Tips Usaha Rumahan oleh Sun Media -Jasa Digital Marketing Bali - Jasa SEO Bali
blog

5 Usaha Rumahan yang Bisa Jadi Peluang Bisnis 2021

(Usaha Rumahan Yang Sering Disangka Pakai Babi Ngepet!)

Dengan perkembangan teknologi digital marketing yang semakin pesat, peluang bisnis juga turut menjadi terbuka lebar untuk berbagai kalangan. Apalagi dengan akses informasi yang mudah didapatkan, strategi dan tool untuk memiliki usaha rumahan dapat kita temukan dan manfaatkan untuk mendatangkan passive income yang menjanjikan. Alih-alih pekerjaan sampingan, justru malah dapat membawa Anda pada pekerjaan utama yang memberikan keleluwasaan lebih yang menjadi idaman semua orang.

Bermimpi saja tidak akan membawa kesuksesan tersebut ditangan Anda, merancang terlebih dahulu ide usaha rumahan adalah salah satu progress awal yang dapat Anda lakukan untuk membuat mimpi itu terealisasi. Berikut beberapa inspirasi yang mungkin salah satunya adalah expertise Anda. Yuk simak artikel Sun Media Digital Agency Bali berikut ini.

Usaha Rumahan dengan Online Tutoring

usaha rumahan - online tutoring skill academy - Sun Media -Jasa Digital Marketing Bali  - Jasa SEO Bali

Mengajar adalah salah satu profesi yang bisa Anda jalankan secara fleksibel. Apalagi di masa pandemi, ketika banyak murid mengandalkan media online untuk mengejar ketertinggalan mereka di sekolah ataupun mempelajari hard dan soft skill baru yang mereka inginkan. Terdapat banyak bidang yang dapat Anda telusuri sesuai passion dan keahlian di berbagai platform online teaching.  Bahkan kini hanya dengan membuat tutorial melalui video, live webinar, atau menyusun materi pembelajaran sendiri, Anda tidak perlu selalu hadir dalam sesi pembelajaran murid. Mereka pun dapat mengakses materi belajar kapanpun mereka sempat.

Beberapa situs tidak mempersalahkan degree ataupun gelar seperti Preply, Skill Academy, ataupun membuat laman kursus Anda sendiri. Profesi ini cukup berbekal laptop dengan webcam, headset dengan noise reduction yang baik, papan tulis, dan internet. Kualitas pembelajaran Anda akan menjadi lebih menarik jika Anda mampu menyajikan media yang interaktif. Beberapa diantaranya dengan animasi, video, dan konten yang lebih engaging. Namun, tentu saja, keberanian dan rasa percaya diri di depan kamera dan bertemu orang baru adalah hal mutlak menjadi makanan sehari-hari Anda.

Mulai Usaha Rumahan Anda di Sosial Media dan Market Place

Usaha Rumahan-Bisnis atau Join Reseller - Sun Media -Jasa Digital Marketing Bali  -Jasa SEO Bali

Apapun bisnis Anda kini, dengan bantuan sosial media dan market place semuanya menjadi mungkin.  Toko online adalah bisnis yang paling booming saat ini dan dipamerkan banyak usahawan muda di berbagai platform sosial media. Berbelanja online sudah suatu yang umum dilakukan hampir semua orang karena lebih praktis dan lebih menawarkan kenyamanan bagi baik pembeli maupun penjual. Dari segi penjual, mereka tidak perlu berpusing-pusing memikirkan biaya gerai ketika semua bisa dilakukan di rumah.

Untuk meningkatkan profitabilitasnya, ide bisnis sebisa mungkin dipikirkan secara matang agar sekiranya dapat bertahan lama dan berkelanjutan. Jangan sekedar mengikuti trend yang mudah mengalami pasang surut. Meski untuk metode pemasaran sementara sebenarnya menguntungkan, namun untuk jangka panjang, hal ini tidak direkomendasikan.

Sebelum bergerilya di toko online, Anda harus membuat daftar barang, platform yang akan digunakan, metode pembayaran, dan metode pengantarannya jika jangkauannya di luar wilayah Anda. Strategi pemasaran juga tidak kalah penting seperti penggunaan iklan digital di media sosial untuk memburu leads. Mulai dari Facebook, Instagram, Shopee, Tokopedia, OLX, Kurir Makanan di Grab atau Gojek, dll Anda bisa melihat platform marketplace yang mana memberikan peluang bisnis lebih baik. Hal ini karena mereka juga menarik komisi dari penjualan Anda, lain jika Anda berinvestasi untuk situs e-commerce milik sendiri yang dapat customize dan personalize sesuka hati. Untuk usaha rumahan toko online, Anda dapat mempertimbangkan produk dengan biaya produksi rendah namun margin yang besar seperti baju kaos, aksesoris hp, bumbu-bumbu masakan, aksesoris wanita gelang, dll.

Atau jika Anda mengenal seorang pemasok grosir, Anda dapat membantu menjual produk dan mencari pelanggan. Dengan demikian, Anda tidak perlu memikirkan produksi, penyimpanan, dan pengirimannya.  Inilah yang disebut dengan metode dropship. Adapun jika terdapat minimal kuantitas yang harus Anda beli, Anda juga dapat mencoba metode reseller. Untuk membuat bisnis berkembang dengan baik apalagi untuk produk homogen, Anda memang perlu lebih ekstra untuk mencari faktor pembeda dengan pesaing melalui strategi branding dan digital marketing yang ampuh.

Related: 7 Tips Digital Marketing untuk Memburu Leads Potensial

Seru-Seruan Mencoba Mengembangkan Bakat dan Menjadi Mikro Influencer

usaha rumahan-gamer influencer- Sun Media -Jasa Digital Marketing Bali  - Jasa SEO Bali

Gamer terkenal Pewdiepie yang menginspirasi karir sebagai youtuber

Banyak orang yang sekarang dapat terkenal dari akun sosial medianya. Kebanyakan pun tidak memulainya secara serius namun hanya sebagai pengalih suasana dan ajang seru-seruan. Bidangnya pun tentunya bisa dikembangkan dari hobi dan interest Anda dari bermain games, memasak, travelling, tips olahraga, daily routine vlog, bahkan untuk lucu-lucuan. Orang pun suka mencari hiburan dan sekaligus menambah wawasan.

Anda dapat mulai dengan mengembangkan sosial media, podcast, blogging, ataupun mengunggah video di YouTube. Semakin besar viewers dan subscribers, Anda berkesempatan penghasilan tambahan melalui program Partner YouTube dan memasang AdSense, atau endorsement. Namun, Anda perlu memiliki modal kamera karena penonton tentunya suka menonton sesuatu dengan kualitas yang baik. Kini persiapannya juga harus baik

Menyediakan layanan SEO, dan Running Digital Ads

Usaha rumahan - mengelola agensi SEO dan Digital Marketing - Sun Media -Jasa Digital Marketing Bali

Untuk menjadi spesialis SEO Anda perlu memiliki pengetahuan tentang analisa website, strategi meningkatkan peringkat website dengan traffic secara organik serta SERP. Meski pekerjaan ini bisa dilakukan secara remote namun untuk mendapatkan dasar ilmunya, Anda harus mengikuti tren dari algoritma dunia internet yang selalu berubah, dan mengenal berbagai macam tool.

Tentu saja ini akan menjadi mudah jika Anda tekun untuk melakoni bisnis ini dan memiliki ketertarikan mendalam terkait internet. Alasan tersebutlah yang menjadikan jasa SEO dibayar mahal.

Para pebisnis sadar bahwa iklan digital sangat diperhitungkan untuk menarik lebih banyak leads atau mendatangkan konversi ke penjualan mereka, namun tidak banyak yang mampu menjalankan iklan mereka dengan tepat sasaran atau akurat. Diperlukan spesialis yang mampu membaca data pasar dan menyusun strategi dan KPI iklan digital tersebut. Untuk menggeluti profesi ini juga memerlukan pengalaman di bidang digital marketing dan update trend pemasaran terbaru.

Mengelola Akun Sosial Media

Dengan bertumbuhnya bisnis digital di sosial media, profesi social media manager juga ikut berkembang.  Anda memerlukan keterampilan menyuarakan suatu brand dan copywriting yang luwes. Beberapa klien memerlukan pendekatan secara informal atau formal, tergantung target pasar mereka. Anda akan menyiapkan content secara berkala dan menyusun strategi untuk menaikkan visits dan followers serta membuat laporan pertanggungjawaban KPI. Namun, tak hanya membuat konten, mereka juga perlu menguasai desain grafis untuk photo atau video editing.

 Dari 5 Usaha Rumahan tersebut Yang Manakah Memiliki Peluang Bisnis Terbaik Anda?

Meski tidak terbatas dengan 5 rekomendasi diatas, selalu ada kesempatan untuk memulai jika Anda juga bersedia meluangkan tenaga, waktu, dan komitmen lebih untuk mengembangkan skill dan nilai Anda. Yuk pelajari ilmu digital marketing lainnya bersama Sun Media disini. Apa Anda perlu tangan professional untuk jalankan iklan digital, SEO, maupun kelola akun media sosial bisnis Anda? Kami adalah partner terpercaya untuk berikan solusi terbaik berbasis ROI (Return of Investment). Konsultasi dengan kami sekarang melalui +628113862388 atau email kami: [email protected].

Related Posts