuatan brand yang sesungguhnya adalah saat konsumen merekomendasikan produk Anda pada rekan-rekannya. Sebagai contoh teman Anda sedang memerlukan agensi digital marketing untuk mengelola secara profesional akun sosial media bisnisnya, lalu Anda langsung mengingat Sun Media. Itu artinya brand Sun Media telah melekat sebagai agensi digital marketing yang terpercaya dan dapat Anda handalkan.

Sayangnya, hal ini menguras waktu dan pikiran. Terkadang banyak pemilik akun yang lalai dalam mengurus akun bisnis mereka padahal di saat yang sama mungkin ada calon konsumen yang penasaran dan ingin bertanya. Namun karena akun kurang responsif, pelanggan yang prospek justru kabur. Kesalahan pada para pemilik akun bisnis kebanyakan adalah terlalu fokus pada tujuan promosi padahal interaksi dengan pengikut Anda, membuat konten yang sifatnya engaging juga berpengaruh terhadap tingkat loyalitas pengikut Anda.

Tidak ingin ribet? Jasa Social Media Management Sun Media bisa membantu untuk mengelola akun bisnis Anda. Kami akan berikan akses kemudahan Anda dengan menyiapkan content calendar agar konten dapat secara konsisten dan terjadwal terpublikasi. Selain itu, kami juga mempelajari target pasar Anda di sosial media sehingga kami dapat menyortir konten apa yang paling disukai pengikut Anda dan alhasil mendatangkan conversion yang lebih menjanjikan.

Pikirkan Strategi Promosi Digital Marketing dengan Ads dan Influencer

Peranan promosi digital marketing menjadi semakin diminati sejak bisnis online mulai marak. Hal ini disebabkan audiensnya lebih mengkhusus, menjangkau lebih luas, dan budgetnya pun dapat Anda atur. Memasang promosi di berbagai platform digital juga masih diperhitungkan karena hampir semua orang memiliki akses internet dan ini menjadikan semakin mudah pula untuk mereka menemukan brand bisnis Anda. Apalagi jika konten promosinya unik dan menarik dapat membuat brand Anda lebih menonjol dibandingkan yang lain seperti adanya challenge berhadiah maupun promo. Anda dapat memberdayakan Instagram Ads, TikTok Ads, YouTube Ads, Google Ads, dan Facebook Ads.

Baca juga: Trik Konten Masuk FYP di TikTok untuk Digital Marketing

Beriklan di jaman sekarang seperti tidak lengkap jika belum menggunakan jasa influencer. Bijak memilih influencer dapat Anda mulai dengan melihat followers dan engagement rate mereka. Jangan sampai tertipu dengan influencer dengan followers palsu. Pilihlah influencer yang bereputasi baik dan  mempublikasikan kontennya secara proporsional. Jika terlalu banyak yang dipublikasikan dalam sehari maka promosi Anda justru tergeser ke bawah.

Jangan Lupa Untuk Menerapkan Tips Diatas Yah Untuk Meningkatkan Efektivitas Digital Marketing Anda!

 Dari beberapa tips diatas, sudah berapa yang Anda terapkan untuk bisnis sendiri? Semoga artikel ini dapat memberikan ide berjualan jaman now yang Anda butuhkan ya. Jangan lupa untuk mengikuti kami di Instagram @sunmedia.co.id. Anda tertarik ingin membuat website profesional, beriklan dengan sosial media, atau memerlukan team yang ahli untuk mengurus sosial media Anda? Sun Media punya semuanya. Jangan ragu menghubungi kami di +628113862388 atau email kami melalui  [email protected]

Related Posts