Tren Pemasaran Online 2020
Marketing, SEO, Social Media

5 Strategi Pemasaran Online Yang Menjadi Tren Tahun 2020

Pemasaran online atau yang juga dikenal sebagai digital marketing, menjadi strategi yang terbukti ampuh untuk mendatangkan penjualan. Penggunaan internet yang semakin intensif, menjadikan tren strategi pemasaran online di tahun 2020 mengalami perkembangan ke arah yang lebih kompleks. Di tahun ini, ada sejumlah elemen penting yang turut mempengaruhi strategi pemasaran online tahun 2020.

Perubahan ini membuat para pelaku usaha berlomba-lomba untuk mengoptimasi teknik digital marketing demi menghasilkan keuntungan. Bagi anda yang sedang menjalankan bisnis online, maupun yag sedang mencoba teknik digital marketing, ada baiknya anda memperhatikan beberapa perubahan yang akan menjadi tren dalam pemasaran online di tahun 2020. Apa saja itu? Mari kita ulas lebih dalam melalui artikel ini.

Strategi Pemasaran Online Untuk Tahun 2020

  1. Mengoptimalkan Teknik Digital Marketing Menggunakan Social Media

tren pemasaran online

Tak bisa dipungkiri, media sosial masih menjadi tempat terbaik untuk menemukan konsumen potensial. Social media marketing adalah cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness pada bisnis anda di tahun 2020. Platform media sosial seperti Instagam dan Facebook masih menjadi andalan untuk membidik konsumen potensial.

Di Indonesia sendiri, tercatat ada lebih dari 1 milyar orang menjadi pengguna aktif platform Instagram. Ini lah yang membuat Instagram masih menjadi media terbaik untuk menjaring lebih banyak audiens untuk dijadikan konsumen sebuah bisnis.

Menggunakan akun sosial media bisnis seakan menjadi keharusan bagi pelaku usaha di era sekarang. Selain Instagram dan Facebook, platform berbagi video Youtube pun sangat efektif dijadikan strategi pemasaran online di tahun 2020.

Walaupun terlihat mudah, menjalankan social media marketing tidak lah sesederhana yang anda fikirkan. Untuk mengubah audiens menjadi pelanggan, anda harus memperhatikan begitu banyak kriteria dan strategi social media marketing yang terus berkembang.

Bagi anda yang sedang menjalankan social media marketing di tahun 2020 ini, menyajikan konten berkualitas yang dapat menjawab permasalahan banyak orang, merupakan syarat wajib untuk mendatangkan lebih banyak konsumen potensial pada akun media sosial bisnis anda. Jika dijalankan secara tepat, akun social media anda bisa menjadi alat pemasaran online yang efektif dalam mendatangkan keuntungan.

  1. Menggunakan Augmented Reality Untuk Bisnis Online

Pemasaran Online

Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Augmented Reality (AR) kan? Namun bagaimana bisa teknologi AR menjadi tren pemasaran online saat ini?

Sebelum lebih jauh, mari kita membahas teknologi AR. Augmented Reality adalah teknologi yang mampu memproyeksikan benda bertual 2 dimensi atau 3 dimensi pada sebuah lingkungan nyata.

Seperti di film fiksi ilmiah, anda bisa melihat sebuah benda 3 dimensi yang dapat disentuh dengan bantuan ponsel pintar di lingkungan nyata. Teknologi AR ini mulai populer beberapa tahun belakangan. Banyak perusahaan besar yang memasukkan teknologi AR dalam teknik digital marketing.

Contoh penggunaan teknologi AR yang populer adalah aplikasi game Pokemon Go. Game yang sempat booming di tahun 2015 lalu ini menggunakan animasi yang bisa ditangkap melalui layar ponsel pintar.

Adapula IKEA, perusahaan furniture asal Swedia ini menggunakan AR untuk menghitung skala penempatan furnitur virtual. Dengan aplikasi ini, anda bisa memilih dan memadupadankan furnitur yang sesuai untuk rumah anda sebelum membeli produk.

Teknologi AR juga digunakan untuk industri kosmetik, seperti pada aplikasi YouCam Makeup yang dikeluarkan oleh Perfect Crop. Aplikasi ini dibuat untuk melakukan virtual make up melalui kamera ponsel. Dengan teknologi ini, anda tentu lebih mudah memilih produk make up karena sudah mencobanya lebih dulu. Dari contoh tersebut, kita bisa melihat begaimana penerapan teknologi AR sebagai salah satu teknik digital marketing yang digunakan perusahaan dunia.

Namun untuk menggunakan teknologi ini diperlukan dana yang sangat besar. Banyak aplikasi yang harus dikembangan saat menggunakan teknologi ini, seperti efek 3D, artificial inteligent (AI), grafis yang beresolusi tinggi, dan masih banyak lagi.

  1. Konten Marketing Masih Jadi Tren Strategi Pemasaran Online

Tren Pemasaran

Walaupun sudah cukup lama digunakan sebagai strategi pemasaran online, konten marketing masih menjadi senjata ampuh yang mampu menghasilkan penjualan.

Konten marketing adalah strategi bisnis online menggunakan konten berkualitas. Konten yang dimaksud tidak hanya berbentuk artikel atau copywriting semata, konten visual seperti foto dan video juga dapat menarik minat audiens untuk mengunjungi sebuah bisnis.

Konten marketing sangat berkaitan dengan optimasi aset digital. Untuk melakukan strategi ini, pastikan anda memiliki berbagai aset digital seperti website bisnis, marketplace, juga akun media sosial bisnis. Konten berkualitas yang menyajikan informasi yang diperlukan banyak orang, dapat menarik minat audiens menjadi traffic situs bisnis, membangun brand awareness, yang pada akhirnya dapat menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi.

  1. Search Engine Optimization (SEO) Jadi Teknik Digital Marketing

SEO Jadi Teknik Digital Marketing

Saat ini teknik SEO telah menjadi strategi pemasaran online yang cukup mumpuni mendatangkan keuntungan. Dalam bahasa sederhana, teknik SEO adalah upaya untuk mempengaruhi mesin pencarian online agar menampilkan konten atau situs bisnis pada daftar utama penelusuran online.

Pada tahun 2020, teknik SEO menjadi sesuatu yang wajib dikuasai sebagai teknik digital marketing di Indonesia. Mempelajari teknik SEO memang tidak mudah. Teknik ini memerlukan kecakapan analisa dengan rumus yang kompleks, hasil dari optimasi menggunakan teknik SEO pun selalu berubah ubah tergantung dari algoritma yang diterapkan oleh Google.

Walaupun rumit, SEO mampu menghasilkan lebih banyak traffic organik pada website bisnis. Ini lah mengapa teknik SEO sangat diminati sebagai teknik digital marketing. SEO terbukti ampuh mendatangkan keuntungan pada bisnis online yang anda jalankan. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mempelajari teknik SEO di tahun 2020, sebagai berikut:

  • Mengandalkan Features Snippet

Seorang pelaku SEO profesional dapat meningkatkan visibilitas website bisnis di laman pencarian online Google dengan mengoptimalkan penggunaan featured snippet. Tak jarang, anda akan menemukan hasil pencarian online tanpa harus mengunjungi sebuah website. Hasil pencarian ini dinamakan zero-click search, atau position zero.

Jika sudah menempati posisi ini, website anda akan direkomendasikan oleh Google pada peringkat teratas halaman satu penelusuran online. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan zero-click search, antara lain:

    • Menggunakan long-tail keywords berbentuk kalimat tanya.
    • Menyajikan konten website yang menjawab pencarian user secara lengkap dan jelas.
    • Menggunakan konten dengan format list atau daftar jawaban.
    • Membangun backlink yang berkualitas.
  • Mengenal Algoritma BERT

Pada tahun 2019 lalu, Google baru saja mengeluarkan algoritma terbarunya. Algoritma bernama BERT ini akan menjadi tren pada pemasaran online di tahun 2020.

Sekilas mengenai algoritma ini, BERT (Bidirectional Encoder Representations Transformers) adalah teknologi terbaru yang dirancang agar Google memahami konteks pencarian online secara lebih manusiawi.

Artinya, Google sekarang dirancang untuk dapat mencari korelasi dari setiap kata kunci yang diketikkan user secara lebih dinamis. Contoh sederhananya adalah, saat kita mengetikkan sebuah kata kunci tertentu, Google akan mengeluarkan hasil pencarian yang susunannya sama persis dengan kata kunci tersebut.

Agar lebih mudah dipahami, kita ambil contoh kata kunci “Jasa SEO Bali” misalnya, untuk dapat menguasai halaman pertama penelusuran Google, kita harus memasukkan kata kunci “Jasa SEO Bali” dalam konten website bisnis tanpa mengubah bentuk dan susunannya. Menggunakan kata kunci khusus semacam ini terkadang kerap membuat konten terlihat tidak manusiawi.

Nah, kehadiran algoritma BERT ini membuat teknik penataan kata kunci seperti tadi tidak lagi diperlukan. Sekarang, anda bisa memasukkan kata kunci yang lebih berbunyi dan nyaman dibaca manusia, seperti “Penyedia Jasa Optimasi Website Yang Berbasis di Bali”, atau “Teknik SEO Untuk Mengoptimalkan Penjualan di Bali” pada konten anda. Perhatikan perbedaan kata kunci yang tadi disebutkan dengan kata kunci barusan, lebih manusiawi kan?

Lantas apa pengaruh Google BERT pada SEO?

Jawabannya adalah Google akan menampilkan konten yang lebih relevan sesuai yang sesuai dengan maksud yang diinginkan oleh user. Algoritma BERT menggunakan teknologi machine learning yang mampu memahami bahasa secara lebih natural.

Machine learning yang dibenamkan pada BERT dapat dilatih dengan menggunakannya sesering mungkin. Maka, semakin banyak digunakan, maka hasil pencarian online anda pun akan semakin relevan dengan topik yang anda inginkan.

Ada 25 bahasa yang bisa dioptimasi dengan algoritma BERT termasuk bahasa Indonesia. Sistem ini juga ditujukan untuk melakukan sistem filtrasi yang lebih ketat, karena sebelumnya Google menemukan bahwa ada sekitar 50 miliar tayangan ditemukan sebagai spam setiap tahunnya. Angka ini setara dengan 40 persen dari hasil pencarian Google ternyata dihasilkan dari optimasi black hat SEO, alias spam.

Jadi, optimasi SEO akan semakin sulit di tahun ini?

Bisa jadi iya. Tapi jangan khawatir, selama anda menyajikan konten original, berkualitas, dan natural, Google akan merekomendasikan bisnis anda pada laman pencariannya. Sisi positifnya adalah, algoritma BERT semakin membuka peluang kepada para pelaku digital marketing untuk bersaing secara sehat. Maka dari itu, anda wajib menyajikan konten berkualitas yang original dan dapat dipercaya sumbernya. Upayakan untuk menampilkan nama anda sebagai author asli pada setiap konten yang anda buat agar lebih dipercaya oleh audiens dan terhindar dari penalty Google.

  1. Influencer Marketing

Influencer Harus Memehami Teknik Digital Marketing

Teknik pemasaran menggunakan influencer atau yang biasa disebut dengan influencer marketing sedang populer dalam beberapa tahun belakangan. Influencer adalah orang yang mampu mempengaruhi audiens, biasanya di social media, untuk menjadi konsumen potensial.

Umumnya, seorang influencer memiliki sedikitnya 10.000 followers atau pengikut pada akun media sosialnya. Influencer tidak selalu berasal dari kalangan artis atau tokoh terkenal, sekarang siapa saja bisa menjadi terkenal di media sosial, asalkan memiliki konten yang berkualitas dan menggugah rasa penasaran audiens.

Kami sendiri pernah menggunakan jasa influencer di Bali sebagai strategi pemasaran online. Tak bisa dipungkiri, bahwa menggunakan jasa influencer tengah menjadi tren dalam strategi pemasaran online yang sedang diminati. Dari pengalaman bekerjasama dengan influencer ini, kami menemukan sejumlah manfaat yang bisa anda dapatkan dalam menerapkan strategi influencer marketing, sebagai berikut:

Manfaat Menggunakan Influencer Dalam Bisnis

  • Membangun Kepercayaan

Konten yang disajikan oleh influencer bermanfaat dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis anda. Influencer yang baik biasanya akan memikirkan bagaimana cara membangun kredibilitas terhadap sebuah bisnis yang dia promosikan.

Dengan begitu, para followers nya akan mempercayai bahwa produk yang dipromosikan tersebut benar-benar berkualitas dan layak untuk dibeli. Secara tidak langsung, para influencer baik itu selebgram bali, food blogger atau youtuber bertugas untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap sebuah brand.

  • Menentukan Target Pasar

Untuk menentukan target pasar yang sesuai dengan produk anda, sebaiknya anda harus menyesuaikan jenis media social yang dimiliki oleh influencer pilihan anda.

Misalnya anda ingin mempromosikan produk makanan atau minuman, seperti es kopi susu kekinian, anda cukup menggunakan Instagram. Karena pangsa pasar produk anda sebagian besar didominasi oleh generasi muda yang berusia belasan hingga 30 tahunan. Konsumen di rentang usia tersebut, terbilang aktif menggunakan platform medsos Instagram.

Lain halnya jika anda ingin mempromosikan produk properti, otomotif atau segala jenis produk yang bernilai jual tinggi, Facebook atau Youtube merupakan tempat terbaik untuk mempromosikan produk semacam itu.

  • Feedback Yang Cepat

Mendapatkan feedback yang cepat merupakan salah satu dampak menggunakan jasa influencer yang dapat dilihat secara langsung. Feedback ini bisa anda amati dari banyaknya likes, komentar atau interaksi yang dilakukan seorang influencer saat mengunggah konten promosi produk anda.

Dari feedback ini, anda bisa mengamati seberapa tertarik pengguna medsos terhadap produk yang anda promosikan. Selanjutnya, anda tinggal meningkatkan kualitas produk atau metode pemasaran berdasarkan komentar atau tanggapan mereka.

  • Meningkatkan Penjualan

Peningkatan penjualan memang tidak dirasakan secara langsung dan signifikan. Namun, dari banyaknya jumlah audiens yang terpapar oleh konten promosi, anda bisa memprediksi seberapa besar peluang produk anda dibeli oleh konsumen potensial.

Dalam hal menggunakan influencer, anda bisa meminta mereka untuk membuat kalimat copywriting yang menjual dalam setiap konten yang mereka unggah.

Itu lah beberapa keunggulan menggunakan influencer marketing yang bisa anda dapatkan untuk bisnis anda. Namun, ada beberapa kriteria yang harus anda perhatikan sebelum memilih seorang influencer untuk mempromosikan bisnis anda.

Karena, seorang influencer yang memiliki jumlah followers puluhan sampai ratusan ribu pun belum tentu dapat menghasilkan penjualan sesuai target yang anda inginkan.

Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut dalam memilih influencer yang tepat untuk bisnis anda:

  1. Melihat Followers

Indikator utama yang harus anda amati sebelum memilih influencer yang tepat, adalah dengan melihat jumlah followers-nya. Semakin banyak jumlah followers mereka, maka semakin banyak audiens yang akan terpapar oleh konten promosi anda.

Namun seperti yang kami ungkapkan sebelumnya, jumlah followers tidak melulu berpengaruh pada penjualan sesuai target yang anda inginkan. Saat ini, konsumen potensial cenderung percaya dengan konten yang disajikan oleh influencer yang mereka kenal.

Tak bisa dipungkiri, umumnya influencer mampu menyajikan konten yang menarik perhatian. Masalah konten tersebut berkualitas atau tidak, terkadang tidak menjadi prioritas mereka.

Sebut saja beberapa influencer yang sering menampilkan gaya hidup, fashion, bahkan maaf lekuk tubuh mereka untuk menarik lebih banyak followers. Sebagian besar dari followers mereka pastinya hanya menikmati konten yang disajikan, namun cenderung tidak tertarik dengan produk yang dipromosikan. Iya kan?

  1. Engagement Rate

Cukup mudah untuk mengetahui presentase engagement ini, salah satunya dengan melihat perbandingan jumlah likes dan komentar yang ada pada setiap konten yang mereka sajikan.

Misalnya, seorang influencer tersebut memiliki 300 ribu followers, namun likes yang mereka dapatkan hanya 100 sampai 1.000, atau komentar yang mereka hasilkan hanya belasan, maka anda perlu mempertanyakan tingkat keberhasilannya.

  1. Relevansi Brand

Tips selanjutnya yang bisa anda ikuti adalah memperhatikan relevansi brand yang ingin anda tampilkan. Misalnya anda ingin mempromosikan coffee shop seperti yang kami lakukan, maka pilihlah influencer atau selebgram yang memiliki ketertarikan terhadap kopi atau setidaknya gemar mengulas kuliner atau restoran.

Jangan memilih influencer yang gemar bermain game, atau clubbing, karena tidak ada hubungannya dengan produk anda alias kurang relevan. Anda bisa melihat setidaknya apa konten yang mereka sajikan dalam kurun waktu 7 hari terakhir.

Anda juga bisa membaca artikel ini: Jangan Asal Endorse, Ikuti 12 Cara Ini Untuk Memilih Influencer di Bali

Itu lah beberapa teknik yang bisa digunakan sebagai strategi pemasaran online yang akan menjadi tren di tahun 2020. Beberapa teknik yang telah disebutkan mungkin akan mengalami perubahan, masih banyak elemen penting yang harus anda pelajari sebagai strategi pemasaran online di tahun 2020 ini.

Ikuti terus artikel pada blog ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai perubahan apa saja yang akan terjadi pada strategi pemasaran online di tahun 2020 pada artikel selanjutnya. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang menjalankan bisnis online, atau sedang mengubah haluan bisnis konvensional ke ranah digital. Jika anda merasa artikel ini cukup membantu, silahkan share atau komentari artikel ini. Terimakasih.