blog

Datangkan Leads Potensial Lewat Strategi Ini

Apa itu leads? Mengapa sangat penting di dunia pemasaran. Leads adalah orang atau audiens yang memiliki keterterikan terhadap produk atau layanan perusahaan anda. Pernahkah anda mendapatkan informasi dalam pesan dan email tentang sesuatu yang membuat anda tertarik. Sebagai contoh, anda seorang penghobi fotografi, dan pernah mengisi survey tentang perawatan kamera.

Tidak lama anda akan menerima email dari sebuah perusahaan kamera atau fotografi. Mustahil mereka menghubungi anda jika tidak mengetahui bahwa anda memiliki minat terhadap fotografi. Iya kan?

Dalam dunia marketing, informasi tentang minat konsumen akan membantu dalam mencari leads yang potensial. Saat ini, digital marketing menjadi pertimbangan penting dalam meningkatkan penjualan dan menemukan konsumen baru untuk sebuah bisnis. Sebagian besar orang menganggap pemasaran digital akan efektif menggunakan platform social media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Kenyataannya, banyak teknik yang harus dipelajari untuk mendatangkan konsumen melalui digital marketing. Kami telah merangkum sejumlah tips yang bisa anda ikuti dalam menemukan online leads yang potensial sebagai berikut :

Mencari Leads Dari Referral Pelanggan

Referral adalah strategi mencari prospek melalui standar kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan sebuah bisnis. Cara ini terbilang ampuh jika sebuah perusahaan memiliki kredibilitas dan tingkat kepuasan konsumen yang tinggi. Sehingga akan mudah mendapatkan rekomendasi dari pelanggan.

Cara terbaik bagi perusahaan untuk meningkatkan reputasi adalah melalui teknik SEO (Search Engine Optimization). Di era sekarang, konsumen cenderung melakukan riset terlebih dahulu tentang sebuah bisnis melalui Google. Jika perusahaan anda berada di daftar teratas pencarian Google, maka kemungkinan besar anda diakses oleh konsumen potensial.

Sajikan Konten Menarik

Sebelum menerapkan teknik SEO, anda harus memiliki berbagai konten menarik untuk disajikan dalam website perusahaan anda. Menurut Google, rata-rata audiens membutuhkan sekitar 14 konten sebelum memutuskan membeli produk. Sajikanlah konten yang berkualitas, informatif, dan bermanfaat bagi konsumen. Konten yang menarik dapat disajikan dalam bentuk :

  • Blog

Blog masih menjadi media favorit untuk mendatangkan lead. Membuat konten berupa ulasan, tips & trik, story dapat menciptakan kesempatan untuk memperoleh perhatian dari audiens. Anda diperkenankan membuat artikel blog mengenai bisnis anda, namun tidak ada salahya sesekali anda memberikan informasi mengenai solusi bisnis, tren yang berkembang, kesempatan usaha, dan lain sebagainya. Ingat, konten yang baik adalah konten yang menggugah perasaan audiens.

  • Infografik

Selain blog, infografik menjadi pilihan untuk menarik audiens. Memberikan infografik pada konten anda termasuk dalam teknik easy reading. Karena orang mungkin cenderung merasa bosan membaca tulisan yang panjang. Menyajikan infografik yang berisi informasi penting dari konten anda membantu audiens memahami isu yang anda sajikan dalam sebuah konten. Infografik yang menarik juga bisa dibagikan di social media anda.

  • Visual Menarik

Visual adalah segalanya. Audiens lebih tertarik pada konten visual daripada sekadar tulisan artikel. Membuat gambar ilustrasi, foto, dan video serta membagikannya ke Youtube dan situs anda akan menjangkau lebih banyak leads potensial. Video yang menarik juga dapat menjadi media hiburan bagi audiens. Anda juga bisa membuat video tersebut menjadi viral melalui layanan StumbleUpon app untuk memperoleh traffic ke video anda, dan bahkan mendapatkan uang dari penonton video tersebut.

  • Live Chat

Setelah anda menyajikan beragam konten menarik, dan telah mendapatkan traffic yang cukup baik, anda bisa menambahkan fitur live chat pada website anda. Melalui fitur ini anda bisa merespon pelanggan secara cepat. Pelanggan yang tertarik pada konten anda biasanya membutuhkan jawaban yang cepat. Fitur live chat menjadi solusi yang bisa anda terapkan untuk menjangkau pelanggan.

Gunakan LinkedIn

Kenapa LinkedIn, sebuah penelitian menunjukkan bahwa traffic dari LinkedIn akan menghasilka pengunjung yang menuju tingkat konversi sebanyak 2,77 persen. Sementara media sosial lainnya seperti Twitter hanya 0,69 persen, dan Facebook sebanyak 0,77 persen.

LinkedIn merupakan saluran media sosial untuk para profesional, sehingga memungkinkan anda terhubung dengan lead potensial. LinkedIn juga berguna untuk menjalin relasi secara profesional. Terlebih, saluran ini memudahkan anda melihat apa yang sedang diperbincangkan oleh pembeli potensial.

Cross-Promotion

Strategi ini dapat membangun brand awareness pada produk anda. Undanglah beberapa guest blogger untuk mengulas produk atau pelayanan anda untuk mendapatkan audiens yang lebih luas. Guest blogger juga bisa membantu untuk menyarakan pelanggan potensial mengunjungi website anda. Selain itu anda juga bisa menggunakan jasa influencer, atau orang yang berpengaruh untuk meningkatkan reputasi bisnis anda.

Pilihlah influencer yang profesional dan sesuai dengan bisnis anda. Misalnya usaha anda bergerak di bidang arsitektur, carilah influencer dari pengamat arsitektur dan properti yang berpangalaman. Ulasan mereka akan mendapatkan lebih banyak perhatian dari audiens.

Jasa Digital Marketing

Jika semua cara di atas sudah anda kerjakan namun masih belum mendatangkan banyak leads potensial, tidak ada salahnya anda mencari mitra untuk bekerjasama. Anda bisa menggunakan jasa digital marketing untuk mengembangkan bisnis anda.

Para digital marketer akan membantu mencarikan solusi melalui strategi yang tepat sasaran dan terukur. Untuk memilih digital marketing agency yang tepat, ada baiknya anda merinci permasalahan yang anda hadapi, sehingga mereka fokus menyelesaikan permasalahan anda. Misalnya anda membutuhkan optimasi website, mengiklankan produk anda, atau mengisi konten menarik untuk website anda.

Pilihlah jasa digital marketing yang berpengalaman dan memiliki bukti keberhasilan dalam setiap proyek yang mereka kerjakan. Pilih juga agensi yang berfokus pada return of investment (ROI) sehingga dana yang anda keluarkan untuk meyewa mereka akan terbalas lewat keuntungan yang berkalilipat.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *