blog

Tingkatkan Penjualan Melalui Website Yang Profesional

Berbeda dari pemasaran konvensional pemasaran melalui website dianggap lebih efektif. Jika pemasaran konvensional biasanya memanfaatkan koran, brosur, dan semacamnya yang hanya menyediakan informasi satu arah, digital marketing justru dapat diukur secara tepat dan menyajikan informasi dua arah.

Digital marketing menggunakan strategi pemasaran berdasarkan waktu nyata (real-time), sehingga target pasar yang anda tentukan lebih tepat sasaran. Melalui media digital, anda dapat mengetahui berapa lama iklan anda tayang, berapa banyak penontonnya, dan berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan tersebut.

Lewat metode ini, anda lebih leluasa mengevaluasi iklan yang anda tayangkan. Sehingga, anda bisa menentukan mana kah iklan terbaik yang akan ditampilkan. Kelebihan ini tentunya akan sangat membantu para pelaku usaha untuk melacak dan menghitung return of investment (ROI) dari biaya yang mereka keluarkan sebagai biaya promosi.

Tak hanya itu, kemudahan yang ditawarkan digital marketing juga mencakup jangkauan geografis. Melalui strategi digital, anda dapat menyebarluaskan konten atau produk anda ke seluruh dunia hanya lewat beberapa kali klik.

Situs web memiliki segudang manfaat dan  menjadi tolok ukur kredibilitas perusahaan anda. Jika sebuah perusahaan memiliki situs sendiri, maka tingkat kepercayaan konsumen cenderung lebih besar dari pada perusahaan yang belum memiliki website.

Namun, bukan berarti konsumen akan datang sendiri setelah anda memiliki website. Anda tetap harus memelihara situs web untuk meningkatkan penjualan. Berikut beberapa tips yang kami rangkum agar website anda bisa meningkatkan penjualan :

Membuat Website Yang Baik

Tingkatkan Penjualan Melalui Website Yang Profesional

 

Apakah anda yakin website yang anda miliki sudah baik? Jika pengunjung anda tidak banyak, maka anda harus memperhatikan kriteria sebagai berikut :

Tampilan Website

Tak bisa dipungkiri, kesan pertama seseorang untuk tertarik pada anda adalah dari penampilan. Hal ini juga berlaku pada perusahaan anda. Jangan pernah menyepelekan website design, karena sangat berpengaruh pada ketertarikan calon konsumen anda.

Ciptakanlah kesan profesional lewat tampilan website yang menarik. Tidak melulu soal foto, video, dan konten lainnya, web yang profesional membuat pengunjung (visitor) nya betah mengeksplorasi setiap halaman website, apalagi didukung oleh kemudahan navigasi dan informasi yang menarik.

Terintegrasi Dengan Social Media

Jangan lupa untuk menyertakan informasi kontak seperti nomer telepon, Whatsapp, Email, dan social media. Hal ini bertujuan untuk memudahkan calon konsumen saat ingin menghubungi atau menanyakan produk yang anda tampilkan dalam website.

Selain itu, akun social media yang anda tampilkan harus sesuai dengan kepentingan bisnis atau akun resmi. Jangan memuat konten yang bersifat personal pada akun Instagram, Facebook, atau Twitter resmi anda.

Optimalkan Website Anda

Mengoptimasi situs web dapat dilakukan melalui banyak cara, satu di antaranya lewat teknik SEO (Search Engine Optimization). Mengotimalkan kinerja website lewat SEO memang terbilang rumit dan kompleks. Diperlukan teknik khusus untuk mempraktekkannya, misalnya melalui artikel tentang usaha anda, atau mendapatkan backlink dari situs lain yang mengarahkan ke website anda. Jika anda ingin menggunakan teknik ini pastikan website anda memenuhi kriteria berikut :

  1. Ter-index di Google

Coba anda ketik kata kunci di kolom pencarian Google Search tentang website anda. Misalnya “Digital Marketing Bali”, setelah itu secara otomatis Google akan mengarahkan pencarian anda kepada situs yang paling relevan. Dalam halaman yang ditampilkan Google, akan ada sederet situs yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

Namun, jika situs anda tidak masuk dalam daftar pencarian, berarti anda tidak terpantau calon konsumen. Tidak perlu sedih, karena anda bisa mengintegrasikannya dengan Google Search Console.

  1. Memiliki Konten Berkualitas

Website sudah dibuat, tampilan sudah menarik, namun tanpa konten yang berkualitas, usaha yang anda lakukan akan sia-sia. Perlu diingat, Google adalah perusahaan penyedia jasa informasi. Mereka membantu menemukan informasi yang diinginkan oleh penggunanya.

Jika situs anda memuat konten yang berkualitas dan menjawab kebutuhan pengguna Google, maka mesin pencari pun akan merekomendasikannya kepada penggunanya. Parameter yang dijadikan acuan oleh Google yaitu durasi kunjungan di website anda. Jika setelah masuk website anda pengunjung langsung kabur (bounce), maka Google akan menilai situs anda tidak berkualitas.

  1. Mobile Friendly

Tak bisa dipungkiri kehadiran perangkat ponsel pintar (smart phone) telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Tak hanya sebagai pelengkap gaya hidup, bermacam gawai canggih sudah menjadi kebutuhan di era sekarang.

Pencarian online pun bisa diakses lewat perangkat mobile. Hal ini membuat Google menyesuaikan mesin pencariannya. Google mempertimbangkan website yang memiliki aksesibilitas dengan perangkat ponsel. Maka dari itu website anda harus mudah diakses melalui ponsel.

Untuk mengetahui performa web yang bisa diakses melalui perangkat mobile, anda cukup menggunakan tools milik Google ini, g.co/mobilefriendly.

Gunakan Digital Marketing Agency

Jika anda membutuhkan bantuan dalam mengembangkan strategi digital marketing, tidak ada salahnya untuk menggunakan pihak ketiga. Digital marketing agency misalnya. Para praktisi pemasaran digital tentunya sudah memahami seluk beluk strategi digital marketing. Namun, anda harus selektif dalam memilih digital marketing agency.

Pilihlah agency yang berpengalaman dan menyediakan jasa optimasi SEO untuk website anda. Jasa digital marketing yang handal akan membantu melakukan riset pasar dan mencarikan konsumen potensial yang sesuai dengan produk yang anda pasarkan.

Bagaimana cara memilih digital marketing agency yang sesuai dengan kebutuhan anda, kami telah mengulasnya pada artikel ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *