Best Social Media Management Tools by Sun Media Digital Marketing Agency in Bali - Best Bali SEO Services - Best Bali SMM Services
Marketing, Social Media

Ingin Handal Social Media Management? Ketahui Tools Ini

Mengatur suatu akun sosial media perlu strategi tepat. Menghabiskan waktu untuk merancang post terbaik di media sosial akan sia-sia jika kita tidak melihat seberapa besar impact yang diberikan pada sasaran target audiens kita. Social Media Management merupakan salah satu metode digital marketing yang kompleks karena melibatkan aktivitas kreatif sekaligus bertugas untuk memantau pertumbuhan pengikut beserta perkembangan engagementnya suatu akun media sosial. Analisa ini tertuang dalam report untuk selanjutnya ditelaah lebih lanjut. Nantinya report ini akan menjadi panduan untuk dapat menyusun strategi persona buyer yang lebih ciamik.

RELATED: 5 Usaha Rumahan yang Bisa Jadi Peluang Bisnis 2021

Jadi, apa yang diperlukan untuk menjadi seorang ahli social media management?  

Media sosial bagi sektor bisnis merupakan suatu aset untuk menyampaikan suara dari suatu brand. Untuk itu, diperlukan suatu kekonsistenan dalam hal pembuatan konten.Tentunya harus selaras dan tidak menyimpang dari tema besarnya.

Seperti yang kita telah ketahui, membuat konten pada akun media sosial bisnis terdiri dari beberapa langkah. Mulai dari brain storming, pembuatan draft content calendar yang berisi gambaran tentang desain post selama 1-4minggu kedepan(bisa berupa single post, carousel, atau video) termasuk captionnya , proses approval dari client sebelum akhirnya timbul revisi dan penambahan materi, jikalau memang ada promosi yang ingin dimasukkan pada konten.Sampai akhirnya proses production, seorang social media manager dituntut untuk lihai menggunakan berbagai tools hingga akhirnya board yang telah dirancang di social calendarnya terpublish di akun media sosial bisnis yang Ia pertanggungjawabkan.

Ketahui tools SMM ini untuk mudahkan pekerjaan Anda dan efisiensi waktu

5 daftar tool yang Sun Media Digital Marketing Agency Bali sajikan di bawah ini dapat menjadi asisten untuk ringankan minor tasks yang cukup menyita waktu Anda seperti auto scheduling maupun untuk produksi konten, optimasi pemasaran, tracking dan reporting. Beberapa diantaranya adalah:

Facebook Pages Manager

Harga: Gratis

Yang dapat dilakukan dengan tool ini:

Notifikasi untuk pesan, komen, dan balasan yang masuk

Personalisasi tampilan halaman akun

Pengaturan melalui aplikasi Android dan iOS.

Post dan scheduling

Performance dan reach

Meski hanya dapat mengatur akun facebook, tool pada Facebook Pages Manager membuat urusan pengaturan akun lebih mudah dengan fitur notifikasi yang akan memberitahu kita jika terdapat engagement berupa komen atau pesan dari postingan Anda secara real-time. Anda dapat tetap cepat terhubung dengan klien bahkan dari aplikasi Android dan iOS milik Anda. Beberapa fitur standard FPM juga termasuk pengaturan postingan dan analitik.

Ripl

RIPL - Best Social Media Management Tools by Sun Media Digital Marketing Agency - Best Bali SEO Services

Harga: Sekitar IDR1,7JT per tahun dengan  7-Day Free Trial

Yang dapat dilakukan dengan tool ini:

  • Manajemen brand untuk konstumisasi logo
  • Pembuatan konten dengan lebih dari 1000 template, 500.000 stok gambar, dll
  • Scheduling ke banyak platform media sosial
  • Optimisasi dan tracking performance

Ripl merupakan tool profesional yang menawarkan segala solusi praktis untuk memudahkan pengaturan manajemen media sosial. Terdapat berbagai kelengkapan stok foto, template, rekomendasi hashtags untuk target audiens, dan animasi yang dapat digunakan untuk produksi konten. Manajemen banyak akun media sosial seperti FB, IG, Twitter, LinkedIn, hingga YouTube juga dapat dilakukan secara menyeluruh melalui Ripl baik melalui Android atau iOS. Ini juga termasuk dengan penyediaan stastitik engagement. Sangat efisiensi waktu bukan?

Semrush Tool untuk Social Media Management

SEMRUSH - Best Social Media Management Tools by Sun Media Digital Marketing Agency in Bali - Best Bali SEO Services - Best Bali SMM Services

Harga: Dapat mendaftar akun gratis namun memiliki keterbatasan tool dan hanya dapat mengatur 1 proyek. Terdapat 3 kategori akun premium dengan Semrush (dibayar per-tahun estimasinya setiap bulan lebih murah dengan free trial 14 hari) mulai dari IDR1,4JT-an per bulan.

Yang dapat dilakukan dengan tool ini terkait SMM:

  • Terintegrasi SEO
  • Fitur Social Media Poster
  • Fitur Social Media Tracker

Semrush terkenal sebagai penyedia layanan SEO software yang tergabung dengan tool canggih lainnya untuk manajemen media sosial FB, IG, Twitter, Pinterest, LinkedIn, dll. Ini menjadikan kekuatan utamanya karena Anda dapat melalukan integrasi SEO dan strategi digital marketing pada manajemen media sosial dalam satu wadah.

Beberapa fitur SMM-nya seperti Social Media Poster memberikan Anda keleluwasaan untuk menjadwalkan dan mempublikasikan postingan ke jenis media sosial yang berbeda dalam waktu bersamaan. Tool Semrush juga dapat diberdayakan untuk optimasi ads FB, IG, FB Messenger, dan Audience Network.

Untuk fitur Social Media Tracker juga memberikan Anda efisiensi waktu dan tenaga untuk mengumpulkan report engagement dari seluruh akun media sosial yang dipegang dalam 1 proyek ke 1 dashboard. Fungsi pengawasan kompetitor pada Semrush dapat menambah insight Anda tentang seberapa sering mereka memposting.

Hootsuite

HOOTSUITE  - Best Social Media Management Tools by Sun Media Digital Marketing Agency in Bali - Best Bali SEO Services - Best Bali SMM Services

Harga: Free untuk 2 profil media sosial, upgrade ke akun premium mulai dari IDR275.000-an. Terdapat beberapa kategori akun premium dengan benefits yang menyesuaikan dengan harganya (Professional, Team, Business, Customized for Enterprise). Akun Professional dan Team mendapat tambahan 30-Day Free Trial

Yang dapat dilakukan dengan tool ini:

  • Integrasi ke IG, FB, Twitter, Youtube, Linkedin, Pinterest
  • Performance Analytic
  • Scheduling
  • Akun gratis dengan tool terbatas dapat diakses melalui playstore Hootsuite

Dengan integrasi ke berbagai platform sosial media, Anda dapat melakukan penjadwalan postingan Anda ke berbagai akun sosial media yang Anda tuju agar bertepatan dengan campaign pemasaran yang sedang dijalankan. Selain itu, produktivitas dan komunikasi Anda dengan team juga tidak akan terlewatkan dengan akses add on Asana, Mailchimp, Zendesk, Trello, dan Slack (eksklusif di akun Business dan Enterprise). Fitur analytic pada Hootsuite dapat Anda gunakan untuk tracking dan melihat performa berdasarkan KPI yang Anda rancang.  Report juga dapat dikostumisasi sehingga Anda dapat fokus pada apa saja yang ingin ditampilkan pada report tersebut.

CinchShare

CINCHSHARE  - Best Bali SEO Services - Best Bali SMM Services

Harga: Mulai dari IDR145.000 tiap bulan (dibayar tahunan estimasi per bulannya sekitar IDR116.000)

Yang dapat dilakukan dengan tool ini:

  • Scheduling tanpa batas
  • Integrasi ke IG, FB, Twitter, LinkedIn
  • Integrasi ke Canva
  • Batch post
  • Upload foto dengan jumlah besar
  • Upload video tanpa batas
  • Dapat diakses di playstore CinchShare

Meski tool ini belum sepenuhnya lengkap dengan fitur analitik dan tracking, namun Anda masih dapat menikmati kemudahan yang ditawarkan untuk SMM utamanya dalam perihal scheduling postingan. CinchShare memiliki cloud drivenya sendiri yang memungkinkan Anda untuk meng-upload file dengan ukuran besar dan jumlah yang banyak. Anda bisa lebih hemat uang untuk membeli storage tambahan untuk menyimpan file-file klien Anda. CinchShare dibangun untuk team sharing, Anda dapat menambahkan rekan-rekan untuk melakukan final check sebelum konten terpublikasi untuk management control yang lebih baik. Kelebihan lainnya adalah terdapatnya free pre-made content yang dapat Anda edit dan gunakan untuk postingan Anda. Masih kurang? Anda dapat membuat design sendiri di Canva yang telah terintegrasi dengan Cinchshare. Akses tidak terbatas juga dapat Anda nikmati untuk template content calendar dan training gratis tiap minggu terkait strategi digital marketing dan social media marketing.

Ikuti Tips Strategi Digital Marketing Sun Media untuk Menambah Wawasan Anda

Semoga beberapa rekomendasi kami untuk tool manajemen media sosial ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk mengikuti kami di akun Instagram @sunmedia.co.id untuk perluas wawasan Anda tentang strategi digital marketing terkini.

Perlu bantuan untuk mempromosikan brand Anda? Kami melayani jasa social media ads, Google ads, social media management, Telkomsel advertising, pembuatan website, layanan SEO, pembuatan video animasi hingga konsultasi bisnis. Hubungi segera melalui +628113862388 atau kirimkan email Anda di [email protected].