blog

Jualan Santai Untung Miliaran Ala Kopi Kekinian

Pernahkah anda mendengar tentang usaha rumahan beromzet ratusan juta? Mungkinkah itu terjadi pada bisnis anda? jawabannya adalah iya, tentu saja. Sebenarnya ada beragam trik yang dijalankan para pelaku usaha untuk menjalankan usaha kecil yang menguntungkan. Satu di antaranya yaitu berjualan produk kekinian.

Produk kekinian adalah produk yang sedang tren dan menjadi perbincangan banyak orang. Contoh produk kekinian yang sedang tren saat ini adalah kopi. Cobalah anda berkeliling ke kota dan amati bisnis apa yang sedang menjamur di sana.

Kami yakin, anda pasti melihat sejumlah kedai-kedai kecil yang dipadati pengunjung. Apa yang mereka jual? Sebagian besar kedai di perkotaan pasti menjual kopi. Bisnis ini tengah menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Sejak ditayangkannya film Filosofi Kopi, bisnis kedai kopi mulai bermunculan bak jamur di musim penghujan.

Sebut saja brand kopi ternama, kedai Kopi Kulo, Kopi Kenangan, dan Kopi Tuku yang berhasil mengumpulkan keuntungan ratusan juta perbulan.

Kedai Kopi Kulo

Kedai kopi berbasis aplikasi digital ini telah memiliki puluhan gerai di seluruh Indonesia. Berawal dari ide menampilkan olahan kopi unik, seperti Avocatto yang memadukan espresso dengan jus alpukat, dan es krim cokelat atau vanilla, Kopi Kulo berhasil membawa konsep coffee to go ke Indonesia. Clement, sang pemilik kedai Kopi Kulo mengaku sejak bekerjasama dengan Go-Jek, produknya kebanjiran pesanan.

Kopi Kenangan

Produk olahan kopi besutan Edward Tirtanata dan James Prananto ini sedang menjadi perbincangan hangat. Lewat konsep grab and go, Edward dan James berhasil mendapatkan investasi sebesar Rp. 121 miliar untuk pengembangan bisnis. Kopi Kenangan mengandalkan 20 jenis menu varian kopi, dan harga yang dibanderol mulai Rp. 18.000. Bisnis ini berhasil menjual 175 ribu gelas per bulan. Jika mereka mendapatkan untuk misalnya Rp. 10.000 saja per gelasnya, berarti mereka mendapatkan untung bersih sebesar Rp. 1,7 miliar. Angka yang sangat fantastis untuk sebuah kedai kopi.

Kopi Tuku

Produk olahan kopi milik Andanu Prasetyo ini menyajikan kopi susu sebagai poduk andalan. Kopi Tuku juga sempat dikunjungi oleh Presiden RI, Joko Widodo, dan berhasil menjual ratusan gelas setiap harinya. Walaupun enggan membeberkan berapa omzet yang didapatkannya dari berjualan kopi, Andanu mengaku berhasil mengumpulkan ratusan juta rupiah setiap bulannya.

Pertanyaannya, strategi bisnis apa yang mereka gunakan? Sehingga dapat menghasilkan ratusan juta rupiah hanya lewat berjualan kopi. Tentunya mereka menjalankan strategi pemasaran digital secara profesional. Buktinya, jika anda mengetikkan “kedai kopi terdekat” pada ponsel anda, mesin pencari Google akan mengarahkan ke tiga produk tersebut.

Sebenarnya melakukan pemasaran digital sekarang ini cukup mudah, karena didukung oleh beragam marketplace digital. Seperti FJB Kaskus, OLX, Tokopedia, Bukalapak dan lai sebagainya. Marketplace atau toko online bisa menjadi aplikasi penghasil uang yang efektif. Anda cukup mengunggah produk anda, melengkapi data, mengisi deskripsi produk, dalam lima menit anda sudah bisa berjualan.

Namun, memanfaatkan toko online saja tidak cukup. Ingat, aplikasi toko online yang anda gunakan adalah milik sebuah perusahaan digital marketing, jadi bukan sepenuhnya milik anda.

Dalam bahasa sederhana, anda hanya menumpang berjualan di toko orang lain. Walaupun banyak konsumen yang menemukan anda dari marketplace, bisnis anda akan sulit untuk berkembang. Solusinya adalah anda harus memperkuat pondasi website sendiri.

Website ibarat kantor anda dan marketplace adalah kios atau etalasenya. Bidang usaha yang memiliki website lebih profesional dan dipercaya daripada yang tidak memiliki situs web sendiri.

Membuat Website Profesional

Sebelumnya kami telah membahas tentang pengaruh website terhadap penjualan di artikel ini. Jika anda masih bergantung pada marketplace, ibaratnya anda masih menumpang di rumah orang lain. Segera tentukan sikap, karena anda pasti ingin bisnis anda berjalan dalam jangka waktu yang panjang.

Membangun website memang membutuhkan biaya untuk membeli hosting dan domain. Biaya hosting berkisar mulai Rp. 20.000 per bulan, dan harga domain sekitar Rp. 100.000 per tahun. Website sangat bermanfaat bagi anda yang ingin meningkatkan penjualan secara profesional, apalagi anda memiliki produk yang spesifik seperti kopi.

Website yang profesional juga berpotensi mendatangkan investor seperti yang dialami oleh Kopi Kenangan. Lewat situs web, anda leluasa menentukan konten untuk produk anda. misalnya memberi ulasan, membuat tutorial, berbagi menu, dan berinteraksi dengan pengunjung web anda.

Aktif Ber-Social Media

Setelah membangun website yang profesional, anda bisa mulai mempromosikan produk kepada target pasar anda. Pilihlah tempat yang banyak dikunjungi orang, yaitu social media (sosmed). Sosmed seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya dalah sarana promosi bukan sebagai tempat berjualan yang utama. Kami telah mengulas tentang bagaimana mendatangkan keuntungan melalui Facebook Marketing di sini.

Gunakanlah satu social media sebagai yang utama, dan buatlah akun medsos resmi. Lewat cara itu, anda bisa mengundang pengguna sosmed untuk mengunjungi website anda. Satu atau dua social media saja sudah cukup dan efektif, karena membuat anda lebih fokus menggaet konsumen potensial.

Tampilan Yang Menarik

Satu hal yang harus mendapatkan perhatian saat memasarkan produk kekinian yaitu tampilan yang menarik. Cobalah anda cermati ke tiga produk kopi yang telah disebutkan tadi, semuanya memiliki konsep visual yang menarik dan sedap dipandang.

Semakin menarik tampilan produk anda, maka akan semakin besar peluang penjualannya. Jika anda merasa kesulitan membuat tampilan yang menarik, jangan ragu untuk menyewa jasa fotografer dan desain grafis. Jangan takut untuk mengeluarkan biaya sewa karena setiap usaha pasti memerlukan modal, jadi anggap saja biaya sewa tersebut menjadi sebagian modal anda untuk mendapatkan keuntungan.

Optimalkan Situs Web Anda

Sekarang anda telah memiliki website, sudah aktif di social media, dan memiliki produk yang sedap dipadang. Setelah semua elemen tadi terlaksana, anda harus mengoptimalkan situs web anda untuk mendatangkan traffic yang lebih banyak.

Semakin tinggi posisi anda di daftar pencarian Google, maka semakin besar pula potensi bisnis anda berkembang. Pelajarilah teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan reputasi bisnis. Sajikan juga konten-konten berkualitas pada website resmi anda. Mempejari SEO bisa anda lakukan melalui internet atau mengikuti kursus digital marketing.

Namun, jika anda ingin menghemat waktu, tenaga, dan biaya, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan menggunakan digital marketing agency. Para digital marketer akan membantu anda mencarikan konsumen potensial dan memecahkan permasalahan bisnis yang anda hadapi. \

Jika anda memutuskan untuk menggunakan jasa mereka, pilihlah yang sudah berpengalaman dan memiliki strategi efektif untuk meningkatkan penjualan. Anda bisa membaca ulasan kami mengenai jasa digital marketing di sini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *