Marketing, SEO

Mengoptimalkan SEO Lokal di Tahun 2020

Pada tahun 2020 SEO lokal di prediksi akan menjadi komponen paling penting pada pencarian di mesin pencari, hal ini dapat menyebabkan persaingan yang lebih intens pada bisnis lokal yang tentunya akan berdampak pada lebih sulitnya bisnis lokal untuk dapat mencapai puncak pada laman mesin pencari.

Pencarian lokal pada laman mesin pencari akan terus tumbuh seiring berkembang nya fitur Smartphone yang terhubung dengan kecerdasan buatan (Artificial intelligence), tahun 2019 pencarian lokal melalui Smartphone tumbuh sebesar 46% dan 54% melalui Desktop dan di prediksi pada tahun 2020 pencarian lokal melalui Smartphone pada laman mesin pencari google akan mengalahkan pencarian pada platform Desktop.

Hampir setiap pencarian lokal selalu terkonversi menjadi penjualan, baik itu offline maupun online. Dalam hal ini berarti akan semakin banyak pebisnis lokal yang akan mempromosikan layanan maupun produk nya untuk dapat bersaing di halaman satu pada laman mesin pencari dan hal ini akan membuat SEO lokal lebih sulit dari sebelumnya.

Apabila anda pebisnis yang ingin bersaing pada SEO lokal maka beberapa hal berikut ini sangat perlu anda pertimbangkan:

Pada tahun 2020 lebih dari 50% pencarian akan berbasis suara sehingga penggunaan ketikan akan lebih berkurang dari sebelumnya sehingga berefek pada jumlah pencarian menggunakan long tail keyword.

Ulasan pada Google Map akan memainkan peranan paling penting dalam pencarian lokal, Bisnis yang memiliki ulasan positif lebih banyak akan memiliki Kepercayaan yang lebih baik dan akan memiliki peringkat yang lebih tinggi pada hasil pencarian lokal di laman mesin pencari.

Keterlibatan oleh pengguna juga akan menjadi salah satu kunci keberhasilan SEO lokal, Google akan memberikan ranking yang lebih tinggi kepada Bisnis yang menerima keterlibatan penggunanya secara maksimal.

Beberapa perubahan lama maupun baru yang akan berdampak pada pencarian lokal di tahun 2020.

Faktor dasar pada SEO Lokal seperti RDP tidak akan berubah.

RDP sendiri adalah singkatan dari Relevance (Relevansi), Distance (Jarak) dan Prominence (Keunggulan). Faktor RDP pada dasar nya akan di pertahankan oleh Google dan hal ini akan banyak berpengaruh pada keberadaan Bisnis anda secara keseluruhan di hasil pencarian lokal pada laman mesin pencari.

Relevansi berarti Apakah bisnis anda sudah memiliki kecocokan dan sesuai dengan keinginan si pengguna. Contohnya, apabila anda ingin mencari restoran yang dekat dengan anda maka google hanya akan memasukan daftar restoran yang dekat dengan anda secara geo lokasi, apabila anda ingin mencari Restoran padang, maka Google hanya akan memasukan beberapa daftar restoran padang yang paling terdekat dengan anda.

Distance berarti mengukur seberapa jauh jarak anda dari pada saat pencarian dilakukan. Bisnis maupun tempat atau restoran yang paling terdekat akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Contohnya, apabila anda berada di Denpasar, Bandung atau Jakarta dan mencari “restoran padang di dekat saya” dan Google akan mendeteksi geo lokasi anda maka restoran padang yang paling dekat dengan anda akan memiliki peringkat yang lebih tinggi.

Prominence berarti keunggulan bisnis anda dalam hal ini popularitas baik itu secara offline maupun online. Contohnya, jika anda mencari Restoran Pizza maka perusahaan yang telah memiliki popularitas seperti “Domino’s Pizza” atau “Pizza Hut” akan memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan restoran pizza lokal lainnya.

Faktor utama yang akan membuat perbedaan terbesar pada SEO lokal di tahun 2020:

  1. Bisnis yang memiliki Produk atau Layanan terbaik akan memiliki Peringkat tinggi pada laman mesin pencarian lokal.

Google saat ini terus melakukan update secara berkala pada Algoritma mesin pencari nya, update pada Algoritma google tersebut dapat menentukan peringkat bisnis lokal yang lebih di sukai dan menjadi favorit oleh pengguna nya.

Oleh sebab itu, tidak perduli seberapa besar anggaran iklan anda, Bisnis yang memiliki produk dan layanan terbaik akan keluar sebagai pemenang di mesin pencari lokal. Oleh sebab itu cara-cara curang seperti ulasan, komentar dan like palsu tidak akan membantu peringkat bisnis anda pada hasil pencarian lokal maka segera ubah strategi bisnis anda dengan membuat produk yang “ngangenin” atau memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan lebih mengutamakan pendekatan kepada pelanggan anda.

  1. Penyebutan merek anda menjadi faktor kunci yang paling penting.

Penyebutan merek akan lebih berperan penting pada algoritma pencarian lokal google,

Seberapa populer merek anda? Apakah orang mendiskusikannya di forum, di komunitas atau di tulis pada artikel? Apabila orang-orang menyebutkan merek atau nama situs anda, nama bisnis anda, lokasi geografis bisnis anda namun tidak menautkan situs anda, hal tersebut mungkin dihitung dan membantu  Bisnis anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam pencarian Google.

Cara terbaik untuk mempopulerkan merek anda pada pencarian lokal adalah menghasilkankan konten yang relevan dengan target audiens anda.

  1. Fitur berbagi lokasi akan ikut berperan pada pencarian Lokal.

Google mengendalikan hampir semua sumber daya yang di butuhkan untuk menilai popularitas dan reputasi bisnis anda, semua layanan Google melacak data pengguna yang akan di teruskan ke hasil pencarian lokal. Layanan Google tersebut mulai dari Google Chrome, Android, Google Maps, Gmail, Google Assistant dll akan mencatat data para pengguna sehingga bisnis dengan peringkat terbaik akan mendapatkan posisi teratas di pencarian lokal.

Fitur berbagi lokasi juga ikut berperan dalam pencarian lokal, Google juga menghitung berapa banyak orang yang telah menyematkan lokasi bisnis anda pada kontak mereka atau berapa banyak orang yang meminta lokasi bisnis dengan menggunakan fitur berbagi lokasi.

SEO suara

Pencarian melalui suara meningkat 56% dalam 12 Bulan terakhir

  1. Voice SEO akan berperan lebih dominan pada pencarian Lokal

Hasil survei BrightLocal mengungkapkan bahwa sekitar 56% pengguna melakukan pencari bisnis lokal melalui Smartphone dalam 12 Bulan terakhir. Selain itu, survei yang sama juga mengungkapkan bahwa tiga pencarian lokal teratas melalui suara adalah restoran, toko kelontong, dan pengiriman makanan.

Hasil survei ini menunjukkan bahwa penggunaan suara sudah mulai menguasai pencarian lokal dan bisnis yang terlambat mengoptimalkan lokal SEO nya untuk pencarian suara akan memerlukan usaha yang lebih untuk meraih peringkat tertinggi di hasil pencarian lokal pada laman mesin pencari.

Berikut langkah-langkah yang perlu anda ambil agar dapat mengoptimalkan bisnis anda pada pencarian menggunakan suara:

Daftar bisnis yang akurat

Daftarkan bisnis anda pada laman Google Bisnisku secara akurat, penyebutan nama bisnis, alamat lengkap bisnis, waktu buka dan tutup, harga yang tertera pada produk, menggunakan gambar dan video yang tepat, mengundang pengunjung untuk memberikan ulasan dan mencantumkan semua informasi lengkap yang mungkin di cari pada saat mereka mencari bisnis anda di laman mesin pencari. Google mungkin akan mempertimbangkan beberapa faktor sebelum mengeluarkan hasil pencariannya seperti ulasan, popularitas bisnis, penyebutan nama bisnis, waktu buka dan tutup sebelum memberikan hasil pencarian yang paling relevan.

Mengoptimalkan Long Tail Keywords

Teliti Kata kunci Long tail yang paling mungkin dicari oleh pengguna dalam menemukan bisnis anda di Google, sebagian besar kata kunci akan berbasis pada pertanyaan bisa dimulai dengan “apa”, “bagaimana”, “kapan”, “di mana”, dll. Gunakan tool seperti keywordtool untuk mencari kata kunci long tail yang unik.

Membuat bisnis Anda terdaftar di bawah panel pengetahuan

Google lebih suka memuat bisnis yang memiliki Panel Pengetahuan (Knowledge Panel). Anda mungkin perlu menambahkan data yang tepat pada situs anda untuk memungkinkan Google mengambil semua detail yang berhubungan dengan bisnis anda secara benar.

sun media knowledge panel

Panel pengetahuan Sun Media di Google

Mengoptimalkan pencarian “di dekat saya”

Statistik pencarian “di dekat saya” terus meningkat dari waktu ke waktu, apabila anda mempunyai banyak bisnis, anda mungkin perlu mendaftarkan sebanyak mungkin lokasi yang diperlukan di akun Google Bisnisku. Ini akan membantu Google untuk mengidentifikasi dengan tepat lokasi bisnis yang dilayani oleh perusahaan anda.

Kesimpulan

SEO lokal pasti akan semakin ketat pada tahun 2020, sehingga persaingan akan lebih sulit untuk dapat meraih peringkat yang tinggi pada laman mesin pencari. Faktor utama untuk mendapatkan peringkat yang tinggi pada pencarian lokal adalah produk atau layanan yang paling baik, Jika anda mengoptimasi bisnis anda dengan benar maka Google akan menempatkan bisnis anda di peringkat teratas pada pencarian lokal.

One thought on “Mengoptimalkan SEO Lokal di Tahun 2020

  1. Daniel Randy berkata:

    Nice article, awesome !! ane kebantu banget gan

Tinggalkan Balasan