Formul Ampuh Tingkatkan Traffic Website
blog

Formula Ampuh Ini Tingkatkan Traffic di Website Anda

Traffic adalah elemen terpenting dalam digital marketing. Website yang memiliki traffic tinggi menjadi indikator positif bagi keberhasilan suatu bisnis.

Pertanyaannya, bagaimana cara mendatangkan traffic yang tinggi?, apakah berpengaruh terhadap penjualan?

Jawabannya adalah belum tentu. Yang anda butuhkan bukanlah kuantitas kunjungan, namun kualitas pengunjung situs bisnis anda. Anda harus merancang strategi agar traffic anda tepat sasaran, sesuai target penjualan, dan berpotensi menjadi konsumen anda. Bagaimana caranya? Telah kami rangkum dalam ulasan berikut :

  1. Pahami Minat Pengunjung

Anggap saja anda sudah memiliki website dan mulai menjalankan digital marketing. Saat ini anda sedang mengupayakan agar jumlah kunjungan ke situs anda meningkat. Yang harus anda lakukan adalah memahami apa yang diminati oleh konsumen.

Kenapa mereka harus mengunjungi situs anda?

Apa yang mereka dapatkan setelah mengunjungi situs anda?

Sejumlah studi menyebutkan bahwa hanya ada sekitar 5 persen pengguna internet yang berniat membeli produk saat menjelajahi internet.

Lalu, apa yang sebenarnya mereka cari?

Konten. Ya, para pengguna internet sebagian besar ingin mencari konten, baik itu berita, blog, video, social media, atau hanya iseng melihat konten yang lucu.

Memahami minat pengunjung, memudahkan anda memetakan calon konsumen potensial anda. Sehingga menghasilkan traffic yang tepat sasaran.

  1. Sajikan Konten Yang Berpotensi Viral

Konten yang viral adalah yang sering dibagikan (share) oleh orang lain ke media sosial. Ada 6 elemen yang membuat konten menjadi viral, antara lain :

  • Social Currency (Mata Uang Sosial)

Langsung saja kami berikan contoh, misalnya ada seorang anak pejabat bernama si A, kaya raya, berwajah tampan, namun hidup sederhana, menjalankan bisnis kecil-kecilan tanpa bantuan orangtua. Kisah hidup si A tentunya akan mengundang rasa kagum dan bangga bagi audiens yang membacanya.

Si A akan menjadi teladan bagi banyak orang. Setelah itu mulai bermunculan respon positif tentang kehidupan si A yang sederhana walaupun dia anak orang kaya.

Konten yang mengandung kebanggan seperti ini lah yang termasuk dalam kategori mata uang sosial.

  • Trigger (Pemicu)

Sesuatu yang viral pasti memiliki faktor pemicu. Konten yang memiliki faktor pemicu akan menyebar cepat karena mudah diingat, menarik, dan berbeda dari konten yang lain.

Jika anda menemukan hal menarik dan berpotensi menjadi konten anda, rangkumlah materi dan sajikan dalam penyampaian yang mudah diingat, namun berbeda dari yang lain.

  • Emotion (Emosi)

Konten yang viral pasti akan menggugah emosi seseorang. Karena menyentuh perasaan mereka, secara suka rela mereka akan menyebarkan konten tersebut sehingga menjadi viral. Orang akan melihat dan membagikan konten anda jika merasa kagum, lucu, terhibur, dan bahagia.

  • Public (Umum)

Konten yang memuat hal umum dan lumrah juga bisa menjadi viral. Konten seperti ini biasanya memuat sesuatu yang terjadi pada saat itu juga. Misalnya sidang sengketa pilpres 2019 yang bahkan masih relevan sampai hari ini.

Namun, untuk menghadirkan traffic yang tinggi, konten yang anda buat harus memiliki sudut pandang yang berbeda dari yang lain. Misalnya saat membahas sengketa pilpres, anda menyajikan sudut pandang dari pihak golput (golongan putih) yang justru tidak mendukung siapa-siapa.

  • Practical Value (Nilai Praktis)

Nilai praktis yang dimaksud adalah yang bisa langsung dipraktikkan oleh audiens. Biasanya yang berisi turorial membuat sesuatu. Misalnya “cara mudah membuat kue”, atau “cara membuat kopi espresso tanpa mesin”.

Konten semacam ini berpotensi viral karena mengundang keingintahuan audiens dan bisa langsung dipraktikkan.

  • Story (Cerita)

Banyak teknik yang digunakan para pelaku digital marketing dalam menyajikan konten. Satu di antaranya melalui story atau cerita. Biasanya mereka menggunakan teknik bertutur yang runut, sehingga membuat audiens menikmati alur yang disajikan..

Teknik bertutur ini akan memancing audiens berinteraksi dengan sang pembuat konten. Mereka akan merasa seperti menjadi bagian dari story tersebut.

  1. Aktif di Social Media

Untuk mendapatkan pengunjung anda dituntut aktif berjejaring sosial. Gunakanlah fitur-fitur yang disediakan oleh Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya sebagai strategi menjaring traffic.

Namun, perusahaan sosial media biasanya memiliki filter yang ketat untuk para penggunanya. Facebook misalnya, medsos besutan Mark Zuckenburg ini memiliki sistem sortasi yang lumayan ketat.

Bila konten yang anda unggah tidak mendapatkan respon dari penggunanya, secara otomatis sistem akan menganggap anda sebagai spam. Jangan khawatir, anda masih bisa menggunakan grup-grup yang ada di Facebook.

Tapi, anda tidak boleh sembarangan mengunggah konten di grup sebelum dikenal oleh anggotanya. Agar dikenal, anda wajib mengisi komentar di setiap konten yang diunggah anggotanya. Ulasan mengenai facebook marketing bisa anda baca di sini.

  1. Gunakan Keywords Yarng Volume Pencariannya Tinggi

Sebelum anda membuat konten, ada baiknya anda menentukan kata kunci. Pilihlah kata kunci yang memiliki volume pencarian tertinggi. Jadi, setelah anda menentukan topik, masukkanlah topik tersebut pada tools Google Keyword Planner.

Anda bisa menemukan kombinasi kata yang volumenya paling besar. Misalnya anda membuat artikel yang berisi tentang digital marketing, Google Keyword Planner akan memberikan sejumlah keyword yang tepat untuk tema tersebut. Setelah itu, gunakanlah kata kunci tersebut pada artikel anda.

  1. Buatlah Konten Yang SEO Friendly

Bagi anda yang belum mengenal SEO (Search Engine Optimization), sebaiknya mempelajarinya terlebih dahulu sebelum mempublikasi konten di website anda. SEO dapat diartikan sebagai usaha untuk mengoptimalkan mesin pencarian untuk menemukan sebuah situs atau konten.

Dalam istilah sederhana, SEO bisa diartikan sebagai upaya memanipulasi Google untuk memunculkan konten anda melalui keyword yang anda gunakan.

Namun, ada sejumlah persyaratan yang harus diikuti dalam membuat konten yang ramah SEO. Jangan melakukan optimasi berlebihan karena Google akan menggap konten anda sebagai spam. Buatlah artikel senatural mungkin, agar pengunjung situs anda merasa nyaman melihat konten yang anda sajikan.

Masalah yang kerap muncul dalam membuat konten adalah optimasi berlebihan. Pembuat konten terlalu berharap pada keyword, sehingga memasukkan banyak kata kunci dalam artikel mereka. Akibatnya, artikel yang mereka buat tidak nyaman dibaca dan terkesan dipaksakan.

Akibatnya fatal. Usaha anda untuk meningkatkan pengunjung ke situs anda akan sia-sia. Pengunjung mungkin akan melihat konten anda, tapi hanya sekadar mampir, dan mengangap konten anda tidak menarik.

  1. Gunakan Traffic Berbayar

Sebagai alternatif, anda juga bisa menggunakan traffic berbayar. Manfaatkan jasa periklanan internet seperti Google Ads, dan Facebook Ads. Melalui cara ini, anda bisa menentukan target yang spesifik dan sesuai dengan konten yang anda tampilkan.

Kesimpulannya, meningkatkan traffic untuk website memang memerlukan strategi tersendiri. Ada sejumlah teknik yang harus dipraktikkan agar anda mendapatkan pengunjung yang potensial. Bagi anda yang ingin mempersingkat waktu dan biaya dalam mengelola web, anda bisa menggunakan jasa digital marketing. Para praktisi pemsaran digital akan membantu anda mencarikan pengunjung potensial, dan menganalisa masalah yang anda hadapi dalam mengelola situs web

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *