blog

Webmaster Conference: Ikhtiar Menguasai Daftar Pencarian Google

Mesin pencari online terbesar di dunia, Google selalu menerapkan aturan baru dalam menentukan urutan hasil pencarian yang muncul di halamannya. Aturan yang dikenal sebagai algoritma ini mau tidak mau harus diikuti oleh pelaku digital seperti webmaster, digital marketing agency, dan content producer yang menggunakan analytic dan Google Console agar konten yang mereka sajikan masuk dalam daftar Google Trends.

Terlebih untuk saat ini, pemasaran digital menjadi strategi yang paling banyak diminati para pelaku usaha. Pemasaran digital tentunya sangat berkaitan dengan reputasi sebuah produk atau jasa. Di era ini, konsumen cenderung melakukan riset melalui mesin pencarian online sebelum menentukan pembelian sebuah produk atau jasa.

Untuk itu sang raksasa internet Google menghelat Webmaster Conference di sejumlah kota di dunia termasuk Indonesia. Konferensi ini diadakan di daerah yang dianggap perlu mendapatkan informasi mengenai sistem kerja search engine, termasuk masalah yang dihadapi para webmaster, maupun topik lain yang berhubungan dengan konten dan web building.

Kali ini Google menyambangi Pulau Dewata Bali, pada 6 Agustus 2019. Konferensi ini menghadirkan beberapa pakar digital sebagai pembicara, antara lain, Gary Illyes (Webmaster Trend Analyst), Yohan Totting (Developer Advocate), Aldrich Christopher (Trust & Safety Outsearch), dan Rica Handayani (Strategic Partnership Development).

Memudahkan Para Webmaster

Satu di antara peserta, Allen Yan Achmad mengatakan materi yang disampaikan cukup membantu para pengelola website untuk mengoptimalkan kinerja website mereka. “Saya biasa menggunakan WordPress untuk mengelola website. Dari forum ini saya mendapatkan informasi mengenai wordpress plugins terbaru bernama Google Site Kit yang fungsinya memudahkan saya memantau kinerja website,” ungkap Allen.

Webmaster yang bekerja di perusahaan Sunmedia: Digital Marketing Bali ini mengatakan Google Webmaster Console ini sangat bermanfaat dalam meringankan pekerjaan para pengelola situs web. Allen juga mengaku bahwa tools terbaru ini berguna untuk menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization). “Ya bermanfaat sekali, karena dulu harus manual menginstalasi tools WordPress. Sekarang cukup satu tools sudah mencakup banyak fungsi. Untuk SEO juga memudahkan karena sudah ada daftar keywords yang lengkap dengan volume pencarian tertinggi,” jelasnya.

Pembaruan Algoritma

Algoritma yang terus berubah membuat para praktisi web, terutama praktisi SEO harus mempejari kebijakan terbaru. Hal ini dialami oleh Charles Yansen, peserta yang juga seorang SEO Specialist. Charles mengaku banyak perubahan algoritma Google yang harus diterapkan dalam bidang pekerjaannya.

“Pekerjaan saya sangat berhubungan dengan acara ini. Terutama untuk mengetahui perubahan algoritma mesin pencarian. Banyak yang baru dan yang tidak pernah saya sangka,” ujar Charles.

Mengenai SEO, Charles mengatakan bahwa teknik ini sangat penting difahami untuk menguasai persaingan dalam daftar mesin pencarian online. Terlebih, Google menyukai konten yang organik. Artinya, sistem mesin pencari dapat melacak sebuah konten yang tidak wajar, dalam hal ini konten yang dioptimasi berlebihan akan dianggap sebagai spam oleh sistem.

“Web yang saya kelola berfokus pada blog referensi pariwisata. Kendalanya adalah perubahan algoritma. Jadi kami harus menerapkan yang terbaru. Maka dari itu menguasai SEO itu sangat penting agar konten kita tampil organik, dan tidak mengeluarkan banyak biaya (promosi),” urainya.

Sekilas tentang trik meguasai SEO, Charles mengatakan hal utama yang harus diperhatikan adalah orisinalitas konten. Jangan pernah melakukan plagiat terhadap konten lain, lanjut Charles, lakukan keyword research terlebih dahulu sebelum membuat konten.

“Sebelum membuat konten, kitaharus melakukan riset kata kunci. Cari kata kunci yang paling besar volume pencariannya. Ada banyak keywords research tools misalnya ubersuggest untuk mencari kata kunci yang volume pencariannya besar,” ungkapnya.

Misalnya, kata dia, dalam membuat konten referensi wisata, Charles terbiasa bermain angka. Seperti daftar 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi, atau tren kegiatan wisata di Bali untuk tahun 2020, dan sebagainya. “Yang penting konsisten dan rutin. Saya minimal membuat satu konten dalam sehari, saya terapkan selama dua tahun dan berhasil,” tandasnya.

Teknik Menguasai SEO

Mengotimalkan kinerja website lewat SEO memang terbilang rumit dan kompleks. Diperlukan teknik khusus untuk mempraktekkannya, misalnya melalui konten yang menarik, atau mendapatkan backlink dari situs lain yang mengarahkan ke website anda. Jika anda ingin menggunakan teknik ini pastikan website anda memenuhi kriteria berikut :

  1. Ter-index di Google

Coba anda ketik kata kunci di kolom pencarian Google Search tentang website anda. Misalnya “Digital Marketing Bali”, setelah itu secara otomatis Google akan mengarahkan pencarian anda kepada situs yang paling relevan. Dalam halaman yang ditampilkan Google, akan ada sederet situs yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

Namun, jika website anda tidak masuk dalam daftar pencarian, berarti anda tidak terpantau calon konsumen. Tidak perlu sedih, karena anda bisa mengintegrasikannya dengan Google Search Console.

  1. Memiliki Konten Berkualitas

Website sudah dibuat, tampilan sudah menarik, namun tanpa konten yang berkualitas, usaha yang anda lakukan akan sia-sia. Perlu diingat, Google adalah perusahaan penyedia jasa informasi. Mereka membantu menemukan informasi yang diinginkan oleh penggunanya.

Jika website anda memuat konten yang berkualitas dan menjawab kebutuhan pengguna Google, maka mesin pencari pun akan merekomendasikan website anda kepada penggunanya. Parameter yang dijadikan acuan oleh Google yaitu durasi kunjungan di website anda. Jika setelah masuk website anda pengunjung langsung kabur (bounce), maka Google akan menilai website anda tidak berkualitas.

  1. Mobile Friendly

Tak bisa dipungkiri kehadiran perangkat ponsel pintar (smart phone) telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Tak hanya sebagai pelengkap gaya hidup, bermacam gawai canggih sudah menjadi kebutuhan di era sekarang.

Pencarian online pun bisa diakses lewat perangkat mobile. Hal ini membuat Google menyesuaikan mesin pencariannya. Google mempertimbangkan website yang memiliki aksesibilitas dengan perangkat ponsel. Maka dari itu website anda harus mudah diakses melalui ponsel.

Untuk mengetahui performa website yang bisa diakses melalui perangkat mobile, anda cukup menggunakan tools milik Google ini, g.co/mobilefriendly.

  1. Gunakan Keywords Yang Volume Pencariannya Tinggi

Sebelum anda membuat konten, ada baiknya anda menentukan kata kunci. Pilihlah kata kunci yang memiliki volume pencarian tertinggi. Jadi, setelah anda menentukan topik, masukkanlah topik tersebut pada tools Google Keyword Planner.

Anda bisa menemukan kombinasi kata yang volumenya paling besar. Misalnya anda membuat artikel yang berisi tentang digital marketing, Google Keyword Planner akan memberikan sejumlah keyword yang tepat untuk tema tersebut. Setelah itu, gunakanlah kata kunci tersebut pada artikel anda. Jika anda ingin meningkatkan traffic pada website anda, kami telah mengulasnya di sini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *