Marketing, Social Media

Trik Konten Masuk FYP di TikTok untuk Digital Marketing

Sejak release di Playstore pada tahun 2017, semua orang kini bisa memulai milestones mereka menjadi content creator maupun mengangkat citra brand usaha yang ditekuni. Dengan sekali FYP saja di TikTok, engagement Anda dapat melonjak drastis. Ini bisa menjadi suatu batu loncatan dan penyemangat Anda untuk terus konsisten membuat konten. Stigma TikTok pada penjajakannya di tahun-tahun pertama sering dikonotasikan negatif dengan sebuah wadah seru-seruan yang berisikan konten joget. Sekarang, telah merambah menjadi platform dengan berbagai jenis tema yang diolah dengan kreatif oleh para penggunanya.  Penggiat konten aktif TikTok dapat menemukan inspirasi baru tanpa batas, membuat trend, sekaligus mengembangkan challenge yang sedang viral di TikTok. Mulai dari sharing tips dan pengalaman yang bersifat menghibur, mengedukasi, dan menginspirasi, bahkan untuk digital marketing.

Keunikan For You Page (FYP) untuk Digital Marketing

For You Page yang selanjutnya populer dengan singkatan FYP dengan berbagai hashtag challenge #fyp menyerupai jendela home milik Instagram.  Jika Anda baru saja meregistrasikan diri menjadi pengguna baru TikTok, hal pertama yang akan Anda lihat adalah fitur home FYP yang berisikan berbagai postingan satu video berdurasi pendek. Konten-konten tersebut bahkan bukan dari orang yang Anda ikuti. Apa yang disaksikan pada home FYP  bukan dalam kendali si pengguna. Maka dari itu, kecenderungan Anda untuk memilih tidak sama seperti platform Instagram.

Yang paling kentara adalah hal ini membuat para pembuat konten menjadi melek pemakaian hashtag. Apalagi jika Anda berada pada halaman Discover, Anda akan menemukan berbagai macam trending challenge. Highlight challenge disimbolisasikan sekian tagar bervariasi ini semakin mendoktrin kita untuk meramaikan sekian misi TikTok yang terpopuler agar mendapat posisi FYP ini.

Discover IG vs Discover Tiktok

Harapan mereka tentu saja agar konten yang dipublikasikan terekam algoritma TikTok yang masih menjadi misteri hingga saat ini. Kemudian, konten mereka akhirnya masuk ke halaman home FYP dan menjadi viral oleh ramainya engagement dari warga TikTok. Pendekatan digital marketing melalui FYP ini tentunya akan sangat membantu dalam pemasaran produk dan mengenalkan brandmu.

Kenapa Harus FYP?

Menurut Data Reportal, di tahun 2021 terdapat 689juta pengguna TikTok aktif. Buatlah gebrakan konten untuk menarik perhatian audiens Anda. Semakin besar engagement berupa view, comment, dan like pada konten, tentu saja Anda dapat menggunakan kesempatan emas tersebut untuk lebih gencar mempromosikan produk Anda.

Seiring dengan adaptasi produksi konten yang Anda ingin personalisasi dengan ciri khas brand, pengguna aktif lainnya yang menantikan video baru Anda juga penasaran dan akan mendukung dengan mencari tahu kontak sosial media Anda yang lainnya seperti Instagram atau bahkan membeli produk yang Anda rekomendasikan.

Sunmedia memiliki trik-trik jitu untuk memaksimalkan penggunaan akun sosial media bisnis Anda utamanya Instagram untuk melancarkan brand awareness campaign. Sama seperti kebutuhan akan konten di TikTok, profil bisnis profesional untuk produk Anda di Instagram  memerlukan pula konten yang dapat menarik leads baru dan membangun kepercayaan pengikut lama Anda. Jasa sosial management kami menawarkan kemudahan untuk mengambil peran dalam kegiatan aktif Instagram Anda.

Kegiatan yang dilakukan seperti membagikan konten yang berhubungan dengan usaha atau organisasi Anda, menelaah prime time agar postingan tersebar di waktu yang tepat untuk meningkatkan engagement pengikut, hingga mengatur strategi untuk menambah jumlah pengikut. Jadi, Anda bisa tetap asik TikTok-an, kita yang ramaikan konten Anda di Instagram. Cari tahu mengenai program kami disini.

Viral di FYP dengan Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis

Social media management menjadi sangat penting sehingga terdapat beberapa pertimbangan jika Anda ingin mulai serius dengan target FYP Anda di TikTok. Jika Instagram memiliki formula yang jelas mengenai tolak ukur tingkat efektivitas postingan Anda melalui fitur Insight, TikTok belum memiliki keuntungan tersebut.

Nyatanya hanya dengan memasang tagar FYP tidaklah cukup dan menjamin karyamu dapat terpilih untuk masuk di halaman home ini. Terdapat banyak juga video tanpa tagar spesifik seperti #fyp #foryoupage, #foryou, dll yang menjadi terkenal di TikTok. Bagaimana sih membuat konten yang mengenalkan brand Anda sekaligus menghibur dan mengugah perasaan audiens agar dapat meningkatkan penjualan? Dengan video berdurasi maksimal 1 menit, terdapat beberapa saran ide konten yang patut Anda coba untuk menggencarkan misi FYP Anda diantaranya:

Ikuti Trending Discover Challenges

Jangan ragu untuk mengikuti berbagai challenge pada halaman Discover dengan tetap menonjolkan sisi brand Anda. Ajak rekan kerja untuk ikut meramaikan konten untuk mengenalkan tim yang berada di balik layar terwujudnya usaha Anda serta lingkungan kerja Anda. Jangan lupa untuk mengikutsertakan hashtag ya!

Ceritakan di Balik Layar Bisnis Anda

Gunakan metode story-telling untuk menceritakan bagaimana Anda memulai maupun memperlihatkan apa yang terjadi behind-the-scene dari bisnis Anda. Orang-orang sangat senang mendengarkan cerita yang menginspirasi mereka. Kesempatan ini dapat Anda manfaatkan untuk mengenalkan lebih jauh profil dan visi usaha yang dijalani.

Perlihatkan Kepuasan Pelanggan Anda dengan Unggah Testimoni

Testimoni masih menjadi pertimbangan yang baik untuk dihadirkan dalam konten Anda. Pengemasan testimoni dapat Anda lakukan dengan pendekatan yang hard-selling ataupun soft-selling.

Pancing Leads di Laman Anda dan Picu Konversi dengan Promo

Konten Anda akan lebih menarik jika mengikutkan produk yang sedang promo. Hal yang Anda lakukan setelah melakukan pemberitahuan ini adalah mengarahkan mereka untuk melakukan kontak ke akun sosial media maupun menuju landing page Anda.

Exclusive Hashtag Untuk Featured Content Anda

Ciptakan hashtag sendiri dan ajak pengikut Anda untuk menyelesaikan misi tagar yang Anda buat. Mempunyai hashtag sendiri akan memberi kesan ekslusif pada audiens Anda. Mereka juga dapat berpartisipasi dengan challenge yang Anda kreasikan dan membuat video mereka sebagai featured content Anda.

Konten Edukasi yang Berhubungan dengan Jenis Produk yang Dijual

Bagikan informasi yang mengedukasi para penonton yang masih ada kaitannya dengan jenis produk Anda. Semisal yang ditawarkan adalah produk sabun wajah, Anda bisa membagi pengetahuan pentingnya untuk merawat wajah sejak dini, dll.

Perlihatkan Kualitas Produk dengan Tutorial

Tutorial juga sangat lumrah dalam konten sebuah brand. Contohnya produk yang Anda jual adalah eyeshadow. Tutorial singkat akan memberikan wawasan baru untuk eye makeup looks kepada audiens Anda. Selain itu, mereka juga dapat melihat kualitas produk Anda ketika diaplikasikan melalui video tersebut. Hal ini akan menambah keinginan mereka untuk membeli dan mencoba produk tersebut. Konten tutorial juga dapat memperlihatkan bagaimana Anda mengemas produk yang dibeli pelanggan Anda.

Teaser Produk Baru dan Video Katalog Singkat

Anda dapat menggoda calon pelanggan maupun pelanggan setia Anda bahwa sebentar lagi akan ada produk baru yang akan di-launching. Pamerkan fitur-fitur produk dan manfaatnya tanpa memperlihatkan keseluruhan produk baru tersebut dan buat mereka bertanya-tanya dan penasaran. Anda juga dapat menampilkan katalog singkat dengan model menggunakan produk Anda sehingga memudahkan calon pelanggan untuk melihat cepat seluruh produk tanpa harus bolak-balik ke laman lainnya.

Kini Buat Konten TikTok dengan Strategi Digital Marketing jadi Lebih Mudah!

Bagaimana? Setelah mengetahui strategi baru digital marketing untuk memasarkan produk Anda, membuat konten menjadi hal yang tidak sulit bukan? Segera coba tips-tips diatas untuk menggaet pasar Anda dan buat reputasi brand meningkat dengan mengikuti trend yang disukai target audiens Anda.

Untuk mengetahui cara membuat konten yang baik dalam dunia digital marketing, jangan lupa kunjungi https://www.sunmedia.co.id/blog/content-marketing-untuk-bisnis-di-era-digital/

 

 

 

Related Posts